Makanan Yang Berbahaya Bagi Kucing

18 Makanan Yang berbahaya Bagi Kucing

Makanan Yang Berbahaya Bagi Kucing – Bagi catlovers, menyuplai makanan untuk kucing adalah sebuah kebanggaan karena kucing yang diberi makan akan merasa senang dan kesenangan itu menular ke pada kita sebagai majikannya. Merawat kucing dari makanan, memandikan dan mengurus hal-hal sepelenya merupakan sebuah rutinitas bagi seorang majikan kucing.

Tapi, tahu kah anda jika memberi makanan untuk kucing tidak boleh sembarangan? Ada beberapa jenis makanan yang erpotensi membuat kucing sakit. Bahkan makanan yang umunya lezat dan digemari manusia ternyata dapat membuat si kucing yang lucu itu. Untuk itu kita harus tetap waspada tentang makanan dan minuman yang berbahaya bagi kucing

Makanan yang Berbahaya Bagi Kucing

Makanan yang Berbahaya Bagi Kucing
Image Source. http://aboutmunchkin.blogspot.com/

Kucing yang diberi makanan bergizi dan fresh akan membuat kucing menjadi sehat dan lincah. Makanan merupakan faktor penentu kesehatan organ dalam manusia maupun kucing. Semakin baik makanan maka semakin baik pula tubuh kita berkembang. Jadi, ayo kita simak beberapa makanan yang berbahaya jika di konsumsi oleh kucing tercinta!

  1. Cokelat

    Rasanya yang manis dan lembut memang menggugah selera banyak orang, namun tidak untuk kucing. Cokelat yang enak itu malah akan menjadi mimpi buruk bagi kucing karena terbilang beracun bagi kucing. Toksisitas yang terdapat pada kandungan cokelat dapat membuat kucing menjadi muntah-muntah di sertai diare. Bahkan dapat membuat laju jantung kucing tidak tertaur, lama-lama kucing bisa mati jika sering diberi cokelat!

  2. Nasi

    Banyak diluar sana yang memberi kucing nasi yang dicampur oleh ikan asin. Padahal nasi mengadung karbohidrat yang tinggi dan kucing tidak membutuhkan banyak karbohidrat seperti manusia. Jika terlalu banyak karbohidrat, si kucing malah akan sakit lho!

  3. Ikan Asin

    Yah, memang banyak yang memberikan kucing nasi dan ikan asin padahal jelas-jelas itu tidak baik bagi kucing. Kucing ras apalagi! Ikan asin akan merusak bulu-bulu cantik milik kucing ras. Pasti sedih sekali deh kalau bulu indahnya rontok.

  4. Tulang Ikan

    Pasti banyak yang memberi tulang belulang terutama tulang ikan untuk kucing. Padahal tulang ikan berbahaya bagi kucing karena dapat melukai si kucing tersebut. Pencernaan si kucing dapat tergores oleh tulang yang tajam, kasihan kan?

  5. Telur Mentah

    Banyak manusia yang memakan telur mentah karena kandungan gizinya yang katanya baik bagi tubuh. Namun, kucing sangat tidak dianjurkan memakan telur mentah karena didalam telur mentah terdapat bakteri salmonella dan avidin yang dapat menggagu proses penyerapan Vitamin B.

  6. Ikan Tuna

    Wah ternyata ikan yang satu ini tidak baik dikonsumsi terus-menerus untuk si kucing! Daging ikan tuna ternyata tidak memiliki cukup mineral dan vitamin untuk kucng sehingga kucing yang diberi ikan tuna akan cepat lemah. Yang terparah, si kucing bisa keracunan merkuri.

  1. Bawang Putih

    Kandungan Sulfoksida dan disulfida yang ada pada bawang Bombay sangat berbahay untuk si kucing. Jika kucing memakan bawang putih, bisa dipastikan sel darah merah pada kucing akan terganggu bahkan hancur.

  2. Bawang Bombay

    Sama halnya dengan bawang putih karena kandungannya pun sama. Namun, bawang Bombay memiliki kadar yang lebih rendah dari pada bawang putih sehingga efeknya pun tidak terlalu buruk.

  3. Garam

    Elektrolit yang terkandung dalam garam akan mengakibatkan tidak seimbangnya elektrolit di tubuh kucing jika garam di konsumsi secara banyak oleh kucing. Jika dibiarkan kucing akan berakibat fatal dan akan mati.

