Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Tidur Terus

11 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Tidur Terus

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Tidur Terus – Meskipun kucing hewan yang paling mirip dengan manusia, nyatanya hewan satu ini lebih rentan terkena penyakit. Apa lagi jka kucing tidak makan satu hari saja, ia akan langsung jatih sakit. Terlebih jika tiba-tiba kucing tidak mau makan, kita kan semakin khawatir kucing akan terkena penyakit. Padahal banyak sebab kucing tidak mau makan.

Cukup rumit untuk mengetahui penyebab kucing tidak mau makan dan memilih untuk tidur terus. Biasnaya kucing akan terlihat lemas dan lesu bahkan meongannya pun akan terdengan lirih dan sendu. Jika sudah begtu kita harus tanggap untuk merawat si kucing, bisa jadi ada yang tidak beres dengan kucing yang tidak mau makan ini.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Tidur Terus 

Penyebab Kucing Tidak Mau makan dan Tidur Terus
Image Source. radiokucing.com

Banyak faktor yang membuat kucing tidak mau makan, faktor-faktor tersebut biasanya karena kondisi tubuh si kucing yang melemah. Tidak jarang kucing sakit. Jika kucing terus-terusan tidak mau makan, segera bawa ke dokter hewan karena kucing akan mengalami pembakaran lemak yang tidak wajar sehingga jaringan hati kucing akan rusak dan menyebabkan penyakit besar.

Kalau begitu, cari tahu penyebab kucing tidak mau makan dan atasi penyebabnya. Berikut penyebab kucing tidak mau makan yang telah kami kumpulkan.

  1. Sakit

    Ini adalah alasan yang paling banyak terjadi ketika kucing tidak mau makan. Kucing yang sakit akan sulit makan dan lalu muntah. Tubuhnya juga akan lemas sehingga makanan tidak akan masuk kedalam tubuhnya.

  1. Bosan

    Kucing juga bisa merasakan bosan loh. Entah bosan karena tidak ada yang mau bermain dengannya atau bosan dengan makanan yang anda sajikan kepada si kucing. Jika kucing merasa bosan ia akan lebih banyak tidur bahkan tidak mau menyentuh makanannya.

  1. Ingin Kawin

    Birahi merupakan pilihan yang kadang terjadi pada kucing. Kucing yang birahi tidak ingin melakukan apapun kecuali kawin, mekipun makan. Apa lagi jika kucing tidak mempunyai pasangan, ia akan rewel mengeng terus dan tidak mau makan.

  1. Penyakit Mulut

    Coba lah untuk memeriksa mulut si kucing. Bisa jadi terdapat luka dimulutnya. Mulut kucing yang terluka atau sakit dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan juga.

  1. Bau Mulut

    Selain karena mulutnya yang terluka, penyakit bau mulu pada kucing juga dapat menyebabkan kucing tidak mau makan. Beri kucing minum yang banyak lalu periksakan kedokter jika penyebab nya adalah bau mulut.

  1. Bosan Dengan Makanan

    Sama seperti manusia, kucing akan merasa bosan jika makanannya itu-itu saja. Berikan makanan yang bervariasi untuk kucing. Agar kucing tidak bosan, jangan berikan makaan yang sama selama beberapa hari terus menerus.

  1. Nafsu Makan

    Kucing yang kekurangan vitamin akan kehilangan nafsu makannya. Perhatikan dan amati si kucing yang sedang makan. Jika kucing tidak merasa senang untuk makan, segera beri ia vitamin yang cukup.

  1. Pencernaan keganggu

    Karena metabolisme kucing tidak terlalu bagus, banyak penyakit penceranan yang dapat timbul karena masalah sepele. Penyakit pencernaan juga salah satu penyebab kucing tidak mau makan. Segera beri penangan yang tepat sesuai penyakit yang diderita si kucing ya!

  1. Perubahan Suhu

    Siapa sangka perubahan suhu yang dratis dapat menyebabkan nafsu makan kucing menurun. Saat suhu menjadi rendah kucing akan semakin malas untuk makan dan memilih untuk lebih lama tidur dari biasanya. Saat suhu menjadi sangat tinggi atau panas, kucing hanya akan minum dan jarang menyentuh makanannya.

  2. Makanan Tidak Higienis

    Biasanya ini terjadi kepada kucing ras. Kucing ras yang merasa makannya telah bercampur dengan kotoran akan cenderung malas memakan makannya. Untuk kucing kampun pati sudah biasa mencari makanan di tong sampah. Namun untuk kucing ras, hal itu tidak dapat ia makan.

  3. Makanan sudah Lama

    Makanan yang sudah lama dan berbau tidak sedap cenderung membuat kucing tidak nafsu makan. Makanan lama akan terasa hambar dan tidak segar untuk penciuman kucing yang tajam. Sehingga mereka akan menolak makan dan memilih untuk mengabaikan makannnya.

Segitu saja ulasangan tentang penyebab kucing tidak mau makan. Yang terpenting selalu buat kucing merasa senang dengan makannya dengan variasi makanan. Kucing yang makan banyak akan memiliki tubuh yang kuat dan terhindar dari penyakit. Buat kucing tetap senang saat anda memberinya makan.

Yang kamu cari :

    kucing ga mau makan lemas, Kucing tiba tiba tidak

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*