Kucing Makan Anaknya Sendiri

Kucing Makan Anaknya Sendiri – Kucing betina biasanya bisa melahirkan hingga 7 anak setiap kali ia hamil. Indukan yang baru saja melahirkan pun akan berubah menjadi sensitif dan garang sekali, terlebih saat anaknya di ganggu oleh kita. Sementara anak kucing, mereka tidak bisa melakukan apa-apa sendiri sebelum usianya 1 bulan. 

Kucing yang baru saja lahir tentu saja masih lemah dan belum bisa melihat, tentu sang indukan pun menjadi lebih was-was terhadap sekitarnya. Indukan jadi lebih mengenali anak-anaknya yang baru lahir. Bahkan, bila anaknya cacat dan sakit, sang indukan pasti tahu loh! Bahkan alasan kucing makan anaknya pun karena sang induk!

Kucing Makan Anaknya Sendiri

Kucing Makan Anaknya Sendiri
Image Source. https://www.extrabonplan.com

Pernah belum melihat Kucing dewasa memakan bayi kucing? Ternyata kucing dewasa tersebut adalah indukan kucing itu sendiri! Kaget? Hal ini sudah biasa terjadi, bahkan beberapa orang pun sudah pernah melihat kejadian aneh ini beberapa kali. Memang terdengar sedikit mengerikan, tapi indukan kucing ternyata memiliki alasan tersendiri loh!

Baca Juga :   Penyakit Mata Pada Kucing

Yuk kita lihat dulu alasan dibalik Indukan kucing yang memakan anaknya sendiri.

  1. Anaknya Telah Mati

    Tak jarang setelah melahirkan bayi kucing akan mati. kematian bayi kucing yang baru lahir memang tergolong besar sehingga ini bukan lagi hal yang aneh. Yang jelas aneh adalah ketika induk si kucing tersebut tiba-tiba memakan sang anak yang telah mati! Usut punya usut, sang Induk memilih memakan bangkai anaknya agar virus atau penyakit tidak menular ke anaknya yang lainnya. Sang indukan menjaga anaknya yang masih hidup dari gangguan sekecil apapun.

  2. Sang Anak Sakit

    Induka biasanya paham tentang kondisi si anak yang baru dilahirkannya. Jika indukan tahu bahwa anaknya terjangkit virus atau penyakit, pasti indukan kucing makan anaknya sendiri untuk menyelamatkan anaknya yang lain. Karena menurut indukan si kucing, anaknya yang sakit akan menularkan sakitnya kepada anak-anaknya yang masih sehat. Sang Indukan lebih memilih menyelamatkan anaknya yang masih jelas sehat dan mengorbankan anaknya yang telah sakit.

  3. Si Anak Cacat

    Biasanya sesaat setelah melahirkan sang indukan akan membersihkan anak-anaknya dari sisa-sisa cairan. Saat membersihkannya itu sang induk akan mengetahui mana anaknya yang terlahir normal dan mana anaknya yang telahir cacat. Jika anaknya terlihat cacat, sang indukan tidak akan segan memakan anaknya yang baru lahir itu. Indukan berpikir untuk meringankan beban si anak dan berpikir anaknya lebih baik mati dari pada hidup kesusahan karena cacat.

  4. Betina Lapar

    Kasus ini agak jarang terjadi namun, secara ilmiah tetap dapat di jabarkan loh! Indukan betina yang tengah lapar sehabis melahirkan dan tidak menemukan makanan di sekitarnya akan memakan anaknya tanpa ba-bi-bu lagi! Serem kan? Maka dari itu jika kalian melihat kucing sehabis melahirkan, beri ia makan agar si kucing betina ini tidak memakan anak-anaknya yang masih bayi dan lucu.

  5. Stres

    Setiap orang yang sedang stres memang akan jauh dari akal sehatnya. Sama seperti kucing. Kucing indukan yang baru melahirkan akan stres jika tahu bahwa kehamilannya tidak di musim yang tepat. Si kucing betina akan stres dan tertekan karena tahu bahwa anaknya tidak akan hidup lama di musim yang tidak cocok itu. Kucing anakan tidak bisa hidup di suhu yang terlalu dingin. Maka dari itu si Induk kucing makan anaknya sendiri dari pada harus melihat anaknya mati karena kedinginan.

  6. Terlalu Muda untuk Hamil

    Sama halnya dengan manusia, kucing betina jua memeiliki hormon keibuan yang akan matang saat sudah cukup umur. Namun apa yang akan terjadi jika kucing muda yang belum matang hamil? Tentu si kucing akan stres karena kebingungan. Si Kucing makan anaknya sendiri karena merasa stres.

  7. Tidak Kenal dengan Bau Anaknya

    Kucing memang dikenal memiliki penciuman yang tajam. Mereka dapat mengingat bau dari tempat tinggalnya, majikannya, dan anaknya sendiri. kucing yang saja melahirkan memang sebaiknya tidak kita dekati begitu saja karena jika kita menyentuh anaknya maka bau manusia akan menempel dan menutupi bau khas dari anak si kucing. Karena itu terkadang sang induk kesusahan mengenali anaknya sendiri, ia akan meninggalkan anak yg sudah terkontaminasi bau manusia itu atau yang paling parah adalah memakannya sendiri!

Baca Juga :   Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Pemilik

Cara Mengatasi Kucing Makan Anaknya

Sebenarnya ini hanyalah pencegahan agar si kucing tidak memakan anaknya yang tidak berdosa itu. Sebaiknya mulai memisahkan kucing dengan anaknya yang sakita/cacat. Dan juga pakai sarung tangan agar bau manusia tidak terlalu menutupi si anakan, hal ini tidak di anjurkan karena penciuman kucing sangat tajam. Terlebih kucing betina yang baru melahirkan sangat sensitif sehingga mereka akan peka denan bau yang ada pada tubuh anaknya yang masih kecil tersebut.

Berikan waktu untuk si kucing agar ia dapat merawat anaknya dengan baik dan juga dengan nyaman, aman tanpa rasa terancam akan predator dan lain-lain! Oh iya berikan juga maknan yang sumber vitamin yang cukup untuk kucing yang baru melahirkan sehingga ia tidak merasa kelaparan dan berakhir memakan anaknya. 

Begitulah artikel tentang Kucing Makan Anaknya yang telah kami rangkum, semoga dapat menambah wawasan anda tentang kucing ya! Jangan lupa untuk terus merawat kucing peliharana anda dengan kasih sayang. Apa lagi jika si kucing habis melahirkan, anda harus deh sering-sering mmperhatikan si kucing, jangan sampai anak kucing yang baru lahir itu menjadi korban kekejaman si kucing ya! Hahahaha. 

Yang kamu cari :

    kucing memakan anaknya sendiri, kucing memakan, apakah induk kucing memakan anaknya, mengapa kucing memakan anaknya sendiri, induk kucing memakan anaknya yang mati, Kucing makan kucing, kenapa kucing sayang anaknya, cara agar induk kucing tidak memakan anaknya, kucing makan anaknya sendiri, apakah induk kucing akan memakan anaknya sendiri

Tinggalkan komentar