Cara Mengobati Kucing Sakit Mata

16 Cara Mengobati Kucing Sakit Mata

Cara Mengobati Kucing Sakit Mata – Seperti yang telah di ulas dalam Kucing Sakit Mata, penyebab dan penyakit sakit mata pada kucing cukup bervariasi. Maka dari itu cara pengobatannya juga bervariasi sesuai penyebab dan penyakitnya. Kucing yang sakit mata juga harus cepat-cepat di tangani dengan baik agar tidak menimbulkan infeksi.

Kucing sakit memang menimbulkan cemas bagi kita si pemilik. Untuk itu kita harus tanggap saat mengetahui kucing kita sakit. Meskipun membawa ke dokter merupakan pilihan yang tepat, memberikan pertolongan pertama atau pengobatan alternatif juga perlu dilakukan!

Cara Mengobati Kucing Sakit mata

Cara mengobati Kucing Sakit Mata
Image Source. https://www.meongku.com

Setelah memperhatikan perilaku dan fisik si kucing yang dirasa kurang sehat, kita harus dengan tanggap mengobati kucing dengan pengobatan yang tepat dan cepat. Dan juga harus mengetahui ciri kucing sakit mata yang tepat Bersama penyebabnya.

  1. Berikan Salep Tetrasiklin

    Untuk kucing yang terjangkit infeksi mata, obat yang sering di gunakan untuk mengobati penyakit pata pada kucing. Obat ini cukup ampuh dan gampang di temukan di apotek atau dokter hewan terdekat. Cara penggunaannya mudah, anda cukup bersihkan mata kucing dari kotoran dengan tisu basah, selanjutnya oleskan salep tetrasiklin.

  1. Dengan Air Garam

    Air garam memang terkenal dapat membunuh kuman dan bakteri. Untuk mata kucing yang berair, anda dapat membersihkan nya dengan air yang sudah dicampuri garam. Dengan begitu kotoran akan dikeluarkan oleh air garam. Setelah itu bilas dengan air biasa dan lakukan secara teratur hingga sakit mata sembuh.

  1. Teh Hijau

    Siapa sangka teh hijau yang begitu digemari banyak orang ternyata memiliki banyak manfaat? Yap. Dan salah satunya adalah untuk mengatasi sakit mata pada kucing. Teh hijau bisa digunakan sebagai alternatif obat tetes mata kucing, caranya mudah loh.

    Anda hanya harus menyeduhnya biasa namun jangan diberi gula, lalu diamkan hingga dingin dan celupkan kapas. Tetesi mata kucing dengan air teh hijau dan beri secara rutin.

  1. Cuka Apel

    Di Amerika Serikat, sudah terbukti bahwa cuka apel dapat mengatasi penyakit mata pada kucing. Klinik tersebut hanya menyampur satu sendok makan cuka apel dan 1 sendok air. Lalu seperti saat menggunakan teh hijau, celupkan kapas dan oleskan ke mata si kucing yang terinfeksi. Cuka apel telah menyembuhkan mata merah, berair dan banyak lagi pada si kucing.

  1. Jus Lemon

    Selain cuka apel yang dapat membantu mengobati sakit mata pada kucing, jus lemon juga dipercaya dapat melakukannya. Namun, jus lemon digunakan hanya saat mata kucing infeksi saja, tidak bisa untuk sakit mata yang lain.

    Caranya cukup mudah, anda hanya harus menyampurkan 2 sendok air dengan 5 tetes jus lemon lalu celupkan kapas kedalamnya. Tetesi ke mata kucing sebanyak 4-5 tetes lalu lakukan dengan rutin.

  1. Teh Chamomile

    Seperti halnya teh hijau, teh chamomile dipercaya dapat digunakan untuk mengatasi infeksi pada kucing, tidak hanya di mata, bahkan untuk mengobati luka pun berguna.

    Yang harus dilakukan hanya dengan merebus 1 kantong chamomile dan diamkan hingga hangat. Celupkan kapas dan tetesi mata kucing secara tertaur 2-3 tetes setiap hari 2 kali.

  1. Bubuk Asam Borat

    Katanya, bubuk asam borat data digunakan untuk mengatasi sakit mata pada kucing, lho! Anda hanya perlu merebus 200ml air dan mencampurkannya dengan 1sdm asam borat. Diamkan hingga hanga dan etesi mata kucig yang sakit sebanyak 2 tetes. Lakukan dengan rutin 2 kali sehari ya!

