Menu Tutup

Kucing Jamuran Parah

Kucing Jamuran Parah –  Kucing dikenal sebagai hewan menggemaskan yang cocok untuk di pelihara oleh keluarga. Selain menggemaskan, kucing juga dinilai pandai dan mudah diajari bermacam trik. Banyak masyarakat di Indonesia yang tertarik memelihara kucing dan tidak sedikit pula diantara mereka adalah catlovers. Namun, namun dengan banyaknya penyuka kucing belum tentu mereka sigap menangani penyakit kucing.

Ada berbagai penyakit yang dapat mennyerang kucing, sama seperti manusia. Penyakit pada kucing juga ada yang ringan dan ada yang termasuk parah dan dapat menyebabkan kematian. Penyakit kucing yang sering di jumpai adalah Jamur. Jangan sepelakan jamur! Kucing Jamuran Parah bisa menyebabkan infeksi yang berkepanjangan terhadap kucing dan menyebabkan kematian.

Kucing Jamuran Parah

Kucing Jamuran Parah
Gambar Kucing Jamuran Parah Image Source. https://www.fimela.com

Penyakit jamur pada kucing biasanya diderita oleh kucing yang masih kecil atau biasa disebut Kitten. Jamur pada kucing merupakan penyakit yang lumayan susah di basmi karena penyakit jamur dapat menular. Penanganannya pun harus cerdik dan telaten agar jamur pada kucing cepat hilang dan tidak menimbulkan penyakit komplikasi lainnya. Untuk meminimalisiri Kucing Jamuran parah kita harus tahu ciri-ciri kucing jamuran, kalau begitu simak Ciri Kucing Jamuran Parah!

Baca Juga :   Kucing Jamuran

  1. Bulu Kucing Rontok

    Jamur menyerang kulit terluar kucing, sehingga bulu-bulu pada kucing akan rontok karena jamur telah menginvasi wilayah mereka. Kerontokan pada bulu kucing biasanya dinilai parah karena kulit yang terkan jamur akan iritasi dan iritasi tersebut yang membuatnya menjadi rontok. Kerontokan pasti terjadi di tempat jamur berkembang dan mudah sekali menyebar kebagian-bagian lain. Kucing Jamuran Parah akan mengalami kerontokan yang lebih banyak juga.

  2. Ruam Kemerahan

    Penyakit Jamur pada kucing juga memberikan ruam tepat ditempat jamur itu menginveksi. Ruam kemerahan bisa menyebar dengan cepat pula seperti halnya jamur. Ruam ini sedikit gatal dan akan menimbulkan inveksi jika kucing terus menggaruk tempat ruamnya. Jika sudah parah, ruam tersebut akan menular hingga keseluruh tubuh kucing dan akan semakin sulit di basmi.

  3. Kuku Berwarna Kuning

    Jamur kucing hidup karena Virus Ringworm, jika virus tersebut sudah menyebar sampai ke kuku kucing maka kemungkinan warna kuku kucing akan berubah menjadi kekuningan atau cokelat dan tebal namun rapuh. Tapi jangan kuatir karena kuku kucing akan tumbuh kembali jika jamur pada kucing sudah sembuh.

  4. Kucing Menjadi Bau

    Ciri-ciri menonjol yang erikutnya adalah bau tidak sedap pada kucing. Virus ringworm tersebut akan membuat kulit menjadi berbau tidak enak, kemerahan dan ruam. Tentu saja baunya sangat mengganggu kita lah! Apa lagi jika kucing jamuran parah, pasti baunya akan lebih menyengat.

  5. Bulunya Botak

    Karena bulu kucing gampang rontok saat penyakit jamur menyerang. Kemungkinan besar kucing mengalami kebotakn akan sangat besar. Kebotakan akan dialami di sekitar kulit berjamur atau kulit yang ruam. Kucing Jamuran parah akan mengalami kebotakan yang lebih parah juga.

  6. Sering Menggaruk

    Penyakit jamur yang menyerang kulit kucing pasti terasa sangat gatal dan tidak nyaman. Pasti kucing juga akan sering menggaruk bagian-bagian yang terjangkit jamur tersebut. Segera tangani dan hindarkan kucing menggaruk berlebihan agar tidak semakin parah penangannya.

  7. Lemas

    Kucing yang terjangkit penyakit jamur akan merasa malas melakukan aktifitas karena capek menggaruk sepanjang hari. Ia akan memilih tidur dari pada beraktifitas seperti biasa. Tak jarang juga kucing menjadi lebih tidak nafsu makan.

