Ciri Kucing Jamuran

7 Ciri Kucing Jamuran

Ciri Kucing Jamuran – kucing merupakan hewan peliharan favorit selain anjing. Jadi kita akan banyak menemui kucing dijalan-jalan dan di kompleks perumahan. Banyaknya manusia yang memelihara kucing bukan berarti mereka selalu sigap dengan penyakit kucing. 

Banyak yang tidak tahu tentang penyakit yang diderita kucing, salah satunya adalah jamur. Meskipun penyakit ini wajar bagi kucing, tapi bukannya kasihan jika kucing menderita karena penyakit ini bukan? Cara mengetahui penyakit pada kucing jamuran dengan terlebih dulu mengetahui ciri-cirinya.

Ciri Kucing jamuran

Ciri Kucing jamuran
Image Source. https://satriabajahitam.com

Banyak hal yang harus diperhatikan jika kamu memelihara kucing. Salah satunya adalah mengetahui fisik kucing. Mengetahui ciri-ciri kucing yang sedang terkena jamur juga penting.

  1. Bulu Rontok

    Kucing yang terkena jamur akan mengalami rambut rontok yang sangat parah. Kerontokannya akan menyebabkan kebotakan pada kucing. Kulit yang terkena jamur juga akan mengalami iritasi dan menjadi sangat kering.

  2. Ruam

    Di kulitnya akan muncul ruam yaitu bercak berwarna kemerahan di bawah bulu sikucing. Ruam ini dapat menyebabkan iritasi jika terus digaruk dan dibiarkan begitu saja.

  3. Bau

    Bau yang tidak sedap juga menjadi ciri-ciri yang menonjol jika kucing terkena jamur. Virus ringworm akan menyebabkan kulit menjadi berbau tidak sedap dan kemerahan. Tentu sngat mengganggu bagi kita kan?

  4. Kuku Kucing Berwana Cokelat

    Jika virus ringworm ini sudah menyebar di tubuh kucing maka kemungkinan kuku kucing akan menjadi lebih tebal dan berubah warna menjadi ke kuningan atau coklat. Kuku tersebut akan mudah sekali patah.

    Namun jangan khawatir, karena kuku yang baru akan tumbuh normal kembali jika kucing sudah sembuh dari jamur.

  1. Lemas dan Tidak Mau Makan

    Kucing yang terkena penyakit jamur umumnya akan malas beraktifitas kerena Lelah menggaruk sepanjang hari. Nafsu makannya pun akan berkuran karena terkena radang pada tenggorokannya sehingga sulit menelan.

  1. Botak Pada Bulu

    Karena bulu-bulu kucing akan rontok saat terkena jamur, maka kemungkinan bulu kucing akan mengalami kebotakan disekitar kulit yang berjamur dan ruam.

  2. Sering Menggaruk

    Ciri yang lainnya dalah kucing akan menjadi sering menggaruk tubuhnya. Jika anda mendapati kucing anda menggaruk bagian yang sama terus-menerus segera periksa bagian itu!

Penyebab Kucing Jamuran

Anda pasti bertanya-tanya, apa sih penyebab jamur pada kucing? Jamur pada kucing biasanya disebabkan oleh faktor lingkungan. Kandang atau tempat bermain yang kotor akan memicu adanya virus ringworm yang akan menyebabkan tumbuhnya jamur di tubuh si kucing. Rajin-rajin lah untuk membersihkan lingkungan tempat kucing tinggal.

Pada dasarnya penyakit jamur menular untuk kucing, pastikan untuk memisah kucing yang berpenyakit jamur dan yang sehat agar penularan tidak bertambah banyak.

Bahkan benyakit ini juga dapat menular ke manusia, jadi anda harus hati-hati menanganinya agar tidak ikut tertular virus ringworm ini. Jangan sering-sering memegang jamur pada tubuh si kucing ya!

Cara Pengobatan Jamur Pada Kucing

Kucing nya jamuran
Image Source. https://hanyakori.wordpress.com

Pengobatan yang paling ampuh untuk mengobati kucing jamur adalah dengan mengoleskan salep atau krim pada kucing. Salep yang mengandung sulfur membantu mengobati jamur agar tidak tumbuh. Bahan aktif yang terkandung di dalamnya akan membantu membersihkan jamur.

Jika penyakit jamur masih tergolong ringan, dapat di beri alternatif seperti betadine dan menggunakan spray agar lebih praktis. Semprotkan di area yang terkena jamur. Pastikan untuk mengobati kucing ketika badan sikucing sedang kering ya!

Anda juga bisa loh menggunakan  minyak tawon untuk mengobati kucing yang terinfeksi jamur. Oleskan saja minyak tawon tepat di are kucing yang terkena jamur itu. Lakukan secara berkala agar kucing sembuh dengan cepat. Penggunaan obat khusus yang dicampur pada makanan kucing juga membantu mengobati kucing dari jamur yang membandel.

Begitulah cara merawat kucing yang terkena penyakit jamur. Semua cara penyembuhan akan lebih manjur jika dilakuan dengan tekun dan sabar karena mengobati sudah tidak bisa instan lagi. Jika kondisi kucing semakin parah dan tidak kunjung sembuh maka segeralah rujuk ke dokter hewan untuk perawatan yang lebih intensif. Yang pasti, jagalah lingkungan tetap bersih agar kucing terhindar dari segala macam penyakit.

Yang kamu cari :

    ciri kucing jamuran

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*