  1. Ekstrak Wheatgrass

    Sudah banyak yang menggunakan wheatgrass untuk mengatasi penyakit pada hewan, lho! Wheatgrass juga sudah dipakai sejak 1930. Wheatgrass mengandung banyak manfaat seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein juga beta karotin. Bahkan hampir semua manfaat yg memiliki sifat antioksidan ada di dalam wheatgrass.

    Tidak hanya digunakan untuk mengobati mata kucing yang sakit, wheatgrass juga digunakan untuk merawat mata kucing secara menyeluruh loh!

  1. Akar Dandelion

    Banyak yang mengatakan bahwa akar dandelion dapat beguna untuk mengobati sakit mata kucing. Sebenarnya tanaman liar ini sudah lama di pakai untuk mengatasi sakit ginjal, hati dan semua organ dalam. Jadi untuk mengobati sakit mata di kucing sangatlah tepat.

    Akar dandelion mengandung antioksidan yang tinggi serta vitamin C dan A. bahkan mangandung Beta karotin yang baik bagi tubuh untuk menaikkan sirkulasi dan membuat jaringan retina menjadi kuat dan sehat.

  2. AntiBiotik

    Meskipun antibiotik sering digunakan untuk mengatasi jamur pada tubuh kucing, antibiotik juga ada yang khusus untuk mengobati sakit mata pada kucing loh. Banyak dokter hewan yang meresepkan antibiotik untuk kucing yang matanya sakit, mau obat salep atau pun obat tetes.

    Ada juga jenis antibiotik untuk dicampurkan ke makanan si kucing. Antibiotic umumnya digunakan 3 sampai 4 kali sehari. Jika antibiotik berupa obat tetes, tetes kan antibiotik agar jangan sampai ujungnya menyentuh mata.

  3. Milk Thistle

    Siapa sangka bahwa milk thistle dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan pada kucing? Saat bulu kucing rontok, milk thistle dapat membantu menyembuhkannya. Tidak terkecuali saat kucing mengalami sakit mata.

    Anda dapat memberikan 1 kapsul milk thistle pada kucing untuk menyembuhkan sakit mata yang sudah parah dan bisa untuk mendetos hati si kucing.

  4. Billberry / Blueberry

    Tidak hanya enak dan lezat. Buah satu ini bisa digunakan untuk mengobati panyakit mat apada kucing. Buah blueberry mengandung banyak antioksidan dan flavonoid yang dapat menguatkan kapiler dan mengurangi gumalan trombosit.

    Berikan seperempat kapsul setiap hari pada kucing hingga sembuh.

  5. Vitamin E

    Sangat baik diberikan untuk kucing yang sakit dan sudah tua. Vitamin yang banyak antioksidan yang ada pada vitamin E. berikan vitamin E setiap hari untuk kucing yang sedang sakit mata.

  6. Vitamin A

    Banyak yang sudah tau bahwa vitamin A sangat berguna untuk melindungi tubuh baik dari luar atau dalam. Vitamin A bagus untuk melindungi bola mata dari katarak dan banyak penyakit mata lainnya. Berikan kucing vitamin A sebanyak 3 kali selama satu minggu.

  7. Elizabethan Collar

    Meskipuun masih banyak yang asing dengan ini, collar sangat berguna untuk membantu mengobati penyakit mata pada kucing. Pelindung kepala kucing yang berbentuk kerucut ini berfungsi untuk mencegah kucing menggaruk matanya yang sakit agar tidak parah.

  8. Lisin

    Jika penyakit mata kucing anda disebabkan oleh virus herpes, maka gunakanlah lisin. Lisin adalah asam amino esensial yang dapat menghambat tumbuhnya virus. Saat sudah mengaplikasikan lisin maka virus tidak dapat lagi berkembang.
    Belilah lisin alami untuk kucing agar terhindar dari bahan pengawet.

Nah begitulah cara mengobati kucing sakit mata yang parah maupun tidak. Semua kucing yang sakit mata data diobati, jadi jangan panik. Jika anda tidak yakin untuk mengobati kucing anda sendirian, maka bawa lah kucing anda ke klinik hewan terdekat atau petcare yang ada di kota anda.

Yang kamu cari :

    dokter hewan cara obati mata kucing berair, mata anak kucing berair

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*