Menu Tutup

Makanan Berbahaya Untuk Kucing

Makanan Berbahaya Untuk Kucing – Makanan merupakan benda penting yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Setiap hari kita makan, makan pagi untuk persiapan energy beraktifitas dan makanan lainnya untuk membantu tubuh agar tetap bugar. Begitu pula dengan hewan kucing, sumber proten dan energy kucing jugalah makanan. Maka dari itu kita sang majikan di himbau untuk memberi makanan pada kucing tepat waktu. 

Sebagai Majikan yang baik kita harus pula memperhatikan makanan yang kucing konsumsi karena akan berdampak pada kesehatan kucing. Selain memberinya makan anda juga harus cukup tanggap untuk merawat, memandikan dan memanjakan si kucing. Maka dari itu kita harus tau Makanan dan Minuman yang berbahaya bagi kucing.

Makanan Berbahaya Untuk Kucing

Makanan yang Berbahaya Untuk Kucing
Image Source. cattime.com

Namun, tahukan anda bahwa kucing tidak bisa diberi sembarang makanan? Salah memberi makanan akan berdampak pada kesehatan kucing bahkan dapat menyebabkan keracunan yang cukup parah. Untuk itu kita harus tanggap dalam mengurus si kucing ya!

Makanan yang Mengandung Laktosa

Meski umumnya kucing diberi susu setiap hari, ternyata juga ada aturannya loh! kucing yang masih anak-anak memang membutuhkan susu sebagai pengganti makanan berat. Namun tahukah nda bahwa semakin dewasa si kucing, maka semakin intolerannya pencernaan mereka dengan laktosa.

 

Anda harus memastikan dahulu bahwa susu yang akan anda berikan tidak mengandung laktosa yang dapat membuat pencernaan kucing terganggu karena Makanan Berbahaya Untuk Kucing akan dengan cepat mengangu pencernaan si kucing. Jika terlanjur maka kucing akan menjadi diare. Jika dire berangsurlama kucing akan mengalami sakit percernaan kronis dan muntah. 

Baca Juga :   Cara Memandikan Kucing Persia

Makanan Berbahaya Untuk Kucing 

Selain makanan dan minuman yang mengandung laktosa, kucing juga tidak diizinkan memakan makanan yang banyak manusia sukai loh! Penasaran? Yuk kita baca! 

Makanan Berbahaya Bagi Kucing
Image Source. www.thesprucepets.com

Baca Juga :   Ciri Kucing Jamuran

  1. Cokelat

    Jika beberapa dari kalian pernah mendengar seeokar anjing yang keracunan sehabis memakan cokelat, ternyata hal itu juga terjadi kepada kucing. Yah, sebagian hewan memang tidak boleh mengkonsumsi Cokelat karena cokelat mengandung toksisitas yang tinggi dan  dapat membuat kucing menjadi diare, muntah dan membuat laju jantung kucing menjadi tak teratur sehingga cokelat termasuk Makanan Berbahaya Untuk Kucing yang sangat mengerikan.

  2. Nasi

    Sebenarnya banyak diantara kalian yang memberi Kucing nasi bukan? Faktanya terlalu banyak karbohidrat dalam tubuh tidak baik untuk kucing. Umunya kucing tidak membutuhkan banyak karbohidrat karenatubuh kucing tetap akan menguras energy bahkan ketika si kucing tidak melakukan apa-apa, jadi jika asupan kucing hanya nasi malah akan membuat tubuh si kucing melemah dan akhirnya sakit!

  3. Ikan Tuna

    Meskipun iklan-klan commercial Ikan tuna dengan Kucing, ternyata ikan ini tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan oleh kucing loh! karena dalam daging ikan tuna tidak memiliki banyak mineral dan vitamin yang cukup untuk tumbuh kembang si kucing. Bahkan jika kebanyakan makan ikan tuna, kucing kita akan keracunan merkuri!

  1. Ikan Asin

    Di kampong banyak warga baik hati yang sengaja memberi makan kucing dengan ikan asin, memang kucing sangat suka dengan ikan. Namun ternyata Ikan asin sangat buruk bagi kucing ras log! Ikan asin akan berdampat pada bulu-bulu kucing sehingga menjadi rontok bahkan pitak!

  2. Lemak

    Seperti halnya manusia, jika terlalu banyak menimbun lemak ditubuh manusia akan menjadi tidak sehat. Namun fungsi lemak sebagai energy juga harus diberikan, hanya saja jangan berlebiha atau banyak ya!

  3. Bawang Bombay

    Semua orang tahu bahwa bawang memiliki kandungan Disufida dan Sulfoksida di dalam mereka yang menjadikan bawang sebagai Makanan Berbahaya Untuk Kucing. Kandungan iini lah yang tidak baik bagi kucing! Kandungan Sulfoksida akan membuat sel darah merah terganggu dan menjadi kucing sakit yang cukup parah.

