13 Ciri-Ciri Kucing Hamil Dari Sumber Yang Terpercaya

Ciri Ciri Kucing Hamil – Masa kehamilan kucing biasanya akan berlangsung kurang lebih 9 minggu, dan ciri-ciri kucing hamil 1 minggupun sudah mulai terlihat dari perubahan fisik dan perilaku segera setelahnya. Jika Anda tahu cara untuk mengetahui ciri-ciri kucing hamilbeserta perubahanya tersebut, maka hal itu dapat membantu Anda untuk menentukan apakah kucing Anda betul-betul hamil.

Tentu saja cara terbaik untuk mengetahui ciri-ciri kucing betina hamiladalah dengan membawa kucing Anda ke dokter hewan.

ciri ciri kucing hamil
Gambar kucing hamil

Namun jika Anda adalah seorang pembika kucing profesioanl, maka sebaiknya kucing Anda dimandulkan saja agar tidak terjadi masalah serius akibat kelebihan populasi kucing. Karena terkadang kelebihan populasi kucing akan mengakibatkan banyaknya kucing-liar yang harus disuntik mati.

Ciri-Ciri Kucing Hamil

Untuk mengetahui ciri-ciri kucing hamil, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apakah kucing Anda subur atau tidak. Jika kucing Anda subur dan dia baru saja mengalami masa birahi, maka kemungkinan itu adalah salah satu ciir-ciri kucing hamil muda.

Biasanya kucing betina akan menjadi lebih aktif secara seksual pada waktu musim semi dan musim gugur atau saat waktu siang lebih panjang dan udara jauh lebih hangat. 

Kucing betina dapat memulai siklus birahinya pada saat udara menjadi lebih hangat serta tubuhnya sudah mencapai 80% berat badan ukura kucing dewasa.

Jika sudah sampai di tahap ini, maka pada umumnya kucing betina sudah bisa merasakan birahi pada usia empat bulan.

Perhatikan juga perilaku kucing saat kawin. Pada saat kucing mengalami birahi, maka si meong akan menunjukkan perubahan perilaku secara jelas agar dapat menarik perhatian kucing lain selama 4 hingga 6 hari. Saat kucing Anda mengalami birahi pada awalnya dia akan tampak lebih manja, berperilaku gelisah, lebih napsu makan, serta mulai mengeluarkan suara rendah.

Si meong juga akan lebih sering mengeong terus-menerus dan kehilangan napsu makannya saat birahi.Tanda-tanda lain kucing Anda sedang birahi adalah dia akan menjadi lebih manja terhdapa orang-orang di sekitarnya, dia akan mengangkat pantatnya, berguling, atau mengarahkan ekornyake samping dengan kaki belakangnya.

Pahami juga dampak jika kucing Anda birahi. Saat kucing birahi maka pengaruhnya akan jauh lebih besar daripada sekedar berperilaku yang aneh-aneh, karena kucing Anda bisa saja bukan birahi, namun hamil.

Nah, jika Anda mengetahui bahwa kucing Anda birahi, maka salah satu akibatnya adalah kehamilan. Hal ini pun juga salah satu dari ciri-ciri kucing hamil pertama.

Satelah masa birahinya selesai, biasanya kucing akan masuk ke dalam masa tenang yang akak berlangsung selama 8 hingga 10 hari. Pada periode itu biasanya perilakunya akan lebih tenamg.

Setelah masa tenang selesai, kucing akan masuk ke dalam masa birahi lagi yang akan berlanjut selama bulan April sampai Spetember.

Di saat seperti inilah Anda harus mencegah kucing Anda mengalami kehamilan yang tidak diharapkan dengan cara memandulkan kucing Anda segera saat usianya sudah siap.

