Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Beberapa penyebab yang membuat kucing tidak mau makan

Halo pecinta kucing indonesia pada pembahasan kali ini mengenai kucing tidak mau makan yang akan kita kupas bersama yaitu apa penyebab kucing tidak mau makan? Ada yang tahu? Jika belum yuk baca informasinya dibawah ini.

penyebab kucing tidak mau makan
Penyebab kucing tidak mau makan. Gambar Via : Warren Photographic

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Banyak sekali sahabat pecinta kucing yang tanya, kucing saya tidak mau makan kak! Kira-kira penyababnya apayah? Yuk, mari teman-teman kita simak bersama selengkapnya.

  1. Makanan

    Perhatikan telebih dahulu makanan yang kita berikan. Apakah kamu memang memberi makanan yang itu-itu saja? Jika iya berarti kucing kamu merasa bosan.

    Sama seperti manusia akan merasa bosan jika dihidangkan dengan makanan yang sama setiap harinya. Dan jangan lupa pastikan makanan yang akan dikonsumsi higienis, agar kucing tidak keracunan.

  2. Nafsu Makan

    Kamu bisa perhatikan kucing kamu akan terlihat senang ketika untuk makan. Jika sudah melakukan banyak cara agar kucing mau makan tetapi belum berhasil, kemungkinan kucing kurang vitamin, karena kekurangan vitamin juga merupakan faktor penyebab kucing tidak mau makan.

  3. Penyakit Mulut

    Kenapa penyebab kucing tidak mau makan? Salah satunya disebabkan oleh penyakit mulut pada kucing, kamu bisa mencoba memeriksannya, appakah terdapat luka di mulutnya, atau bau yang kurang sedap yang tidak seperti biasannya.

    Karena mulut kucing yang sakit bisa menjadi penyebab kucing tidak mau makan berhari hari yang mana kesulitan untuk makan seperti biasannya dan juga menjadi penyebab kucing tidak mau makan hanya minum karena sulit untuk mengunnyah.

  4. Masalah Sistem Pencernaan

    Sebelumnnya sempat dibahas bahwa metabolisme pada tubuh kucing itu kurang baik, tidak seperti biatang lainnya.

    Nah, biasannya masalah ini disebabkan seperti terdapat benda asing yang masuk ke dalam tubuh kucing, contohnya ada radang, parasit dan sebagainnya. Karena banyak yang bertannya apa penyebab kucing tidak mau makan dan lemas salah satunya yaitu masalah pada sistem pencernaan kucing.


  5. Bosan

    Bosan adalah salah satu penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya adalah dengan cara mengganti makanan atau memvariasikan makanan kucing agar si kucing mau makan dengan lahap atau bisa berikan makanan kesukaannya.

    Ada juga penyebab kucing tidak mau makan dry food atau penyebab kucing tidak mau makan makanan kering karena memang terlalu sering memberikan makanan jenis makanan kering yang jika terlalu sering diberikan juga bisa membuat kucing penyumbatan pencernaan pada kucing pejantan dan susah kencing atau buang air kecil.

    Akan tetapi ada hal yang harus kalian perhatikan yaitu untuk mengganti makanan kucing lakukan dengan sedikit demi sedikit untuk memancing nafsu makan kucing agar mau makan.

    Jika langsung mengganti makanan secara tiba-tiba dan skala besar maka akan membuat kucing mencret. Karena jika kucing mencret akan menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan minum.

  6. Sakit

    Apa penyebab kucing tidak mau makan dan minum? Sakit? PASTI! Karena kucing jika sakit apapun akan membuat kucing tidak mau makan dan muntah atau lemas. Tapi, jika kucing nafsu makannya masih kuat, jika sedang sakit maka akan cepat sembuh.

  7. Stress

    Stress merupakan salah satu faktor penyebab kucing tidak mau makan dan bulu rontok. Karena hal yang membuat kucing kamu stress pada umummnya yaitu dari lingkungan dan tekanan.

    Jika kucing kamu bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang baru atau yang asing. Pastinnya kucing kamu akan baik-baik saja.

  8. Birahi

    Pada poin ke 8 ini yaitu birahi juga bisa menjadi faktor penyebab kucing tidak mau makan dan murung, karena bisa membuat kucing kamu rentan tertekan dan menurunkan nafsu makan, apalagi jika kucingmu tidak memiliki pasangan kawin, pastinnya akan berontak mencari-cari kucing betina jika di dalam kandang.

    Jika terlalu lama sendiri akan terjadi perontokkan bulu kucing di sekitarnya karena stress dan ingin kawin pada fase birahinnya.


  9. Makanan Lama

    Makanan lama juga menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan solusinya dengan mengganti makanan yang baru atau menambah makanan untuk memancing nafsu makan kucing.

    Karena makanan lama menyebabkan kucing tidak nafsu makan yang bisa dilihat dari tampilannya yang sudah tidak segar, aroma yang tidak harum bahkan rasa yang sudah hambar dan tercampur oleh faktor lingkungan sekitar seperti udara, debu.dll

  10. Makanan Terkena Kotoran

    Sebelumnya sudah dibahas bahwa makanan yang di beri untuk kucing harus higienis atau bersih dari kotoran, jika tidak akan menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan mencret. Bahkan bisa menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan kurus karena kucing diare yang disebabkan makanan terkena kotoran.

    Apabila penyebab kucing tidak mau makan nasi pada khususnya kucing kampung atau kucing liar tidak akan berefek karena kehidupannya yang di alam bebas dan sudah biasa mencari makanan di tempat yang kotor seperti di tempat sampah.dll bahkan kucing makan tikus.

  11. Tempat Makan Tidak Bersih

    Sebelumnya sudah sedikit menyinggung pada poin ke 11 yaitu makanan yang terkena kotoran dan pada poin ke 11 yaitu pada tempat makan kucing yang tidak bersih dapat menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan muntah muntah.

    Oleh karena itu penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar kucing. Apalagi kucing yang sedang hamil dan tidak menjaga kebesihan lingkungan kucing menjadi penyebab kucing tidak mau makan setelah melahirkan dan bayi kucing bisa lahir prematur.

  12. Suhu Lingkungan

    Perubahan suhu secara drastis dapat mempengaruhi pola makan kucing, contohnya jika suhu lingkungan terlalu dingin menjadi penyebab kucing tidak mau makan sama sekali dan menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan tidur terus karena kucing akan terus tidur dan jarang makan loh! Beberapa memang ada kucing yang menyukai suhu dingin dan nafsu makan kucing meningkat dan tidur terus menerus.

    Tetapi biasannya memang kucing biasa dengan suhu yang normal, tidak dingin dan juga tidak panas. Jika suhu lingkungan panas maka kucing hanya akan minum terus menerus dan mencari lingkungan yang tidak terlalu panas bahkan dapat mengumpat di bawah kolong ruangan untuk mencari suhu lingkungan yang dingin.

Itulah pembahasan lengkap mengenai penyebab kucing tidak mau makan yang harus kamu perhatikan sebagai pecinta kucing sekaligus pemilik kucing kesayangan kamu dan pastinnya tidak mau si meong terkena salah satu penyebab tersebut agar kucing selalu sehat dan setia menemani hari-harimu.

Yang kamu cari :

    Apakah mencret menyebabkan kucing tidak mau makan?, cara mengatasi kucing lemasdan rontok bulu, kucing tidak mau makan, kucing tidak nafsu makan 2018, obat utk kucing yg tidak mau makan setelah melahirkan, penyebab kucing tidak bisa besar, penyebab kucing tidak mau makan hilang selera makan, sakit apa kucing saya sudah seminggu tak makan minum juga sedikit

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*