Minuman Berbahaya Bagi Kucing

Minuman Berbahaya Bagi Kucing

Minuman Berbahaya Bagi Kucing – Seperti yang telah diulas pada artikel makanan dan minuman yang berbahaya bagi kucing, tidak sembarang minuman bisa di minum oleh kucing. Meskipun tujuan anda untuk menghemat pengeluaran, sebaiknya jangan memberi sembarangan minuman karena akan berbahaya bagi kesehatan kucing itu sendiri.

Kucing memiliki sistem pencernaan yang hampir sama dengan manusia namun sangat sensitif dan sering intoleran terhadap zat-zat tertentu. Bahkan untuk memberi minum pada kucing anakan dan kucing dewasa sedikit berbeda loh. Untuk itu kita harus mengetahui apa saja minuman berbahaya bagi kucing agar tidak melukai pencernaan si kucing.

Minuman Berbahaya Bagi Kucing

Minuman berbahaya bagi kucing
Image Source. iamrendy.wordpress.com

Beberapa kucing memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka akan memakan apapun yang kita makan, bahkan ikut mengeong manja agar kita memberikan minuman kita agar dapat mencicipinya. Namun itu cara yang salah! Hindari beberapa minuman dibawah ini untuk diberikan kepada kucing:

  1. Kopi

    Tahu kah anda bahwa perut kucing sangat intoleran terhadap kafein? Tidak seerti manusia yang dapat menggunakan kopi sebagai minuman untuk membangkitkan energi. Theobromine dan teofilin yang terkandung dalam kafein ternyata menjadi beracun jika di konsumsi oleh kucing loh! Zat itu dapat mengakibatkan kucing mengalami gagal jantung. Jauhkan kucing dari kopi ya kawan!

  1. Alkohol

    Kalau yang satu ini jangan ditanya. Alkohol sudah terkenal sebagai minuman yang dapat merusak saraf-saraf otak manusia. Sama halnya jika dikonsumsi oleh kucing. Jangan coba-coba berikan kucing alkohol ya, karena alkohol akan menyebabkan kematian bagi kucing.

  1. Susu

    Bagi kucing dewasa, susu merupakan minuman yang sedikit mematikan. Loh kenapa? Semakin dewasa si kucing, semakin sedikit juga enzim lactase yang berfungsi untu mencerna laktosa dalam susu. Anda boleh memberikan susu untuk anakan kucing, tapi jangan berikan sembarangan susu pada kucing dewasa. Jika ingin memberinya susu pastikan bahwa susu itu tidak mengandung laktosa yang tinggi. Jika tidak sengaja meminumnya, kucing akan mengalami sakit perut dan diare.

  1. Obat Manusia

    Ininih yang sering beberapa orang salah gunakan. Terkadang beberapa orang memberikan obat manusia pada kucing jika kucing itu sakit, apa lagi paracetamol. Padahal paracetamol sangat beracun bagi kucing, bahkan dengan dosis yang sangat kecil paracetamol menjadi sangat mematikan untuk kucing.

    Si kucing akan menjadi muntah -muntah dan lesu, bahkan jika dibiarkan kucing akan mati. Jangan sekali-kali memberikan obat paracetamol, obat flu, obat batuk atau bahkan obat alergi pada kucing karena obat itu mengandung asetamin yang dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah pada kucing kita.

  1. Minuman Bergula

    Seperti susu, gula akan membuat bermacam peyakit untuk kucing karena kucing akan mengalami diare dan kelebihan berat badan. Bahkan jika kucing keseringan meminuman minuman manis ia akan terserang kerusakan gigi dan bermacam masalah pada mulut kucing.

  1. Garam

    Banyak yang tidak tahu bahwa kucing tidak boleh mengkonsumi makanan atau kuah yang mengandung garam. Jadi jauhkan sup anda dari kucing ya! Karena garam akan mengakibatkan ketidak seimbangan elektrolit bagi kucing dan akan menjadi fatal jika terus dibiarkan.

  1. Jus

    Meskipun jus sangat bagus untuk manusia, ternyata beberapa jus menjadi beracun jika kucing yang mengkonsumsinya. Seperti jus jeruk dan jus alpukat yang semua buah, kulit, ranting dan daunnya menjadi beracun untuk kucing. Zat persin pada buah tersebut dapat mengakibatkan rusaknya otot jantung bagi hewan salah satunya kucing.

Demikian artikel tentang minuman berbahaya bagi kucing yang dapat membantu anda menjaga si kucing agar tidak sembarangan meminum-minuman beracun ya! Jaga kucing dengan sepenuh hati. Mereka adalah makhluk yang sangat menggemaskan untuk manusia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*