Penyakit Mata Pada Kucing

Penyakit Mata Pada Kucing – Tidak hanya manusia, kucing juga dapat terkena sakit mata. Nyatanya, sakit mata bisa terjadi hampir disemua makhluk hidup yang memiliki mata. Kucing juga memiliki beberapa penyakit mata yang hampir sama seperti manusia pada umunya, bahkan cara pengobatannya pun nyaris sama. Dan semua penyakit itu memang harus cepat-cepat di obati bukan?

Kucing dapat terkena penyakit mata karena banyak faktor, bisa jadi karena lingkungan yang kotor atau matanya yang iritasi karena terluka. Bahkan makanan yang kucing konsumsi juga bisa menyebabkan sakit mata pada kucing. Tidak hanya kucing dewasa, kucing anakan pun bisa terkena penyakit mata. Bahkan kucing ras yang harganya mahal pun dapat terjangkit penyakit mata jika perawatannya tidak tepat. Dengan banyaknya penyakit mata yang menjangkit kucing, banyak juga cara pengobatannya dari yang alternatif hingga dengan resep dokter.

Penyakit Mata Pada Kucing

Penyakit Mata Pada Kucing
Image Source: steemitimages.com

Ada banyak sekali jenis penyakit mata yang dapat diderita si kucing. Dari yang ringan hingga yang harus memerlukan operasi mahal. Meskipun kucing hewan yang mungil dan kecil, tidak menutup kemungkinan bahwa biaya operainya ikut mahal. Yang pasti semakin cepat mengetahui ciri-ciri penyakit mata tersebut dan semakin cepat dibereskan, maka biaya yang dikeluarkan juga tidak akan sebanyak jika penyakit tersebut sudah parah. Ini ada beberapa jenis dan 

Baca Juga :   Cara Membuat Kucing Gemuk dan Besar

  1. Painful Eyes

    Jenis penyakit mata ini adalah yang sering di derita si kucing dan Kucing yang menderita painful eyes akan mengalami excessive tearing atau mata kucing akan berair secara berlebihan. Jika memburuk, mata yang terkena Painful eyes lama-lama akan menutup dan si kucing menjadi anti terhadap cahaya karena dinilai sangat sakit jika terkena cahaya.

    Si kucing biasanya akan menggaruk matanya sendiri atau fatalnya mata akan di cakar dan menimbulkan infeksi yang lebih parah. Penyakit Painful eyes dikarenakan ada cedera di kornea mata si kucing.

  2. Konjungtivitis

    Konjungtivitis adalah jenis penyakit mata pada kucing yang dapat menyebabkan radang dan iritasi. Banyak yang menyebut ini sebagai penyakit mata merah kucing, dan biasanya dikrenakan oleh rumput, serbuk sari, bakteria, jamur hingga virus. Konjungtivitis juga dapat menjangkit penyakit mata pada anak kucing.

    Tanda yang sering dderita kucing dengan Konjungtivitis adalah mata bengkak, berair dan kemerah-merahan. Rasanya oun gatal sehingga kucing akan berkemungkinan besar untuk mencakar dan menggaruk matanya sendiri.

  3. Feline Herpervirus

    Penyakit yang dikenal juga dengan FHV-1 ini penyebab sakit mata pada kucing yang paling sering serta penyakit mata kucing pada anak. FHV-1 ini sangat suka menginfeksi kucing muda dan akan “kumat” ketika si kucing sedang

    Ciri-cirinya adalah mata kucing akan menjadi jernih dan menawan, lalu si anak kucing akan mengalami gangguan pernafasan dan ulkus oral.

  4. Cacing Mata Kucing

    Ini penyakit yang sering ditemukan pada kucing kampung. Namun tak hanya kucing kampung yang bisa terkena penyakit mata kucing. Penyakit mata kucing yang satu ini juga dapat menginfeksi kucing ras. Cacing mata terjadi karena cacing Thelazia Californiensis yang menyerang mata, tidak hanya kucing namun anjing, domba dan sapi bisa terjangkit penyakit ini.

    Penyakit cacing mata bisa di lihat dari mata hewan yang berair berlebihan, dan di matanya telihat cacing berwarna putih. Mata si hewan juga akan menjadi senstif terhadap cahaya, jika dibiarkan akan menjadi konjungtivis.

  5. Nasolacrimal Occlusion

    Adanya penyumbatan pada sistem pengeringan air pada mata si kucing menyebabkan Nasolacrimal Occlusion muncul. Kebalikan dengan penyakit mata hewan pada umunya yang over berair, Nasolacrimal Occlusion menyebabkan mata si kucing menjadi kering. Nah saat tersumbat, carian pelumas mata akan keluar secara tidak wajar sehingga menyebabkan cacat anatomi.

  6. Mata Cekung

    Meski terdengar aneh, penyakit mata cekung pada kucing banyak di jumpai. Ciri-cirinya adalah mata kucing akan terlihat timbul karena di dalamnya terdapat kelebihan glukoma dan lama-lama akan membuat penyumbatan di belakang mata.

  7. Tumor Mata

    Untuk sebagian orang, mendengar kata Tumor sudah sangat mengerikan. Tumor memang penyakit yang berbahaya karena akan menyerang organ yang berbahaya seperti mata. Tumor akan membuat si kucing amat snagat kesakitan.

    Cirinya adalah dengan benjolan di sektiar mata kuing yang kemudian akan membesar seiring berjalannya wkatu. Anda harus cepat cepat melakukan operasi untuk si kucing tersebut.