Ciri-Ciri Kucing Setelah Kawin

  1. Puting yang membesar.
    Biasanya sekitar 15 hingga 20 hari kehamilan, puting kucing betina akan terlihat memerah dan membesar. Ciri-ciri ini juga merupakan salah satu ciri-ciri kucing hamil 1 bulan. Payudaranya juga akan lebih besar dan kadang air susu akan keluar dari dalamnya. Namun puting yang membesar juga merupakan salah satu tanda-tanda birahi, jadi perlu diingat bahwa puting membesar bukan hanya tanda-tanda kehamilan.
  2. Perhatikan juga apakah ada bentuk menyerupai keledai kecil.
    Amati si meong dari ujung kepala hingga ekornya, punggung kucing yang sedang hamil akan tampak melengkung dan bagian perutnya akan menggembungd dan sedikit membulat. Salah satu ciri-ciri kucing hamil tuaadalah tubuhnya akan berubah bentuk menyerupai keledai kecil. Pada saat kucing hamil pun mereka akan mengalamai kenaikan berat badan dan tubuhnya akan membesar di seluruh badannya termasuk perut, kaki, dan leher. Hal ini juga berlaku untuk ciri-ciri kucing Persia medium hamil.
  3. Ciri-ciri kucing hamil dan akan melahirkanadalah perilaku bersarang. Si meong akan mulai menunjukkan perilaku bersarang beberapa hari sebelum dia melahirkan. Kucing Anda akan menjauh dari keramaian dan mulai suka nongkrong di tempat yang sepi seperti lemari. Dia juga mulai menata selimut, handuk, atau kain lainnya untuk tempat melahirkan anak-anaknya. Jika Anda sudah menyadari perilaku bersarang seperti ini, maka sabaiknya segeralah bawa si meong ke dokter hewan agar kehamilannya dapat diperiksa sebelum dia melahirkan.

Cara Merawat Kucing yang Hamil

  1. Jika Anda menduga bahwa kucing kesayangan hamil, maka segeralah bawa dia kedokter hewan. Dokter hewan pasti bisa memastikan adanya kehamilan serta memberikan Anda tips bagaimana cara merawat kucing Anda. Tanyakana bagaimana cara merawat kucing yang hamil dan apa saja yang perlu dipersiapkan pada saat kelahiran anak kucing pada dokter hewan.
  2. Minta kepada dokter hewan untuk memeriksa perut kucing Anda pada saat usia kehamilan mencapai 17 hingga 25 hari karena pada saat itulah dokter hewan yang professional bisa merasakan adanya embrio pada kucing Anda.
  3. Jangan pernah untuk mencoba merasakan embrio kucing sendiri. Karena jika Anda salah memeriksanya, tekanan yang Anda berikan bisa menyebabkan keguguran pada si meong. Itulah sebabnya Anda butuh dokter hewan untuk memeriksanya.
  4. Minta juga pemeriksaan USG. Jika doketr hewan masih tidak yakin walaupun sudah merasakan adanya embrio pada kucing Anda,maka ia bisa menggunakan USG untuk menentukan apakah si meong positif hamil atau tidak. Dan jika memang kucing Anda hamil, tanyakan berapa anak yang sedang dikandungnya.
  5. Lewat alat USG pula dokter hewan bisa mendeteksi denyut jantung pada janin kucing saat usainya sudah mencapai 20 hari kehamilan.
  6. Pada saat usia kehamilan mencapai 45 hari, mintalah dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan dengan menggunakan sinar-X. Pada usia tersebut kerangka janin kucing bisa dilihat. Pemeriksaan dengan sinar-X juga bisa menegaskan kehamilan dan menentukan berapa jumlah janin yang dikandung kucing Anda.
  7. Biasanya dokter hewan akan mengambil dua gambar sinar-X sehingga dokter dapat melihat perut dan menghitung janin si kucing. Dari gambar sinar-X pula dokter dapat memeriksa kemungkinan masalah janin lainnya.
  8. Perlu diketahui bahwa pemeriksaan sinar-X tidak akan menyakiti kucing dan janinnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir.
  9. Dibandingkan dengan USG, pemeriksaan menggunakan sinar-X akan lebih bagus untuk menentukan jumlah janin yang dikandung kucing Anda.
  10. Saat kucing Anda hamil, maka sebaiknya hindari pemberian obat cacing, vaksinasi, atau obat apa pun. Terutama vaksin yang dapat berbahaya bagi induk dan janin kucing pada masa kehamilan. Namun jika Anda ingin memberi obat, maka peru berkonsultasi pada dokter hewan.

Demikian ciri-ciri kucing hamilbeserta cara merawatnya. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua.

Artkel Kucing Yang Kamu Cari :

Tags: