Cara Merawat Kucing Hutan Agar Jinak

Cara Merawat Kucing Hutan Agar JInak

Cara Merawat Kucing Hutan Agar Jinak – Kucing memang terkenal mempunyai banyak jenis dan ras, dan yang paling populer diantara catlovers adalah kucing ras anggora dan kucing ras persia. Banyak sekali diantara catlover yang memelihara kucing ras tersebut karena dinilai lebih mudah merawatnya ketimbang kucing ras yang lainnya.

Tapi tahu tidak bahwa dari banyaknya ras kucing, terdapat satu ras kucing yang berasal dari Indonesia dan masih jarang di ketahui karena langka? Yep, ras Kucing Hutan! Karena corak dan warna bulu si kucing hutan yang unik, banyak loh yang mengira kucing hutan adalah bayi dari macan tutul, namun ternyata mereka hanyalah kucing hutan biasa. Dan disini kita akan membahas cara merawat kucing hutan agar jinak sehingga aman untuk di pelihara.

Cara Merawat Kucing Hutan Agar Jinak

Cara Merawat Kucing Hutan Agar Jinak
Image Source. https://www.iucnredlist.org

Pertama-tama anda harus dulu mngetahui bahwa kucing hutan merupakan kucing liar yang habitatnya sangat luas di hutan sana. Karakteristik kucing hutan juga sudah pasti periang, aktif dan pemberani. Kucing hutan yang paling populer adalah kucing hutan kaliman dan kucing hutan jawa, loh! Kucing hutan juga memiliki postur yang lebih tegap, ramping dan memiliki kaki yang panjang.

Kucing hutan sangat diminati karena coraknya yang sangat uniq hampir sma seperti macan. Semenjak itu banyak catlovers yang mencari kucing hutan untuk dipelihara, namun ternyata tidak semudah itu ditaklukan! Bagaimana cara merawat kucing hutan agar jinak yang baik sehingga tidak akan menggigit kita? Lebih baik kita baca dulu artikel di bawah ini!

  1. Bantu Kucing Adaptasi

    Cara yang paling ampuh untuk menjinakkan kucing adalah dengan memberi waktu kucing untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Pasti beda dong rasanya hidup di hutan yang luas lalu tiba-tiba sudah hidup di rumah majikan, atau malah parahnya di dalam kandang? Anda juga harus memperhatikan si kucing hutan dan jangan sekali-kali mengurung kucing hutan tersebut di kandang yang sempit, pilih kandang yang luas ya!

  2. Jam Makan dan Makanan Kucing Hutan

    Kucing Hutan umunya memang lebih aktif di malam hari. Meski di siang hari kucing sudah diberi makan, sifat asli mereka yang lebih aktif di malam hari tidak sepenuhnya hilang. Maka dari itu kita juga harus menyiapkan makanan kucing untuk dimakannya di malam hari. Kucing hutan juga terbiasa memakan daging, jadi cara merawat kucing hutan agar jinak juga bisa dengan cara memberinya daging matang. Daging yang mentah akan memicu sifat agresif si kucing hutan.

  3. Beli Kandang yang Luas

    Terbiasa di hutan yang luas, kucing hutan akan mudah stres jika kita letakkan di dalam kandang yang sempit. Berilah kandang yang luas dan tinggi lalu beri tempat untuk kucing melompat dan memancat. Beberapa jenis kucing hutan mempunyai kebiasaan memanjat pohon dan lebih sering melakukan aktifitas di atas tanah.

  4. Sering Berinteraksi dengan Kucing

    Penciuman kucing hutan lebih sensitif dari pada kucing biasa. Karena habitat aslinya adalah hutan liar, maka kemampuan bertahan hidupnya pun tinggi dan tajam. Mereka dapat dengan cepat mengenali bau musuh dan koloninya sendiri. Nah, kucing hutan jadi dapat dengan cepat mengenali bau badan kita sebagai majikan mereka loh, namun pendekatannya memang dinilai susah. Ya pendekatan mana coba yang tidak susah?

  5. Mandikan Kucing

    Jika mendekati kucing hutan terasa susah sekali, cobalah dengan cara memandikan si kucing. Jangan takut ya, Kucing Hutan tidak akan rewel saat diajak mandi karena banyak kucing hutan yang tidak takut air atau bahkan sangat suka mandi dan bisa berenang loh! Karena di hutan pasti mereka kebingungan ya bagaimana cara meneduh saat hujan?

  6. Suapi si Kucing Hutan

    Selanjutnya cara merawat kucing hutan agar jinak yang banyak membantu adalah dengan menyuapi si kucing langsung dengan tangan. Kucing yang di suapi langsung dengan tangan akan lebih menyadari bahwa majikannya akan merawatnya dengan baik dan mencukupi kebutuhn-kebutuhan kucing tersebut.

  7. Gendong dan Manjakan

    Kucing hutan yang agresifnya telah berkurang biasanya akan mudah di dekati. Untuk mempercepat pendekata pada kucing hutan cobalah sesekali mengendong atau memangku si kucing, jangan lupa untuk memanjakan seperti menyisirkan bulu-bulunya atau mengelus si kucing. Lama-lama kucing hutan akan terbiasa dengan gendongan dan pangkuan dari majikannya dan agar menjadi jauh lebih manja dari pada yang sebelumnya.

  8. Ajak Kucing Bermain

    Cara ini memag banyak di pakai catlovers untuk memanjakan kucing-kucing yang baru di adopsi. Dengan mengajak kucing bermain, akan membangkitkan rasa senang kucing dana juga membuat kucing lebih manja kepada majikannya. Biarkan kucing memanjat atau melompat kesana kemari agar kucing tidak stres. Anda juga bisa mengajak kucing jalan-jalan di luar rumah untuk memperlihatkan suasana baru bagi kucing dan kucing pun tidak cepat jenuh.

  9. Jauhkan Dari Hewan Liar

    Naluri kucing hutan yang liar dan bebas akan mudah di bangkitkan kembali jika bertemu hewan yang sama liarnya. Naluri liar tersebut akan bangkit di karenakan rasa ingin bertarung tinggi atau merasa tertantang dengan hewan liar tersebut. Sehingga kucing hutan kita pun akan menjadi agresif dan susah lagi di jinakkannya.

  10. Biarkan Kucing Mengenal Isi Rumah Barunya

    Mengurung kucing memang tidak baik dan sangat tidak disarankan, anda disarankan untuk membebaskan kucing berkeliling rumah anda agar kucing dapat dengan cepat mengenali tempat tinggalnya yang baru. Jangan kaget ya karena mungkin si kucing akan memanjat perabotan anda. Namun, kucing yang sehat memang di percaya dapat memanjat sesuatu yang tinggi seperti pohon. Jangan khawatir!

  11. Rutin memberihkan Kandang

    Kucing hutan di percaya mempunyai fisik yang gampang terkena penyakit ketika masih bayi. Jika anda memelihara kucing utan yang masih kecil, usahakan untuk rutin membersihkan kandang kucing agar si kucing jauh dari penyakit dan tetap sehat dan fit. Jangan lupa untuk memberi vitamin tambahan untuk membantu menguatkan daya tahan tubuh kucing.

Kucing Hutan Kalimantan
Gambar Kucing Kalimantan Image Source. bbc.com

Jadi begitu cara merawat kucing hutan agar jinak yang dapat kami olah agar dapat di baca oleh anda. Kucing hutan sudah banyak di budidayakan agar tidak punah di berbagai negara di Dunia. Ada beberapa spesies kucing hutan yang telah punah di alam liar, itu sebabnya nda harus merawat kucing hutan dengan sepenuh hati. Selain biaya adopsinya mahal, kucing hutan juga memiliki keunikan yang lebih menonjol dari pada kucing ras lainnya.

Kucing hutan di Indonesia yang paling terkenal adalah Macan Dahan Kalimantan dan Kucing hutan Jawa. Corak mereka sangat khas, apa lagi untuk kucing hutan kalimantan yang mempunyai corak mirip dengan macan tutul tersebut. Bahkan kucing hutan jawa juga memiliki fisik yang lebih besar dan kekar dari pada kucing kampung biasa. Namun, kucing hutan jawa tidak dianjurkan untuk di pelihara karena sifatnya yang snagat liar dan ganas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*