Cara Menjinakkan Kucing Galak

Cara Mudah Menjinakkan Kucing

Cara Menjinakkan Kucing Galak – Setelah membaca artikel Kucing Galak, pasti anda jadi takut memelihara seekor kucing. Mengadopsi kucing merupakan dambaan semua pecinta kucing. Bahkan ada beberapa yang mengadopsi kucing liar disamping mengadopsi kucing dari pet shelter. Diantara banyaknya pilihan untuk mengadopsi kucing pasti terdapat kucing-kucing yang galak namun menggemaskan dimata anda, bukan?

Bisa jadi anda sudah cocok dengan seekor kucing namun kucing itu sangat galak. Anda pun tidak ingin kucing yang lain dan hanya ingin kucing itu. Bagaimana caranya? Gampang kok! Jinakkan saja sang kucing.

Cara Menjinakkan Kucing Galak 

Cara Menjinakkan Kucing Galak
Image Source. japanesestation.com

Kucing berubah menjadi galak karena beberapa sebab, salah satunya suasana atau llingkungan yang baru saja ia kenal. Bahkan jika kucing sudah akrab dengan kalian, ia tetap akan berubah galak jika merasa asing dengan lingkungan barunya. Bertemu dengan banyak orang asing juga membuat sang kucing berubah agresif dan galak.

  1. Beri Kucing Nama

    Memberi nama untuk kucing menjadi hal yang wajib dilakukan. Kucing akan merasa spesial dan semakin nyaman dekat- dekat dengan anda. Anda juga dapat memanggilnya saat makan, bermain dan curhat pada kucing. Ini akan membuat kucing semakin jinak dan penurut.

  2. Ajak Kucing Jalan-jalan

    Ini langkah yang cukup penting untuk mempercepat proses penjinakkan. Kucing yang sedang beradaptasi dengan lingkungan baru cenderung lebih galak, oleh karena itu ajak kucing jalan-jalan di sekitar lingkungan barunya. Jangan kurung kucing di kendang agar ia cepat mengenali rumah barunya.

  3. Ajak Kucing Bermain

    Cara ini memungkinan kucing mejadi nyaman dan lebih akrab dengan kita. Kucing yang merasa nyaman akan menghilangkan sifat agresifnya sedikit demi sedikit. Karena sifat agresif mereka di picu oleh rasa ws-was oleh orang atau lingkungan yang baru dikenalinya.

  4. Rawat Dengan Baik dan Beri Makan

    Cara yang paling penting untuk menjinakkan kucing adalah memberi makan dengan teratur. Makanan merupakan hal wajib yang harus disiapkan. Buat si kucing bergantung pada anda sehingga ia akan lebih patuh dan tidak rewel. Jika anda menelantarkan si kucing, kucing tersebut akan semakin galak.

  5. Ajak Bicara

    Kucing yang sering diajak bicara akan semakin menempel kepada anda. Mereka akan merasa mempunyai teman dan semakin akrab dengan anda, beri perhatian pada kucing dan cobalah untuk bercerita kepada kucing. Itu akan membuat kucing diperhatikan dan aman.

  6. Latih untuk Buang Air

    Cara ini dilakukan agar kucing tidak buang air sembarangan saat di rumah. Kenali pola buang air pada kucing dan ajari ia untuk buang air di tempat yang udah disediakan atau di toilet. Bawa si kucing di bak pasir atau toilet jika memang sudah waktunya untuk buang air.

  7. Jangan Takut

    Untuk memulai menjinakkan kucing, jangan takut! Kucing dapat mengenali emosi anda, jadi jika anda takut si kucing akan sedih dan semakin agresif jika bertemu dengan anda. Kucing tidak akan menggigit jika anda tidak berlaku kasar pada mereka.

  8. Berikan Kandang Yang Nyaman

    Sedikit catatan, jangan pernah mencampur kucing jinak dengan kucing yang galak. Usahakan untuk memisahkan kandang mereka untuk meminimalisir perkelahian. Sediakan kandang untuk kucing baru yang galak dan beri ia perhatian lebih.

  9. Melakukan Kitten Trick

    Cara ini di kenal paling efektif utuk menjinakkan kucing galak karena akan melatih kucing untuk tidak mencakar sembarangan. Caranya cukup mudah yaitu dengan menaruh mainan kucing tepat diatas kepala sang kucing sehingga ia akan meraih mainan dengan kaki-kakinya.

  10. Sering Gendong Kucing

    Tidak hanya menggendong kucing, sering-sering lah untuk melakukan skinship dengan kucing karena akan membuat anda lebih akrab dengan si kucing. Kucing sangat suka di belai rahangnya, elus rahang kucing sampai ia mendengkur. Jika berhasil, kucing akan lebih manja terhadap anda.

  11. Tingkatkan Kepercyaan Diri Kucing

    Ini merupakan poin penting untuk menjinakkan kucing galak. Tingkatkan kepercayaan diri kucing dengan tidak membentak, memelototi bahkan berbuat kasar pada kucing. Manjakan si kucing dngan membelai atau mengusap-usap perut, rahang dan bulu-bulunya. Cara ini efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri kucing.

Demikian cara menjinakkan kucing galak yang sudah kami rangkum. Cara diatas dapat berlaku untuk semua jenis kucing yang galak. Semua akan lebih mudah jika anda telaten dan sabra. Jangan terburu-buru untuk menjinakkan si kucing karena jika caanya salah si kucing malah akan semakin galak dan tidak nyaman berdekatan dengan anda.

Selamat mencoba dan jangan putus asa ya! Semua usaha tidak akan mengkhianati hasil kok!

Yang kamu cari :

    rawat kucing galak

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*