Baca Juga :   Cara Membuat Kucing Gemuk dan Besar

Nah begitu ciri-ciri kucing jamura parah. Kita memang harus mengenali ciri-ciri kucing jamuran terlebih dahulu sebelum mengobatinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih kucing jamuran parah juga dapat menyebabkan kematian. Setelah mengetahui ciri-ciri kucing jamuran parah kita juga harus mengetahui penyebab kucing jamuran parah agar penyebabnya bisa dihindari.

Penyebab Kucing Jamuran Parah

Apasih penyebab kucing jamuran? Dimana-mana jamur muncul karena lingkungan yang tidak higienis. Lingkungan yang tidak bersih dan lembab juga berkemungkinan besar menyebabkan penyakit jamur. Virus Ringworm salah satunya.

Virus ringworm akan muncul jika tempat dirasa kotor dan tidak higienis. Kucing yang kotor dan jarang dimandikan akan lebih mudah terkena virus ringworm yang akan menyebabkan jamur ini. Bulu kucing akan menjadi gimbal dan gampang rontok.

Jamur ini juga dapat menular ke kucing lain sehingga kita harus memisahkan kucing sehat dan kucing berjamur agar penularannya susah. Namun ada beberapa yang percaya bahwa jamur kucing bisa menular ke manusia! Jadi hati-hati ya saat mengobati kucing berjamur.

Mengobati Kucing Jamuran Parah

Setelah penyebab dan ciri-ciri kucing valid. Maka saatnya untuk mulai mengobati kucing jamuran! Setelah yakin jika kucing terjangkit jamur kita harus cepat-cepat mengobati kucing agar tidak semakin parah karena kucing jamuran parah sudah sulit di obati dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar agar kucing cepat pulih.

  1. Bersihkan Kandang Kucing

    Karena jamur kucing hadir di lingkungan yang tidak bersih maka kita harus membersihkan kandang terlebih dahulu.Bersihkan kandang dengan vacuum cleaner atau dengan mencuci kandang. Setelah itu jngan lupa untuk menjemur kandang dibawah terik matahari agar kumannya cepat mati.Jangan lupa untuk menyemprotkan desinfektan untuk memastikan semua kuman mati.

  2. Mandikan Kucing dengan sulfur atau belerang

    Sulfur dan Belerang dikenal dapat membunuh jamur-jamur yang ada di kulit manusia dan hewan. Gunakan belerang atau sulfur 0.5 sampai 5%. Cara penggunaannya sama seperti saat menggunakan shampoo pada kucing. Atau bisa juga dengan menyemprotkan cairan sulfur tersebut ketubuh kucing agar lebih mudah.

  3. Menggunakan Obat Minum

    Ada beberapa jenis obat komsumsi yang dapat di konsumsi saat kucing jamuran. Salah satunya Itraconazole, Ketoconazole, dan Fluconazole. Penggunaan obat ini sangat gampang karena cukup menyampurkan obat ke makanan atau minuman kucing agar di konsumsi oleh kucing. Namun takarannya harus sesuai dengan prosedur dokter ya!

  4. Salep

    Jika obat minum membantu menyembuhkan jamur dari dalam maka salep akan membantu menyembuhkan jamur dari luar. Oleskan saja salep ke bagian tubuh kucing yang ada jamurnya. Jamur pada Kucing jamuran parah biasanya sudah menyebar dan gampang dilihat sehingg akita tidak perlu mencari-cari.Bisa juga mengolesi jamur pada kucing dnegan minyak kelapa.

  5. Olesi Minyak Tawon

    Minyak tawon bisa loh membantu mengeringkan jamur pada kucing tanpa merasa terbakar! Karena minyak tawon memberikan sedikit rasa panas dari pada minyak-minyak yang lainnya. Namun harus mengoleskan secukupnya dan merata agar minyak tawon bekerjan dengan optimal.

  6. Berikan Vitamin Tambahan

    Saat kucing sakit maka daya tahannya juga menurun. Dengan memberikan vitamin pada kucing akan membantu menjaga daya tahan tubuh kucing sehingga menghindari penyakit lain untuk masuk.

Bagaimana? Sudah mengerti ciri, penyebab dan car mengobati kucing yang ampuh? Kalian harus cepat-cepat mengobati kucing jamuran parah sebelum jamurnya merembet sampai kemana-mana! Jika jamur sudah meluas maka akan semakin lam adan sulit juga untuk mengobati sang kucing. Kita juga akan membutuhkan tenaga dan uang ekstra.

Baca Juga :   Makanan Yang Berbahaya Bagi Kucing

Maka dari itu kita harus menjaga selalu kebersihan lingkungan, kandang dan kucing itu sendiri agar terhindar dari penyakir jamur dan penyakit lainnya. Jangan lupa untuk selalu membersihkan kandang si kucing minimal seminggu sekali, memandikan kucing 1-2 kali seminggu dan rutin membersihkan rumah.

Posted in Perawatan Kucing

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *