Menu Tutup

Kucing Tidak Mau Makan dan Mencret

Kucing Tidak Mau Makan dan Mencret – Bagi kita si penyuka kucing pasti sangat ingin melihat si kecil sehat dan terbebas dari penyakit. Kucing yang terkena penyakit akan sedikit merubah fisik si kucing sehingga ia tidak lucu lagi. Salah satu penyakit yang catlovers hindari ialah diare atau mencret. Bagi manusia saja, penyakit ini sangat menyiksa dan sekaligus sangat menyebalkan.

Penyakit pencernaan adalah penyakit yang paling mudah menyerang sistem kekebalan tubuh karena mudah masuk melalui makanan yang kita konsumsi dan lingkungan di sekitar kita, Tak terkecuali si kucing, kucing yang salah makan atau memakan makanan yang tidak higienis juga dapat menyebabkan diare. Sementara diare akan membuat kucing tidak mau makan dan lemas.

Kucing Tidak Mau Makan dan Mencret

Kucing Tidak Mau Makan dan Mencret
Image Source. https://petlifetoday.com

Banyak penyebab kenapa kucing tidak mau makan dan Mencret, begitu pula dengan cara pencegahannya. Menangani kucing yang sedang terena diare sangat penting karena kucing akan menjadi lebih parah penyakitnya jika dibiarkan, terlebih jika penyakit pencernaan seperti itu. Kucing yang sakit juga pasti akan kehilangan nafsu makannya sehingga berat badan dan bentuk si fisik kucing akan berubah drastis.

Memang cara mengetahui ada ada masalah pencernaan pada kucing hanya dengan melihat pola makannya. Kucing yang sedang sakit pasti tidak akan menurun nafu makannya atau bahkan tidak nafsu makan sama sekali, Ini lah penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Mencret:

Baca Juga :   Cara Membuat Kucing Gemuk Setelah Melahirkan

  1.  Terjangkit Virus dan Bakteri

    Ini merupakan penyebab yang paling sering terjadi kepada kucing. Virus dan bakteri biasa hinggap di makanan yang di konsumsi kuing karena lingkungan atau tempat tidurnya yang tidak higienis. Kotoran kucing yang menempel pada kucing juga dapat menyebabkan penyakit diare jika tidak segera di bersihkan dari si kucing itu sendiri.

  2. Radang Pada Usus

    Jika dirasa tidak ada masalah dengan makanan dan lingkungan si kucing. Segera periksakan si kucing jika diare tersebut juga mengandung darah. Bisa jadi terjadi peradangan pada usus si kucing yang menyebabkan diare dan tidak nafsu makan. Peradangan tersebut akan mengakibatkan sakit yang luar biasa. Dan radang usus pada kucing biasanya terjadi pada kucing yang belum sempat di vaksin.

  3. Ada yang Salah dengan Ginjal Kucing

    jangan pernah sepelakan penyakit diare pada binatang kesayangan anda ya, bisa jadi ginjal si kucing rusak dan menyebabkan diare. Kucing yang kekurangan air minum akan mengalami gagal ginjal. Kucing membutuhkan banyak sekali cairan untuk tubuhnya.

  4. AIDS Kucing

    Meskipun termasuk jarang kucing yang terjangkit virus FIV atau AIDS hewan, namun anda harus tetap berhati hati ya karena virus ini menular lewat gigitan, cakaran dan kontak lainnya. Tentu saja penyakit FIV pada kucing juga dapa membahayakan kita. Oleh sebab itu biasakan memberi vaksin pada kucing ya sebelum di bawa kerumah!

Cara Mengobati Kucing Mencret

Cara Mengobati Kucing Mencret
Image Source. https://www.sciencedaily.com

Setiap ada kesusahan disitu ada jalan, sama seperti penyakit. Di situ ada penyakit maka pasti lah ada obatnya! Karena banyak juga penyebab kenapa kucing menjadi tidak mau makan dan mencret maka cara penyembuhannya juga bervariasi dan juga banyak. Dimulai dari pengobatan dokter hingga pengobatan alternatif.

  1. Beri Makan Tempe

    Diare memang menurunkan nafsu makan si kucing. Bahkan kucing akan menjadi lemas dan tidak bertenaga untuk berlarian kesana kemari lagi. Namun, anda tetap harus memberinya makanan, berikan olahan tempe yang di rebus dan dicampur oleh sayuran. Jangan berikan penyedap rasa apapun untuk sementara waktu karena kucig sedang diare.

  2. Oralit Hewan

    Obat oralit memang terkenal dapat membantu menyembuhkan diare. Eittss jangan buru-buru! Oralit yang di berikn pada kucing yang diare harus khusus untuk hewan karena kandungan hewan dan manusia berbeda. Bisa di beli di apotek atau pet shop terdekat. Ada beberapa catovers yang menggunakan obat Lacto B khusus bayi untuk di berikan pada kucing diare, dan itu sesekali akan di anjurkan oleh dokter hewan.

  3. Yogurt

    Dalam yougurt terdapat bacteri baik yang terkenal bernama Lactobacillus yang baik untuk pencernaan tubuh. Dan tidak hanya tubuh manusia namun juga hewan seperti kucing. Namun karena kucing adalah hewan yang rentan terhadap lactosa maka berikan yogurt non lactosa atau yang berlactosa rendah dan bisa di berikan 1 – 2 sendok setiap harinya! Kucing tidak mau makan dan mencret akan berkurang.

  4. Minumkan Obat Cacing

    Jika sudah kepepet, coba saja berikan kucing obat cacing. Bisa saja si kucing mencret karena cacingan, namun harus dengan resep dokter hewan ya! Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan higienitas makanan agar tidak terkena cacing.

  5. Multivitamin

    Meskipun tidak bisa seratus persen mengobati, nyatanya multivitamin dapat mencegah terjadinya penyakit diare dan penyakit-penyakit lainnya. Multivitamin dapat membantu menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh sekaligus. Multivitamin dapat di beli di petshop dan juga di apotek terdekat.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Rumah

Begitulah artikel tentang Kucing tidak mau makan dan mencret yang dapat kami ulas. Mencret bisa terjadi kapan saja dan dimana saja karena termasuk penyakit yang tak terduga. Saat mencret tentu saja kucing tidak akan nafsu makan, mereka akan lebih banyak minum karena kehilangan banyak cairan. Berikan banyak air minum untuk kucing agar mereka tidak dehidrasi dan tetap kuat. 

Kita juga bisa loh memancing kucing agar makan dengan memberinya makanan favorit si kecil. Menambah perhatian kepada kucing juga sangat disarankan sehingga kucing tidak akan merasa stres dan tertekan karena penyakitnya ini.

Posted in Perawatan Kucing

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *