Ciri Kucing Sakit Mata

10 Ciri Kucing Sakit Mata

Ciri Kucing Sakit Mata – Kucing merupakan binatang peliharaan yang paling disukai setelah anjing. Dengan meongannya yang lucu dan wajahnya yang menggemaskan, kucing mampu mengambil hati calon-calon pemiliknya. Kucing memiliki tingkah yang sangat lucu dan cocok menjadi teman bermain anak kecil.

Meskipun banyak sekali yang memelihara kucing, namun belum tentu mereka dapat merawat kucing dengan baik. Ada kalanya kucing sakit seperti sakit mata namun anda tidak sadar. Sebelum sakit mata pada kucing lebih parah, pahami ciri-ciri kucing yang sedang sakit mata. Artikel Kucing Sakit Mata telah membahas banyak hal tentang sakit mata pada kucing. 

Ciri Kucing Sakit Mata

Ciri Kucing Sakit Mata
Image Source. arenahewan.com

Penyakit mata pada kucing cukup beragam, namun sama-sama membuat sang kucing menjadi kesakitan. Sedih bukan jika kucing kita sedang sakit? Selain itu jika tidka cepat-cepat di tangangi kucing akan rewel bahkan bisa menyebabkan kucing stres. Yuk simak ciri-ciri kucing sakit mata!

  1. Ada Kotoran Mata

    Coba perhatikan kucing anda, jika terdapat kotoran atau belek di matanya bisa dipastikan bahwa kucing terjangkit penyakit mata. Penyakit mata ini akan menyebabkan iritasi dan membuat mata bengkak jika tidak cepat-cepat ditangani.

  2. Mata Kecil Sebelah

    Kejadian ini disebabkan oleh bakteri bernama chlamydia, sehingga salah satu mata kucing akan berukuran lebih kecil dan tidak simetris. Lama kelamaan penyakit ini akan menyebabkan mata kucing menonjol keluar, bahkan tidak hanya satu mata namun kedua mata kucing akan terlihat seperti keluar.

    Anda bisa menanganinya dengan memberikan obat antibiotic atau obat tetes mata pada kucing.

  3. Mata Merah Muda

    Atau lebih sering di kenal dengan konjungtiva, biasanya mata kucing akan terlihat membenkak dan berair. Konjungtiva diakibatkan oleh bakteri atau virus karena alergi. Penyakit ini dapat menular dan kucing juga akan lebih rewel karena kesakitan.

    Berikan obat tetes antibiotik selama 2-3 hari. Jika dibiarkan, penyakit ini dapat menyebabkan iritas pada kucing dan membuatnya bertambah parah.

  4. Tidak Mau Terkena Cahaya

    Jika kucing anda tidak mau tersorot cahaya, segera pastikan dan cek bahwa mata kucing tidak berair dan tidak ada cacing halus dimatanya. Jika ada, cepat-cepat bawa ke dokter hewan atau petcare terdekat. Ini merupakan gejala mata cacing yang sangat mematikan dan dapat mengakibatkan kerusakan parah pada mata kucing.

    Cacing yang hinggap di mata kucing dapat berubah menjadi penyakit peradangan yang parah. Segera bawa ke dokter agar di suntikkan ivermectin yang tepat.

  1. Berair dan Setengah Menutup

    Mata kucing yang terkena painful eye akan terus berair da juga steengah menutup karena penyakit mata ini disebabkan oleh cidera kornea seperti glukoma dan uveitis.

    Jika dibiarkan, penyakit ini akan semakin parah. Kasihan sang kucing.

  2. Terdapat Selaput Putih

    Hampir sama seperti penyakit manusia yaitu katarak mata yaitu terdapat selaput mata pada mata, kucing dengan selaput putih di mata tandanya sedang terjangkit sakit mata. Selaput tersebut disebabkan oleh bakteri dan virus. Tentu ini akan membuat penglihatan kucing terganggu.

  3. Benjolan Pada Mata

    Jika anda memergoki adanya benjolan di sekitar mata kucing dan trus membesar, sangat jelas bahwa kucing anda terkena tumor mata. Tumor adalah penyakit yang paling berbahaya dan membuthkan biaya yang banyak untuk mematikannya.

    Karena mahalnya pengobatan untuk tumor mata kucing, kebanyakan majikan memberi kucing serbuk kulit manggis di makanannya. Caranya dengan mencampur serbuk manggis ke makanan kucing.

  4. Nafsu Makan Menurun

    Beberapa penyakit mata eperti Feline Herpesvirus mengganggu nafsu makan kucing, jika penyakit ini sudah parah akan menjalar hingga tenggorokan kucing. Penyakit ini bisanya di jangkit oleh kucing anakan. Untuk mengatasinya anda cukup bawa kedokter untuk di berikan obat atau suntikan. Anda juga dapat membeli salep di apotek terdekat.

  5. Mata Kucing Kering

    Penyakit yang satu ini sangatlah berbahaya jika tidak di tangani. Saluran air pada mata kucing akan tersumbat karena bakteri Nasolacrimal Occlusion, akibatnya mata kucing menjadi kering dan mudah iritasi.

    Cukup tetesi obat tetes pada mata kucing secukupnya.

  6. Mata Cekung

    Biasanya jika mata kucing terlihat cekung itu tandanya ia sedang sakit mata. Penyakit ini cukup parah bila dibiarkan, karena akan menyebabkan tumor atau dehidrasi. Mata cekung merupakan penyakit mata yang dapat mengundang penyakit mata lainnya yang lebih akut.

    Tangani kucing sebaik mungkin dengan memberinya air minum bersih yang cukup. Mata cekung biasanya terjadi karena kurangnya cairan dalam tubuh dan menyebabkan dehidrasi.

Ciri-ciri kucing sakit mata
Image Source. kucingpedia.com

Demikian artikel tentang ciri kucing sakit mata yang telah kami sampaikan. Banyak diantara kita yang sangat menyayangi kucing, maka dari itu rawatlah kucing sebaik mungkin karena kucing juga mempunyai hati dan perasaan. Kucing yang dirawat dengan baik akan menjadi penurut dan sayang kepada majikannya.

Yang kamu cari :

    ciri kucing sakit, kenapa mata kucing keluar selaput putih, kucing sakit mata sampai membesar, selaput mata kucing menutup setengah, tanda kucing sakit mata, tanda tanda sakit mata sama kucing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*