  4. Bawang Putih

    Sama hanya dengan bawag Bombay, bawang putih memiliki kandungan yang sama karena mereka masih satu family. Bedanya, bawang putih memiliki kandungan yag lebih kuat sehingga jika di konsumsi oleh kucing akan mengakibatkan kejadian fatal dari pada saat memakai bawang Bombay.

  5. Telur Mentah

    Beberapa hewan seperti kuda sering di beri campuran telur mentah agar stamina kuda terjaga. Tapi jangan seali-kali melakukan itu kepada kucing ya! Bakteri salmonella dapat menggangu proses penyerapan vitamin B untuk kucing, karena vitamin B bgi kucig merukan zat yang penting.

  6. Makanan Yang Mengandung Garam

    Ternyata garam dapat membuat elektrolit yang ada pada kucing menjadi tidak seimbang loh.

  7. Tulang Ikan

    Meskipun tidak menyebabkan penyakit dalam seperti makanan berbahay lainnya, tulang ikan bisa saja mengancam si kucing. Tajam dari tulang ikan dapat melukai tenggorokan atau mulut si kucing.

Buah-buahan yang Berbahaya Untuk Kucing

  1. Alpukat

    Zat persin tidak hanya terkandung di buah alpukat saja, batang, daun dan kulit pohon alpukat juga mengandung zat persin yang akan menyebabkan keracunan pada kucing. Zat persin dapat mengakibatkan kerja oto jantung kucing menjadi tidak stabil dan rusak, kucing menjadi tidak dapat bernafas dengan normal bahkan juga menjadikan kucing diare dan muntah-muntah, itu sebabnya alpukan menjadi Makanan Berbahaya Untuk Kucing.

  2. Jeruk

    Sama halnya dengan alpuka, seluruh bagian dari Jeruk beracun jika kucing yang memakannya. Asam sitrut akan menyebabkan iritasi dan merusak saraf otak kucing. Buah ini berbahaya sekali karena tidak hanya buahny namun batang, kulit dan pohonnya pun megandng asam sitrut.

  3. Kismis

    Siapa sangka buah kismis dapat menyebabkan diare parah jika di konsumsi kucing? Memang buah ini kaya kan vitamin bagi manusia, namun untuk kucing buah ini bagaikan racun karena dapat juga merusak ginjal si kucing.

  4. Anggur

    Sama saja dengan buah kismis, anggur memiliki kandunan vitamin yang baik bagi tubuh manusia. Namun buah anggur dapat mengakbatkan diare dan gagal ginjal untuk kucing, buah ini cukup berbahaya jika di tidak sengaja termakan kucing kita.

Minuman Berbahaya Untuk Kucing

Setelah membahas makanan dan buah yang berbahaya bagi kucing, ada baiknya juga kalau kita tahu minuman yang berbahaya bagi kucing.

  1. Kafein

    Minuman yang mengandung kafein sangat tidak cocok di cerna oleh perut kucing. Kopi salah satu minuman yang banyak mengandung kafein yang tinggi ini mengandung Theobromine dan Teofilin yang dapat membuat kucing terkena gagal jantung. Karena sama halnya dengan manusia yang akan merasa deg-deg an jika meminum banyak kopi.

  2. Alkohol

    Sudah banyak yang tahu bahwa alkohol banyak efek buruknya terhadap badan manusia. Minuman yang di cap mematikan ini sangat tidak cocok di berikan oleh hewan manapun termasuk kucing karena termasuk dalam Makanan Berbahaya Untuk Kucing. Perut kucing sangat intoleran terhadap alkohol sehingga meskipun hanya sedikit yang di konsumsi kucing bisa-bisa mati keracunan!

Baca Juga :   Makanan Berbahaya Bagi Kucing

Obat Yang Berbahaya Untuk Kucing

  1. Paracetamol

    Meskipun sistem kekebalan tubuh kucing hampir sama dengan manusia, tidak berarti kita dapat memberikan obat yang sama juga terhadap kucing. Paracetamol dapat mengakibatkan lemasnya si kucing disertai muntah.

    Jika Kucing sakit, bawahlah kedokter agar di berikan obat khusus untuk kucing, karena bagaimanapun juga manusia dan kucing itu berbeda.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Nah demikian jenis-jenis makanan berbahaya untuk kucing jika di konsumsi. Terlebih jika kucing anda termasuk kucing ras, pasti anda harus siap dan tanggal memberinya makann yang bergizi dan juga ikhlas mengeluarkan uang yang lumayan banyak.

Semoga artikel ini dapat membantu anda merawat kucing-kucing anda agar terhindar dari makanan yang berbahaya! Karena bagi kucig semua makanan bisa dimakan! Perhatikan makanan yang masuk ke tubuh kucing ya!

Posted in Perawatan Kucing

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *