Makanan Berbahaya Bagi Kucing

17 Makanan Berbahaya Bagi Kucing

Makanan Berbahaya Bagi Kucing – Banyak diantara kita yang memelihara kucing dirumah. Memelihara kucing dengan sebaik-baiknya merupakan kewajiban bagi majikan si kucing tersebut mulai dari memandikan, memanjakannya sampai meberinya makan. Meskipun kucing dapat memakan makanan manusia, kita juga harus tahu tentang makanan dan minuman yang berbahaya bagi kucing.

Karena ada beberapa makanan yang tidak bisa di cerna oleh pencernaan si kucing, kita harus berhati-hati memberinya makan. Pencernaan kucing tidak bisa mencerna laktosa sehingga, kita harus menghindari kucing dari makanan ber laktosa.

Makanan Berbahaya Bagi Kucing

Makanan Berbahaya Bagi Kucing
Image Source. http://blog.alfacart.com

Memperhatikan makanan kucing sangat penting karena dapat mempengaruhi kesehatan si kucing. Nutrisi yang terkandung dalam makanan akan digunakan untuk perkembangan si kucing, jadi, jangan ceroboh memberinya makan! Kali ini kita akan mengulas makanan berbahaya bagi kucing agar kita semakin waspada dan hati-hati dalam memberi makan kucing.

  1. Jangan Berikan Susu

    Seperti yang kita tahu, memberi susu pada kucing merupakan hal yang wajar terlebih pada anakan kucing. Namun, ternyata kita tidak boleh memberi sembarang susu pada kucing yang sudah dewasa. Sama seperti manusia, kucing yang sudah dewasa menjadi lebih intoleran terhadap laktosa.

    Maka dari itu, pastikan untuk mengecek kadar laktosa pada susu sebelum meminumkannya kepada kucing dewasa. Bisa-bisa ia diare dan sakit.

  1. Kismis

    Meskipun kismis buah lezat dan kaya vitamin bagi manusia, nyatanya tidak untuk kucing. Buah kismis dapat berubah menjadi racun untuk kucing. Kucing sangat dilarang memakan buah kismis karena akan menyebabkan diare dan parahnya dapat menyebabkan gagal ginjal pada kucing.

  1. Cokelat

    Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa beberapa hewan memang tidak diperbolehkan memakan cokelat. Meski bagi manusia rasanya sangat manis dan enak, didalam cokelat terkandung toksisitas yang dapat membuat kucing menjadi diare, muntah bahkan muntah. Kerja laju jantung kucing juga akan tidak teratur. Itu sebabnya cokelat tidak baik untuk kucing.

  1. Alpukat

    Buah lain selain kismis ini juga tidak baik jika dikonsumsi oleh kucing. Buah alpukat cenderung beraun bagi kucing, dan tidak hanya buahnya saja, daun, kulit dan batang tanaman alpukat juga ikut beracun. Alpukat mengandung Zat persin yang tidak baik di konsumsi oleh binatang karena akan memuat otot jantung kucing menjadi rusak. Jika seseorang memberi kucing alpukat makai a akan lemah, muntah, diare bahkan kesulitan bernafas dan muntah.

  1. Anggur

    Sama seperti kismis dan alpukat, buah ini cenderung berbahaya jika di konsumsi oleh kucing. Kerusakan yang akan terjadi jika kucing mengkonsumi anggur sama seperti kismis yaitu gagal ginjal dan diare.

  2. Tulang Ikan

    Ikan memang terkenal sebagai makanan favorit para kucing di seluruh dunia. Namun tidak dengan tulang. Tulang ikan sangat berbahaya bagi kucing karena tulang ikan yang tajam akan melukai pencernaan si kucing. Tulang kucing juga dapat membuat pernapasan kucing terganggung.

  1. Telur Mentah

    Saat dikonsumsi oleh manusia, telur mentah memiliki banyak nutrisi. Untuk kucing, memakan telur mentah sangat berbahaya karena mengandung bakteri salmonella yang cukup tinggi dan tidak cocok di tubuh kucing. Avidin yang terdapat di putih telur juga dapat mengganggu penyerapan vitamin B pada kucing.

