Tanda Kucing Stres

15 Tanda Kucing Stres

Tanda Kucing Stres – Kucing memiliki sistem tubuh yang sama dengan manusia. Bahkan Katanya Kucing juga paham tentang emosi yang dimiliki manusia dan dapat merasakannya loh! Salah satu emosi yang di rasakan oleh manusia adalah stres. kucing juga bisa mengalami stres, loh! Memang emosi pada kucing tidak ditunjukkan secara langsung, untuk itu kita sebagai majikannya harus mengetahui seluk beluk si kucing.

Biasanya kucing akan memberikan tanda-tanda jika ia sedang mengalami sebuah hal yang tidak baik. Namun kita sebagai manusia juga terkadang tidak paham dengan kode-kode kucing yang di keluarkan. Kucing stres sangat berbahaya bagi kesehatan kucing itu sendiri, jadi kita sebagai manusia harus cepat-cepat menanganinya.

Tanda Kucing Stres

Tanda Kucing Stres
Image Source. islampos.com

Gerak-gerik kucing seringkali menggambarkan kondisi si kucing itu sendiri. Kita sebagai majikan pasti hapal dengan kebiasan dan gerak-gerik si kucing. Umunya kucing yang sehat adalah yang aktif dan ceria. Jika tiba-tiba kucing anda menjadi lesu dan terasa suram, segera selidiki penyebabnya. Untuk membantu, berikut ciri-ciri kucing yang sedang stres.

  1. Suka Menyendiri

    Kucing yang umumnya ceria akan tiba-tiba menyendiri dan tidak suka diganggu jika sedang stres. kucing yang sedang stres akan lebih suka berdiam diri dan bengong di tempat yang sepi. Bahkan mereka akan pergi keruangan tertutup dan sepi untuk berembunyi dari keramaian. Yang paling terlihat adalah si kucing akan mengacuhkan pemiliknya sendiri.

  2. Pendiam

    Jika kucing stres akan berubah menjadi penyendiri, kucing stres juga akan berubah menjadi pendiam dari biasanya. Kucing yang sedang stres akan menolak diajak berbincang dan akan sangat jarang mengeong seperti sebelumnya.

  3. Kencing Sembarangan

    Peliharan seperti kucing biasanya sudah terlatih untuk kencing dan buang air di tempat yang sudah disediakan. Nah, jika kucing sedang stres mereka akan mengacuhkan sekitar dan mulai buang air sembarangan. Tanda ini memang cukup jarang dilakukan kucing namun kucing yang sedang stres akan melakukan kebiasan yang buruk-buruk.

  4. Malas Makan

    Karena kucing yang stres akan menjadi pendiam dan juga penyendiri, mereka akan mulai malas makan dan lebih suka berdiam diri saja. Beberapa har setelah mogok makan, kucing akan makan banyak sekali makananya. Beberapa kucing stres bahkan mengalami gelaja makan yang tidak teratur.

  5. Sering Tidur

    Kucing stres umumnya akan menjadi pendiam dan menyendiri, mereka kan menyendiri dan tertidur sepanjang hari. Untuk makan pun mereka tidak berselera dan hanya akan tidur tidur dan tidur. Pola tidur si kucing tidak akan seperti biasanya.

  6. Manggaruk

    Kucing sangat umum menggaruk tubuhnya yang gatal. Namun jika kucing terlalu sering manggaruk dan sudah menyebabkan lecet di tubuhnya, bisa jadi ia mengalami stres.

  7. Mengeong Terus

    Jika kucing stres akan menjadi pendiam, disisi lain si kucing akan berubah menjadi lebih rewel dari biasanya. Kucing akan mengeong terus bahkan di tengah malam pun akan mengeong dengan suaranya yang sendu. Moengan kucing awalnya terjadi karena ia bosan, namun jika bosan itu berlangsung lama si kucing akan mengalami stres.

  8. Suka Mencakar

    Kucing yang suka mencakar dan rewel biasanya tanda-tanda kucing stres. Kucing akan mencakar sofa atau furniture anda untuk melampiaskan emosinya yang tidak stabil karena stres. bahkan beberpa kucing stres akan tidak sadar mencakar muka mereka sendiri.

