Cara Menyembuhkan Kucing Sakit Mata

βœ” 16 Cara Menyembuhkan Kucing Sakit mata πŸ‘€πŸ‘πŸ‘

Cara Menyembuhkan Kucing Sakit Mata – Setekah membaca artikel tentangΒ Kucing Sakit Mata, anda pasti ingin tahu kan, cara menyembuhkan kucing yang sedang sakit mata? Kucing yang sedang sakit mata harus segera di obati karena akan menjadi parah jika dibiarkan begitu saja.

Bagi catlovers, sakit yang diderita si kucing akan menimbulkan kecemasan. Untuk itu sebagai tuan dan pemilik kucing kita harus mengetahui cara alternatif dan petolongan pertama saat kucing mengalami sakit, terlebih itu adalah sakit mata.Β 

Cara Mengobati Kucing Sakit Mata

Cara Menyembuhkan Kucing Sakit Mata
Cara Menyembuhkan Kucing Sakit Mata –Β Image Source. www.catlovers.id

Sebenarnya membawa kucing di klinik hewan merupakan pilihan yang paling tepat karena kucing akan di tangani oleh ahlinya. Namun, anda juga harus bisa menangani kucing dengan pertolongan pertama. Dan pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah dengan memperhatikan gerak-gerik dan fisik kucing terutama matanya. Pengobatan alternatif juga akan mengehemat pengeluaran si kucing loh!

Pengobatan Alternatif Alami

  1. Air Garam

    Semua orang sudah tahu bahwa air garam mengandung zat yang dapat membunuh kuman, bakteri dan virus. Air garam bisa menjadi alternatif yang bagus untuk mengobati mata kucing yang berair dan belekan. Membersihkan dengan air garam dapat mengeluarkan kotoran yang bersarang di mata kucing.

    Jangan lupa untuk membilas mata kucing dengan air biasa yang bersih dan berikan air garam secara teratur sampai kucing sembuh dari penyakitnya.

  1. Jus Lemon

    Lemon dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya penyakit mata ada kucing. Jus lemon sangat efektif untuk mengobati infeksi mata. Untuk penyakit mata lainnya, jus lemon kurang bekerja.
    Untuk mengaplikasikan jus lemon, caranya cukup mudah. Anda hanya harus menyampurkan 2sdm air dengan 5 tetes jus lemon. Tetesi mata kucing dengan kapas sebanyak 5 tetes dan dilakukan selama beberapa kali sehari.

  2. Cuka Apel

    Ada sebuah klinik di Amerika Serikat yang sudah mengaplikasikan cuka apel untuk pengobatan mata pada kucing. Dan ternyata, hasilnya si kucing pun cepat sembuh dari penyakit matanya, lho!

    Caranya sangat mudah karena hanya menyampurkan 1sdm cuka apel murni dan 1 sdm air lalu tetesi dengan kapas. Cuka apel sangat efektid menyembuhkan berbagai penyakit mata kucing.

  1. Teh Hijau

    Manfaat teh hijau bagi tubuh manusia memang sudah terbukti dari lama. Apalagi untuk diet, the hijau memang berkhasiat tinggi. Disisi lain, teh hijau ternyata sangat efektif untuk mengobati sakit mata ada kucing.

    Caranya mudah lho! Buat teh hijau tanpa gula lalu diamkan hingga dingin. Setelah itu bisa anda tetesi mata kucing dengan air teh hijau.

  1. Teh Chamomile

    Tidak hanya teh hijau! The chamomile juga berkhasiat untuk menyembuhkan infeksi dimata kucing. Dan tidak hanya dapat mengobati mata, teh chamomile dipercaya dapat menyembuhkan dan mengeringkan luka pada kucin.

    Rebus teh chamomile dan cukup diamkan hingga hangat, jangan lupa untuk menetesi mata kucing dengan dibantu kapas atau pipet. Anda bisa mengaplikasikannya sebanyak 3 tetes dan 2 hri sekali.

  1. Akar Dandelion

    Di negara barat, akar bunga dandelion sangat bermanfaat untu bermacam hal, salah satunya adalah menyembuhkan kucing sakit mata. Tanaman yang tumbuh liar di lapangan ini mengandung antioksidan yang tinggi dan juga citamin A, C dan beta karotin yang akan membantu menyembuhkan ginjal, hati dan organ dalam lainnya.

  1. Ekstrak Wheatgrass

    Di beberap klinik lokal dan internasional, wheatgrass sudah terkenal ampuh untuk mengatasi berbagai penykit pada hewan. Tak terkecuali untuk menyembuhkan sakit mata pada kucing! Sejak 1930, wheatgrass dipercaya memiliki vitamin A, E dan C, beta karotin dan bahkan hampir semua sifat antioksidan terdapat di wheatgrass ini.