  1. Nasi

    Ternyata kucing yang diberi makan nasi tidak baik untuk kucing. Karena kucing tidak membutuhkan banyak karbohidrat sehingga nasi akan membuat kucing menjadi rentan terkena penyakit.

  1. Ikan asin

    Hayo siapa yang pernah memberi kucing ikan asin? Ternyata, ikan asin snagat tidak baik untuk kucing. Terlebih untuk kucing ras lho! Ikan asin tidak baik bagi kucing ras karena akan menyebabkan bulu-bulu indahnya menjadi rontok. Tentu anda tidak mau kan, bulu kucing anda rontok

  2. Bawang Bombay

    Kandungan sulfoksida dan disulfida yang terkandung dalam bawang Bombay ternyata sanat berbahaya bagi kucing. Sulfoksida dan disulfida dapat menyebabkan hancurnya sel darah merah pada kucing dan gangguan darah lainnya.

  3. Bawang Putih

    Kandungan bawang putih yang hamper sama dengan bawang Bombay juga menyebabkan dampak buruk yang sama jika di konsumsi oleh kucing. Parahnya, bawang putih memiliki kandungan sulfoksida dan disulfida lebih banyak dari pada bawang Bombay yang tentunya semakin berbahaya bagi kucing.

  4. Ikan Mentah

    Banyak orang yang salah kaprah bahwa kucing snagat menyukai ikan mentah. Nyatanya semakin sering anda memberi kucing ikan mentah malah akan menimbulkan penyakit pada kucing. Ya karena masih mengandung bateri yang sangat berbahaya bagi kesehatan kucing.

  5. Kafein

    Diam-diam, tidak hanya minuman saja yang mengandung kafein, nyatanya makanan juga mengandung kafein. Jangan coba-coba memberikan kafein atau kopi pada kucing karena bisa membuat kucing menjadi kejang-kejang. Kucing memiliki toleransi yang snagat rendah terhadap kopi dan kafein.

  6. Alkohol

    Jangan sekali-kali memberikan kucing minuman beralkohol. Alkohol tidak hanya merusak manusia, juga kucing. Kucing yang mengkonsumsi alkohol akan keracunan dengan cepat karena toleransi kuicng terhadap alkohol sangatlah sedikit.

  7. Lemak

    Meskipun lemak bagus untuk memberi energi agar dapat bergerak bebas, kucing akan mengalami masalah perncernaan jika terlalu banyak mengkonsumsi lemak. Berilah kucing makanan berlemak secukupnya.

  8. Tuna

    Tahukah kamu jika memberi kucing ikan tuna dengan sering akan memberi efek buruk terhadap kesehatan kucing? Ikan tuna tidak memiliki mineral dan vitamin yang cukup untuk tumbuh kembang si kucing. Kucing yang terlalu sering diberikan Tuna akan lemah dan bahkan bisa keracunan merkuri.

  9. Jeruk

    Sama seperti Alpukat, buah jeruk juga beracun untuk kucing. Daun, batang dan kulit jeruk tidak baik dikonsumsi oleh kucing. Kandungan asam sitrut yang tinggi dapat menyebabkan iritasi dan merusak saraf kucing.

Itulah makanan berbahaya bagi kucing yang wajib catlover tahu. Karena memelihara kucing tidak sembarangan. Kucing merupakan hewan yang istimewa dan kita wajib menjaganya sebaik mungkin. Dengan membaca artikel ini kalian akan semakin tahu dan berhati-hati merawat kucing. Sayangi kucing dengan baik dan beri ia perhatian yang cukup. Jangan asal memberi kucing makanan karena akan berdampak buruk bagi si kucing itu sendiri. Demikian artikel yang dapat kami kumpulkan untuk anda, perhatikan makanan yang di makan oleh kucing ya kawan. karena siapa lagi yang akan memperhatikan kalau bukan kita?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*