  4. Lemak

    Ternyata terlalu banyak lemak juga akan mengganggu sistem pencernaan pada kucing loh! Tapi lemak juga berfungsi untuk memberi energi pada si kucing jadi anda harus memberi lemak secukupnya saja pada kucing.

Buah Yang Berbahaya Bagi Kucing

  1. Kismis

    Buah yang kaya akan vitamin bagi manusia ini ternyata akan menjadi racun jika dikonsumsi oleh kucing. Buah ini akan menyebabkan diare yang parah dan jika terus di konsumi akan menyebabkan kegagalan pada ginjal kucing dan mati.

  2. Alpukat

    Tidak hanya buahnya saja yang beracun, batang, daun dan kulit alpukat juga sangat beracun bagi kucing. Semua hal pada alpukat mengandung zat persin yang akan membuat kerja otot jantung kucing menjadi rusak dan tidak bisa bernahaf dengan normal, melemahkan si kucing hingga diare dan muntah.

  3. Jeruk

    Buah ini sangat sama dengan alpukat karena darinbuah hingga pohonnya sangat beracun bagi kucing jika dikonsumsi. Asam sitrut yang tinggi menyebabkan iritasi pada kucing bahkan dapat merusak saraf otak kucing.

  4. Anggur

    Kerusakan yang akan terjadi jika kucing mengkonsumi buah anggur adalah gagal ginjal dan diare, sama persis dengan buah kismis. Padahal buah ini sangat lezat jika disantap oleh manusia kan? Jauhkan dari si kucing ya kawan!

Cairan yang Berbahaya

Selain makanan, ada beberapa cairan yang sangat tidak boleh di konsumsi oleh kucing. Minuman-minumn yang nyatanya ena untuk manusia ternyata belum tentu baik untuk kuicing, bahkan akan memberikan efek yang sangat buruk bagi si kucing. Berikut beberapa jenis cairan yang tidak boleh dikonsumisi:

  1. Alkohol

    Tidak hanya merusak sistem tubuh manusia, bagi hewan alkohol juga merupakan minuman mematikan. Bahkan toleransi kucing terhadap alkohol sangat sedikit sehingga kucing akan cepat keracunan hingga mati menggenaskan.

  2. Kopi

    Perut kucing sangat tidak bisa mengolah berbagai makanan dan minuan yang mengandung kafein. Kopi adalah salah satu minuman dengan kafein yang tinggi. Theobromine dan Teofilin yang ada di kafein aan mengakibatkan gagal jantung pada kucing loh! Padahal untuk manusia kafein yang terlalu banyak juga akan mengakibatkan laju jantung yang tidka normal.

  3. Obat Paracetamol

    Saat sakit beberapa orang akan sembaranga nmemebrikan kucing obat. Mentang-mentag sistem tubuh kucing hampir sama seperti manusia bukan berarti semua konsumsi manusia bisa kucing konsumsi juga!
    Paracetamol akan menyebabkan lemas, muntah dan mati jika terus dibiarkan. Kucing hanya akan selamat jika diberi obat khusus kucing yang anda beli di klinik hewan.

  4. Susu

    Kucing yang masih kecil memang biasa diberikan susu oleh kita. Namun, kita tidak boleh memberikan sembarang susu kepada kucing dewasa. Kenapa? Karena semakin dewasa kucing maka semakin intoleran mereka dengan laktosa yang ada pada susu. Laktosa tersebut akan susah dicerna oleh kucing dan mengakibatkan diare dan sakit perut.

Kucing makan
Image Source. http://www.davidsons-vs.co.uk

Memelihara kucing tidak boleh sembarang loh catlover! Kucing sama halnya dengan manusia, dapat merasakan sakit hati jika tidak diurus dengan baik. Dengan memnaca artikel ini berarti anda peduli dengan keadaan kucing anda.

Berilah makanan yang aman bagi kucing. Jika ragu, anda bisa mencari tahu apakah makan itu aman atau tidak karena tidak semua makanan itu baik. Kucing adalah hewan yang sangat rentan akan penyakit jika tidak diberikan asupan gizi yang cukup ditubuhnya. Semakin baik anda memberi makan maka semakin lama pula umur kucing akan bertahan!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*