Tanda Kucing Sakit Mata

✔ Tanda Kucing Sakit Mata

Tanda Kucing Sakit Mata – Banyak diantara kita yang memelihara kucing karena keimutannya. Meongan kucing yang lucu dan enak di dengar dan juga wajahnya yang sangat imut mampu menarik perhatian para pecinta binatang. Bagi catlover sendiri kucing merupakan binatang yang harus disayangi.

Kucing yang sehat umumnya sangat aktif berlarian dan mengeong kesana kemari. namun tahukah kamu jika kucing merupakan binatang yang mudah terserang penyakit? Salah satunya adalah penyakit mata. Banyak dan bakteri penyebab Kucing Sakit Mata.

Tanda Kucing Sakit Mata

Tanda Kucing Sakit Mata
Tanda Kucing Sakit Mata Image Source. www.hewanpeliharaan.org

Banyak virus yang dapat menyebabkan sakit mata terhadap kucing. Banyaknya virus juga membuat beragam penyakit mata yang ada. Mesikpun banyak, penyakit tersebut sama-sama membuat kucing kesakitan dan tersiksa. Pasti sedih jika melihat kucing kita tersiksa kan? Untuk itu kita harus mengetahui tanda dari kucing sakit mata.

  1. Mata Berair

    Tanda-tanda kucing sakit mata yang paling terlihat adalah berair. Biasanya penyakit konjungtiva dan iritasi pada kucing dimulai dari matanya yang berair dan merah. Mata berair dapat menyebabkan iritasi yang parah jika hanya dibiarkan saja.

  2. Tidak Mau Terkena Cahaya

    Kucing biasanya lebih senang bermain ditempat yang terang. Namun, jika tiba-tiba kucing tidak mau ketempat terang dan selalu menghindar jika di sorot cahaya maka segera waspadai. Gejala ini lumayan mematikan bagi kucing karena bisa jadi terdapat cacing di dalam mata kucing dan dapat mengakibatkan kerusakan yang parah. Yaitu peradangan.

  3. Terdapat Selaput Putih

    Manusia biasa menyebutnya katarak dan dapat menjangkit mata si kucing juga. Selaput putih tersebut biasanya karena bakteri dan virus yang menempel pada mata si kucing.

  4. Mata Merah

    Jika terjadi sesuatu kepada mata kucing, biasanya yang pertama adalah matanya berbuah warna menjadi merah. Mata merah akan diikuti dengan membengkaknya mata lalu berair. Penyakit ini biasanya terjadi karena konjungtiva pada mata si kucing. Sakit mata ini harus ditangani agar tidak menimbulkan infeksi dan iritasi yang parah.

  5. Terdapat Kotoran Mata

    Kotoran mata memang umum terdapt di mata saat kucing baru bangun. Namun jika sering terdapat kotoran mata dan tidak kunjung hilang maka bisa jadi kucing anda tengah mengalami belekan. Jika tidak ditangani penyakit ini akan menimbulkan iritasi yang serius pada mata si kucing

  6. Kecil Sebelah

    Ini adalah tanda yang paling terlihat untuk mengetahui penyakit mata pada kucing. Mata kucing yang kecil sebelah tandanya terjangkit bakteri chlamydia sehingga salah satu mata kucing menjadi tidak simetris. Bahkan ada kejadian dimana penyakit ini membuat mata kucing menjadi menonjol keluar. Seram ya? Tenang saja, berikan obat antibiotik khusus kucing untuk menangani ini. Anda juga bisa menggunakan obat tetes yang khusus untuk kucing.

  7. Terdapat Benjolan

    Jika tiba-tiba anda menyadari ada benjolan di sekitar mata dan terus membesar dari hari kehari, segera periksakan kucing ke klinik hewan terdekat. Ini adalah ciri-ciri tumor mata yang ganas. Tumor mata pada kucing harus cepat-cepat ditangani sebelum semakin parah dan menyebar di seluruh ada si kucing. Anda juga harus siap mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk kesembuhan si kucing.

  8. Tidak Mau Makan

    Beberapa penyakit mata pada kucing mengganggu sampai ke tenggorokan si kucing dan menyebabkan susah makan. Penyakit seperti herpes di mata kucing akan menjalar sampai ke tenggorokan si kucing jika sudah parah. Anda bisa langsung membawa kucing ke dokter untuk diberi suntikan dan obat.

  9. Setengah menutup

    Umunya mata kucing sangat bulat dan lucu. Namun jika tiba-tiba mata kucing anda berubah sendu dan matanya setengah menutup bisa jadi ini pertanda kucing mengalami painful eye karena cidera kornea yang diebabkan oleh glukoma.

  10. Mata Cekung

    Kucing yang matanya terlihat cekung adalah tanda dari penyakit mata pada kucing. Mata cekung biasanya awal mula dari tumbuhnya tumor di mata kucing. Bahkan mata cekung juga awal dari semua penyakit mata pada kucing dan dapat membuat si kucing dehidrasi karena mata akan lebih kering.

Konjungtiva
Image Source. http://www.kucingfelin.com

Begitulah artikel tentang tanda kucing sakit mata yang dapat kami jabarkan untuk anda. Segera berikan pertolongan pertama jika salah satu tanda diatas ada pada si kucing. Karena jika terlambat ditangani akan membuat penyakit lainnya muncul, kan kasihan si kucing jika penyakitnya semakin parah.

Yang kamu cari :

    kucing selsput mata nutup, tanda-tanda kucing sakit mata

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*