  1. Blueberry

    Selain buah lemon dan apel yang dapat membantu menyembuhkan kucing sakit, ternyata blueberry yang memiliki kandungan flavonoid dan antioksidan juga dapat membantu menyembuhkan kucing sakit dengan cara menguatkan kapiler agar mata kucing kembali sehat.

  1. Vitamin A

    Fungsi vitamin A memang untuk merawat dan menjaga agar mata teta sehat. Vitamin A juga dapat dipakai untuk melindungi bola mata dari katarak, mata cekung dan lain-lain bagi kucing. Untuk mengobati kucing, utamakan memberinya vitamin A setidaknya 3 kali selama satu minggu.

  2. Vitamin E

    Katanya vitamin E sangat baik untuk kucing yang sudah tua dan rentan penyakit. Antioksidan yang terkandung di dalam vitamin E dapat membantu menyembuhkan penyakit pada kucing lho. Vitamin E juga dapat di berikan setiap hari.

Penyembuhan Dengan Obat-Obatan

Selain dengan menggunakan bahan-bahan alami, obat yang terdapat di klinik hewan juga baik untuk membantu kucing melawan sakit pada matanya. Berikut beberapa obat untuk menyembuhkan sakit mata kucing:

  1. Salep Tetrasiklin

    Banyak klinik hewan dan apotek yang menyarankan salep ini ketika anda mengeluhkan tentang penyakit mata ada si kucing. Obat ini memangfamiliar dikalangan perhewanan dan terkenal ampuh mengatasi penyakit mata hewan.

    Cara pengaplikasiannya hanya dengan membersihkan mata kucing dengan tisu basah atau dengan kain yang sudah dibasahi, lalu oleskan salep tetasiklin.

  1. Asam Borat

    Banyak yang menatakan bahwa asam borat dalam bentuk bubuk dapat mengatasi sakit mata pada kucing loh! Campurkan saja 1 sendok makan asam borat dengan 200 ml air panas. Setelah hangat, anda bisa menetesi mata kucing dengan bantan pipet atau kapas sebanyak 2 tetes di masing-masing mata.

  1. Antibiotik

    Obat Antibiotik memang terkenal untuk mengobati berbagai jenis masalah kesehatan. Antibiotik khusus hewan juga sama. Namun, untuk mengobati sakit mata pada kucing anda harus menggunakan antibiotic khusus sakit mata, dalam bentuk obat tetes, salep maupun untuk diminum.

    Khusus antibiotic minum, cukup campurkan saja ke makanan si kucing. Sementara untuk antibiotik obat tetes, utaman untuk menetesinya hati-hati dan jangan sampai menyentuh bola mata kucing langsung.

  1. Milk Thistle

    Selain dapat membantu menyebuhkan bulu yang rontok pada kucing, milk thiste ternyata dapat membantu menyembuhkan sakit mata ada kucing, lho! Milk thistle memang terbukti dapat mengatasi berbagai penyakit.
    Cukup berikan 1 kapsul milk thistle untuk sembuhkan sakit mata si kucing. Milk Thistle juga dipervaya dapat mendetoks hati bagi kucing-kucing.

  2. Lisin

    Virus herpes yang menyerang mata dapat diatasi dengan lisin. Lisin merupakan asam amino esensial yang bertugas menghambat kembang-biaknya virus. Saat bakteri dan virus terkena oleh lisin maka mereka tidak dapat berkembang lebih jauh lagi. Namun, usahakan untuk membeli lisin yang alami agar jauh dari lisin berbahan pengawet.

Pakaikan Elizabethan Collar

Elizabethan Collar
Elizabethan Collar Kucing Image Source. https://www.animalhearted.com/

Banyak yang sudah tau deh dengan benda yang satu ini. Collar sangat berguna untuk membantu menyembuhkan mata kucing yang sakit. Caranya hanya dengan memakaikan kucing collar tersebut agar kucing tidak sembaragan menggaruk matanya yang tengah sakit dan menghindari dari infeksi yang parah.

Nah segitu dulu ya berbagai cara untuk menyembuhkan kucing sakit mata yang bisa kami rangkum. Kucing yang sakit mata memang membutuhkan perhatian yang lebih karena jika dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan tumor ganas. Kasihan kan si kucing jika mengalami penyakit tumor?

Untuk mengehemat biaya pengeluaran nada dapat mencoba cara diatas. Namun jika dirasa kurang anda dapat membawa kucing kesayangan anda ke dokter hewan atau klinik terdekat agar ditangani oleh professional yang handal. Namun, pasti biayaya juga tidak sedikit, terlebih klinik hewan juga sudah langka dan obat-obatannya pun susah ditemukan di pasaran.

Yang kamu cari :

    air garam untuk mata belekan kucing, cara atasi kucing sakit mata tanpa ke dokter, vitamin untuk menyembuhkan mata kucing

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*