  8. Mata Kecil sebelah

    Mungkin sudah banyak yang pernah melihat mata kucing yang kecil sebelah. Penyakit mata pada kucing ini dapat dilihat dengan jelas karena mata kucing akan terlihat tidak simetris dikarenakan bakteri Chlamyduia yang akan membuat mata kucing keluar dari tempatknya jika dibiarkan dan parah.

Cara Mengobati Sakit Mata Pada Kucing

Sakit Mata Kucing
Image Source. www.catster.com

Sudah tau kan tentang jenis-jenis penyakit mata pada kucing serta ciri-cirinya. Kali ini kita akan membahas tentang cara mengobati sakit mata pada kucing secara alami ataupun dengan anjuran dokter. 

Baca Juga :   Cara Memandikan Kucing yang Benar

  1. Air Garam

    Cara mengobati sakit mata pada kucing secara alami yang pertama adalah dengan membasuh mata kucing yang sakit dengan air garam. Air garam memang terkenal dapat membunuh kuman, virus dan bakteri serta dapat membantu mengeluarkan kotoran mata yang ada pada kucing.

  2. The Hijau

    Untuk manusia, the hijau dikenal sebagai minuman yang baik untuk membantu menurunkan berat badan. Nah untuk kesehatan, the hijau juga dapat menjadi bahan alternatif untuk mengobati sakit mata pada kucing. Hanya dengan membuat the hijau tanpa gula dan membasuh mata kucing dengan the hijau bia membantu meredakan sakit mata kucing.

  3. Cuka Apel

    Banyak yang sudah mengetahui manfaat melimpah yang dimiliki oleh cuka apel. Di sebuah klinik di Amerika menjadikan cuka apel sebagai obat sakit mata kucing yang ternyaat malah ampuh dan berhasil. Hanya dengan menyelupkan kapas di larutan cuka apel dan metesi mata kucing dengan bantuan kapas tersebut secara rutin.

  4. Jus Lemon

    Untuk mengobati infeksi pada mata, jus lemon sanat dirokemendasikan. Meski kurang berefek untuk penyakit mata lainnya, namun jus lemon bisa membantu meringankan penyakit mata pada kucing. Campurkan 2sdm air dengan 5 tetes lemon lalu tetesi cairan tersebut sebanyak 5 tetes dan harus rutin agar hasilnya maksimal!

  5. Salep Tetrasiklin

    Jika anda berkonsultasi dengan dokter hewan atau apotek tentang mata kucing anda maka salep tetrasiklin pasti menjadi rekomendasi. Obat salep yang sudah dipercaya oleh banyak dokter hewan dan dikalangan pecinta hewan ini mampu mengatasi penyakit mata hewan dengan cepat.

  6. Antibiotik

    Antibiotik yang di khususkan untuk hewan mempunyai khaisat yang sama dengan antiiotik manusia untuk mengatasi berbagai penyakit. Untuk masalah sakit mata pada hewan biasanya akan diberikan antibiotic dalam bentuk obat tetes mata agar memudahkan kita untuk mengaplikasikannya. Sementara antibiotic minum bisa di campurkan ke makanan si kucing.

  7. Lisin

    Untuk penyakit Feline Herpevirus yang di derita kucing, bisa menggunakan obat lisin karena merupakan asam amino esensial sehingga dapat menghambat tumbuhnya virus. Setelah di berikan lisin, feline Herpevirus tidak akan menyebar lagi. Anda juga bisa memberkan asam amino alami sehingga terhindar dari bahan pengawet.

  8. Milk Thistle

    Meskipun dikenal sebagai obat mujarab untuk menyembuhkan kerontokan bulu, Milk Thistle juga dapat membantu menghilagkan penyebab sakit mata pada kucing. Berikan sau kapsul milk thitle untuk di konsumsi kucing secara rutin sesuai anjuran dokter ya.

  9. Elizabethan Collar

    Untuk menjauhkan kucing mencakar matanya yang gatal, and abis amemberikan Elizabethan collar. Collar yang berbentuk kerucut ini dapat membantu menjauhkan kucing untuk mencakar mukanya sendiri agar luka pada mata tidak infeksi atau menyebar.

  10. Operasi

    Khusus untuk penyakit tumor mata yang di derita kucing, operasi adalah jalan satu-satunya. Karena tumor tidak akan bisa hilang jika tidak diangkat. Operasi juga membutuhkan biaya yang mahal karena merupakan penyakit yang sudah parah.

Baca Juga :   Kucing Tidak Mau Makan dan Mencret

Begitulah penyebab sakit mata pada kucing dan cara mengobati kucing sakit mat ayang dapat kami rangkum dan berikan. Banyak sekali cara alternatif dan cara dokter untuk menyembuhkan mata kucing. Namun, lebih baik mencegah penyakit mata kucing dari pada sudah terlanjur terjangkit penyakit karena pengobatannya akan menyita waktu dan perhatian anda.

Penyakit mata pada kucing ada beberapa yang dapat menulr ke manusia, untuk itu selalu jaga kebersihan dan langsung mencuci tangan setelah anda mengobati si kucing kesanyan oke?

Yang kamu cari :

    kornea mata kucing berwarna putih, jenis penyakit ata pada kucing, penyakit shibes mata pada kucing, sakit mata kucing cuka apel

Tinggalkan komentar