Penyebab Kucing Sakit Mata

Penyebab Kucing Sakit Mata ๐Ÿ’Š๐Ÿ’‰

Penyebab Kucing Sakit Mata โ€“ Kucing yang menderita sakit mata biasanya ditandai dengan gejala yang terlihat oleh kita. Artikel kucing sakit mata telah membahas tentang ciri-ciri dan cara mengobati kucing sakit mata. Untuk itu mari kita ulas penyebab kucing sakit mata yang umunya terjadi pada kucing.

Penyebab Kucing Sakit Mata

Penyebab Kucing sakit Mata
Penyebab Kucing Sakit Mata Image Source : fredikurniawan.com

Penyakit mata tidak hanya dialami oleh manusia, mata kucing yang berair, belekan dan berubah warna menjadi merah dan bengkak adalah penyakit mata yang dialami oleh kucing. Bahkan ada beberapa penyakit mata yang sangat serius jika terus dibiarkan. Salah satunya adalah tumor pada mata, bahkan penyakit mata itu akan berujung kematian pada si kucing.

Ada beberapa penyebab kucing sakit mata. Seperti terkena debu hingga terjangkit virus. Berikut beberapa penyebab kucing sakit mata:

  1. Tergores Hingga Terluka

    Jika kucing anda aktif, mungkin ia akan berlari riang gembira ke segala penjuru rumah dan tidak sengaja melukai matanya sendiri. Luka tersebut akan menjadi mimpi buruk bagi kucing jika tidak ditangani.

    Bakteri akan masuk kedalam luka dan menyebabkan infeksi, membuatnya menjadi lebih parah dari luka gores biasa.

  1. Kemasukan Debu

    Ini adalah gejala yang sering terjadi pada kucing. Debu yang masuk ke mata kucing akan menjadi mengeras dan hitam. Kemudian menimbulkan bakteri dan menyebabkan kucing menjadi belekan dan berair.

  1. Bakteri Chlamydia

    Bakteri ini adalah penyebab utama mata kucing menjadi asimetris. Mata kucing akan terlihat kecil sebelah dan jika tidak segera ditangani seluruh mata kucing akan terlihat menonjol keluar, bahkan kedua mata kucing akan menonjol keluar.

  1. Glukoma

    Kucing yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung glukosa akan menyebabkan mata cekung. Mata cekung karena terdapat glukoma di dalamnya dan jika dibiarkan akan menyebabkan tumor yang ganas.

  1. Alergi

    Seperti halnya manusia, kucing juga alergi terhadap beberapa hal. Biasnaya kucing akan alergi terhadap beberapa jenis rumput dan serbuk sari. Alergi ini akan menyebabkan radang yang dipicu oleh virus dan jamur. Konjungtiva akan ditandai dengan bengkak dan berairnya mata kucing.

  1. Cacing Thelaziais

    Ternyata tidak hanya usus yang dapat terjangkit penyakit cacing. Beberapa hewan seperti anjing kambing sapi dan tak terkecuali kucing juga bisa terkena cacingan pada mata. Larva cacing yang dating karena lalat akan tinggal di mata kucing dan mengakibatkan penyakit yang fatal jika dibiarkan.

  1. Cidera Mata

    Jika mata kucing terus menerus berair bisa jadi karena diakibatkan oleh cidera mata arena uveitis. Uveitis terjadi karena mata kucing cidera dan terluka. Cidera ini akan terinfeksi bakteri dan virus sehingga terjadilah infeksi pada mata kucing.

  1. Nasolacrimal Occlusion

    Akibat dari penyakit tersebut adalah mata kucing menjadi kering karena tersumbatnya saluran sekresi air mata kucing. Berikan saja obat tetes mata untuk meredakan penyakit mata ini.

  1. Bakteri Feline Hepersvirus

    Biasanya bakteri ini menyerang kucing yang masih kecil atau anakan. Tanda-tandanya adalah si kucing akan kesulitan bernafas seperti sedang pilek. Nafsu makannya juga kan menurun seiring parahnya penyakit ini.

  2. Sering Memakan Tikus

    Jika indukan kucing sering memakan tikus yang berkuman, besar kemungkinan sang anak akan terjangkit tumor mata. Karena air susu si indukan akan di berikan kepada si anak. Jika tumor sudah terjangkit siap-siap lah untuk membawa si kucing berobat agar tidak semakin membesar.

Banyak penyebab kucing sakit mata. Bahkan kucing juga dapat terjangkit suatu penyakit yang menyebabkan mata kucing tersebut diselaputi selaput putih seperti katarak pada manusia. Kucing yang sakit mata sangat merasa tersiksa. Segeralah obati si kucing agar tidak semakin parah.

Yang kamu cari :

    mata kucing bengkak menonjol

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*