Tanda Kucing Jamuran

✔ Tanda Kucing Jamuran

Tanda Kucing Jamuran – Setelah membaca artikel tentang kucing jamuran, pasti anda penasaran bukan bagaimana mengenali tanda kucing jamuran? Kucing memang merupakan bintang yang banyak di temui di kompleks perumahan atau pun kampung-kampung.

Tidak menutup kemungkinan juga bahwa kucing dapat terkena penyakit jamur yang sangat menyebalkan itu. Memang sih, penyakit jamur kucing sangat wajar dan normal-normal saja. Tanda-tanda kucing jamuran cukup banyak dan spesifik kok.

Ciri Kucing Jamuran

Tanda kucing jamuran
Tanda Kucing Jamuran Image Source. student.unud.ac.id

Jika anda memelihara kucing dirumah anda, mengenali yang menyerang si kucing sangatlah mudah. Tanda fisik yang di tinggalkan penyakit jamur juga terlihat dengan mata telanjang. Namun, ada beberapa gejala yang tidak terlihat jika kita tidak teliti.

  1. Kulit Ruam

    Kucing yang mengalami penyakit jamur biasanya akan muncul bercak-bercak merah karena ruam yang hanya akan terlihat jika kita teliti. Biasanya bercak ini ada di kulit dan tertutup oleh bulu-bulu kucing yang Panjang. Namun, untuk kucig berbulu pendek tanda ini angat terlihat.

  2. Bau Kurang Sedap

    Karena virus jamur yang menyerang tubuh kucing, bau tidak sedap juga akan menguar di tubuh si kucing. Viru ringworm menggerogoti kulit kucing sehingga baunya tidak enak.

  3. Kuku Berubah Warna

    seperti halnya penyakit jamur, jamur pada kucing juga akan membuat si kucing mengalami perubahan warna pada kukunya menjadi ke kuningan atau ke cokelatan. Kuku kucing akan lebih tebal dan gampang patah jika penyakit ini dibiarkan.
    Jangan khawatir, jika sudah sembuh, kuku kucing akan kembali normal sepeerti sediakala.

  4. Menggaruk dengan Berlebihan

    Meskipun menggaruk badan merupakan hal yang wajar, anda juga harus mewaspadainya. Kucing yang sering menggaruk di area yang sama secara berulang-ulangd an terus-menerus bisa jadi tengah mengalami jamuran. Karena jamur sejatinya membuat kulit menjadi sangat gatal. Jika terus digaruk, tubuh kucing akan mengalami luka-luka dan infeksi.

  5. Malas Beraktifitas

    Kucing yang jamuran biasanya menjadi pemalas dan hanya tidur-tiduran saja. Ntah efek terlalu Lelah menggaruk atau memang sakit jamurnya sudah parah.

  6. Tidak Mau Makan

    Penyakit jamur yang sudah parah biasanya akan merembet sampai ke tenggorokan dan menjadi radang. Kucing yang terkena radang di tenggorokannya biasanya akan malas makan karena terasa sakit di tenggorokan.

Itulah tanda-tanda yang mungkin terjadi jika kucing terkena penyakit jamur. Tanda selanjutnya yang memungkinkan untuk mengetahi tanda-tanda nya adalah kebotakan dan rontoknya rambut si kucing.

Masalah Bulu

tanda tanda kucing jamuran
Image Source. https://www.satwapedia.com

Jika kucing terkena jamur di kulitnya, itu akan mempengaruhi bulu-bulunya yang lembut juga. Tidak jarang bahkan menjadi lebih parah.

  1. Bulu Rontok

    Jamuran pada kucing biasanya menyerang kulitnya yang terdapat banyak bulu. Jadi, bulu tersebut akan rontok karena ruam dan luka yang parah karena jamur. Hal ini sangat mengganggu dan sedikit sulit dibersihkan.

  2. Bulu Keriting

    Kucing yang terkena jamur akan berdampak pada bulu-bulunya. Selain rontok, bulu kucing yang berada di area berjamur akan mengkeriting atau menggimbal. Ini akan sangat tidak enak dilihat oleh kita, bukan?

  3. Botak

    Setelah mengalami kerontokan yang cukup parah dan rambut menggimbal, lama-lama bulu kucing akan habis dan area yang terkena jamur akan kehilangan semua bulunya sehingga menjadi pitak atau botak. Padahal bulu kucing sangat berguna dan berfungsi untuk menghangatkan kucing dari udara dingin.

Penyebab Kucing Jamuran

Kucing yang jamuran biasanya karena terjangkit virus ringwor, virus ini hadir karena lingkungan yang tidak sehat dan cenderung kotor. Tempat tinggal atau kandang kucing yang kotor bisa memicu tumbuhnya virus ringworm.

Kucing yang terkena penyakit jamuran biasanya bisa menular ke kucing lainnya. Bisa jadi loh, kucing anda terkena jamur karena tertular oleh kucing lainnya. Jangan lupa untuk memisahkan kucing yang terkena jamur dengan kucing yang sehat ya! Kalau perlu, kandangi kucing yang terkena jamur agar tidak menulari kucing yang lain.

Banyak yang bilang juga bahwa penyakit jamur pada kucing bisa menular ke manusia loh! Hati-hati saat mengurus kucing jamuran, ya. Usahakan untuk menggunakan sarung tangan agar tidak langsung mengenai area jamur yang diderita kucing. Anda bisa merawat kucing berjamur tanpa harus menyentuh area jamur kok!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*