  9. Labil

    Tidak hanya manusia yang mempunyai sifat labil, kucing yang sedang stres juga bias any bertingkah labil pada pemiliknya. Mereka akan bermanja-manja pada si pemilik dan beberapa saat kemudian bersifat acuh tak acuh kepada di pemilik sendiri. Kucing akan menaji galak dan lebih waspada dari biasanya.

  10. Terlihat Lebih Waspada

    Kucing yang sedang stres akan berubah menjadi pemurung dan lebih waspada pada sekitarnya. Sifat penyendiri si kucing akan memunculkan sifat defensive karena mereka akan merasa terancam oleh keberadaan asing. Kucing yang stres biasnaya merasa dirinya sendiri dan akan mudah diburu oleh predator.

  11. Grooming Berlebihan

    Untuk kucing, grooming membuat bulu kucing menjadi lebih cantik dan lebat jika tidak dilakukan secara berlebihan. Kucing yang terlalu sering menggrooming dirinya akan menjadikan bulunya rontok dan botak. Stres pada kucing adalah pemicu grooming dan rontoknya bulu-bulu lembut si kucing itu sendiri.

  12. Buang Kotoran Sembarangan

    Kucing yang sedang stres tidak malu untuk buang air besar sembarangan, tidak hanya buar air kencing saja. Tanda ini sedikit rancu karena bisa jadi kucing yang buang kotoran memang belum terlatih dengan baik. Tanda ini bisa menjadi ciri kucing stres jika si kucing buang kotoran ditempat yang tidak biasa bagi kucing. Segera bawa kucing ke dokter hewan atau klinik terdekat agar diperiksakan.

  13. Terlihat Bosan

    Kucing yang bosan akan menjadi malas bergerak dan tidur-tiduran saja. Tanda ini bisa menjadi awal kucing mengalami stres. kucing yang bosan dan terus bosan akan menjadi stres karena kesepian dan tidak punya teman. Sama seperti manusia jika terlalu lama sendiri.

Sakit Karena Stres

Selain gerak-gerik yang ditunjukkan oleh kucing. Ada beberapa penyakit yang akan menyerang kucing yang sedang stres loh! Kita simak beberapa penyakit yang ada.

  1. Muntah

    Biasanya kucing yang stres dan tidak kunjung membaik akan menyebakan penyakit di tubuhnya sendiri. Salah staunya adalah muntah, kucing yang memuntahkan makanannya tanpa sebab yang jelas bisa jadi mereka sedang stres.

  1. Diare

    Sama saja ketika sedang muntah. Kucing yang tiba-tiba diare tanpa sebab yang jelas bisa jadi sedang mengalami stres yang parah karena kucing stres akan mengalami berbagai penyakit pencernaan. Ini sangat beresiko jika hanya dibiarkan saja oleh kita sebagai majikan.

Mengatasi Kucing Stres

tanda-tanda kucing stres
Image Source. catlovers.id

Kucing yang stres hanya butuh hiburan dan diperhatikan oleh kita. Jika anda orang sibuk dan nekat memelihara kucing, pikirkan lagi saja. Mereka akan menjadi kesepian jika kita terlalu sibuk bekerja.

Berikan kucing waktu untuk berjalan-jalan dan bermain. Ajak kucing bermain dengan agar senang. Kucing sangat suka dimanja, dan bisa dengan gampang bosan dengan makanan yang tidak diganti-ganti. jadi anda juga harus memvariasikan makanan kucing.

Begitulah tanda kucing yang sedang stres. Jika kucing tiba-tiba melakukan hal yang tidak biasanya kita sadari, segera cari tahu penyebabnya dan perhatikan kucing dengan lebih intens. Trauma pada kucing juga dapat membuat kcing menjadi stres dan takut berlebih, jadi anda harus tetap bersikap lembut terhadap kucing dan jangan mengasarinya.

Emosi dan kondisi tubuh yang hampir sama dengan manusia membuat kucing menjadi hewan istimewa yang harus di rawat sepenuh hati. Jika bisa, berikan kucing teman bermain dengan mengadopsi kucing lainnya. Kucing yang sedang dalam masa kawin juga bisa stres jik atidak memiliki pasangan loh! Berikan pasangan pada kucing di usia yang tepat sehingga meminimalisir stres pada kucing ya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*