Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Mencret Secara Alami

Kucing memang menjadi salah satu hewan peliharaan yang digemari oleh banyak orang, termasuk anak kecil sekalipun. Tingkahnya yang unik dan menggemaskan seakan membuat orang ingin untuk memelihara hewan yang satu ini. Jenis kucing sendiri pun bermacam-macam, kucing anggora, Persia, dan Himalaya menjadi jenis yang paling sering dipelihara. Untuk mengurus hewan peliharaan seperti kucing memanglah tidak selalu mudah. Ada saat dimana kucing akan mengalami sakit baik itu sakit kulit ataupun pencernaan. Salah satu sakit yang sering dialami kucing yaitu mencret. Tapi, jika kamu memiliki kucing yang sedang mencret, jangan khawatir. Ada beberapa cara mengobati kucing mencret yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah.

Daftar Isi

Cara Mengobati Kucing Mencret Agar Cepat Sembuh

Jika kamu memiliki kucing yang terkena diare, sebaiknya janganlah langsung khawatir terlebih dahulu. Melakukan medical checkup ke dokter hewan atau pet shop terdekat memang menjadi salah satu hal yang baik untuk dilakukan saat kucing kamu sakit. Tapi, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengobati diare pada kucing. Diare pada kucing sebenarnya terjadi karena beberapa hal. Tetapi, biasanya itu disebabkan oleh virus, bakteri atau kuman. Bakteri biasanya muncul karena kurangnya kebersihan pada kucing. Jadi, pastikan kamu untuk memandikan dan membersihkan kucing kamu secara teratur.

cara mengobati kucing mencret
Gambar kucing yang lemas karena sakit diare

Salah satu penyebab bakteri diare muncul bisa saja karena banyaknya bakteri pada kuku kucing. Adanya bakteri di kuku kucing kemudian tertelan saat kucing sedang menjilat tubuhnya. Bakteri ini kemudian masuk ke dalam tubuh kucing dan kemudian merusak pencernaan kucing kamu.

Oleh karena itu, memotong kuku kucing juga menjadi satu kewajiban yang harus kamu perhatikan saat memelihara kucing. Saat memotong kucing, kamu pun juga tidak bisa sembarang asal potong saja. Kamu harus memotongnya dengan cara memotong kuku kucing yang benar, sehingga kucing kamu tidak merasa kesakitan.

Sebelum berlanjut membahas cara mengobati kucing mencret dengan baik dan benar, ada baiknya jika kamu ketahui dulu apa saja hal yang bisa membuat kucing kamu terkena diare. Penyebab dari diare kucing sendiri dibagi menjadi dua, yaitu diare ringan dan diare berat. Ini dia faktor penyebab munculnya diare pada kucing.

Penyebab Diare Ringan Pada Kucing

  1. Makanan dan Minuman
    Salah satu penyebab kenapa kucing kamu bisa terkena diare adalah karena makanan dan minuman yang dikonsumsi. Kucing pada umumnya memiliki penceraan yang cenderung sensitif. Jadi, jika ada makanan atau minuman yang tidak hiegenis, otomatis pencernaan kucing menjadi mudah terganggu. Untuk minuman, hindari memberikan susu yang biasa kamu konsumsi pada kucing.
  2. Lingkungan
    Tidak hanya karena makanan dan minuman, ternyata lingkungan sekitar juga bisa membuat kucing kamu mudah diare. Lingkungan yang membuat kucing stress akan membuat sistem kekebalan kucing menurun. Selain itu, perubahan cuaca yang ekstrim juga bisa mempengaruhi imun pada kucing.
  3. Bakteri
    Hal terakhir mengapa kucing bisa terkena diare adalah karena kuman yang tidak sengaja tertelan oleh kucing. Kebersihan kucing pada dasarnya sangatlah penting. Jadi, bersihkan kucing kamu minimal seminggu sekali agar terhindar dari bakteri. Bakteri yang sering menjadi pemicu munculnya diare adalah bakteri E.coli.
  4. Virus
    Jika kuman biasanya akan lebih sedikit mudah untuk diatasi, lain halnya dengan virus. Kucing yang terkena diare biasanya juga bisa disebabkan karena rotavirus atau adenovirus. Untuk terhindar dari virus ini, kamu harus pastikan kucing kamu memiliki sistem imun yang kebal.
  5. Radang Usus
    Radang usus menjadi salah satu hal yang mengerikan pada kucing. Ini biasanya terjadi pada kucing yang jarang diberikan vaksin. Jika kucing kamu mengalami muntah-muntah, anemia, ataupun diare, bisa jadi kucing kamu terkena radang usus.
  6. Rusaknya Ginjal
    Hal mengerikan lainnya penyebab kucing diare adalah rusaknya ginjal dalam tubuh kucing. Ini sering terjadi ketika kucing kamu mengalami dehidrasi atau kurang minum air. Jadi, jangan sampai lupa member kucing kamu minum ya! Ini sangatlah penting karena kucing memiliki kebutuhan air yang tinggi.

Cara Mengobati Kucing Mencret

Setelah mengetahui apa saja yang membuat kucing kamu mencret, sekarang saatnya untuk mempelajari bagaiman cara agar kucing kamu berhenti mencret. Sebenarnya, banyak hal yang bisa kamu lakukan sendiri untuk membuat kucing berhenti diare loh. Kamu tidak perlu membawanya ke dokter jika cara tersebut ampuh membuat kucing kamu berhenti diare. Jadi, bagaimana cara agar kucing berhenti diare?

  1. Pemberian Oralit
    Sama seperti manusia, diare pada kucing ternyata juga bisa dihentikan dengan oralit. Namun, oralit yang diberikan bukanlah sembarang oralit. Di pet shop, kamu bisa membeli oralit khusus untu hewan. Biasanya, kucing akan merasa lebih sehat setelah diminumi oralit.
  2. Pemberian Obat Cacing
    Selain oralit, memberi obat cacing pada kucing juga bisa menjadi cara ampuh untuk mengobati mencret. Hal ini karena bisa saja kucing kamu terkena mencret karena cacingan.

Itulah cara ampuh untuk mengobati mencret pada kucing. Mencret bisa saja terjadi berulangkali pada kucing. Oleh sebab itu, kamu harus menjaga kebersihan kucing dan kandangnya agar terhindar dari bakteri. Seperti yang telah dibahas, kebersihan kuku-kuku kucing juga harus penting dijaga. Ini karena bagian ini sering sekali dijilat oleh kucing. Namun, saat memotong, pastikan kamu melakukannya dengan benar. Kamu bisa melakukannya dengan gunting kuku khusus maupun biasa. Cara memotong kuku kucing dengan gunting kuku biasa pun juga bisa dibilang cukup udah. Lalu, bagaimana caranya?

  • Pertama, siapkan dahulu gunting kuku. Pastikan gunting kuku yang kamu gunakan tajam. Ini akan mempermudah kamu untuk menggunting kuku si kucing.
  • Pegang perlahan cakar kucing, dan tekan salah satu jari kucing yang ingin dipotong.
  • Setelah kuku terlihat, potong dengan perlahan. Saat memotong, perhatikan bagian kuku dengan benar. Jangan pernah memotong bagian kuku dengan bagian berwarna merah muda. Ini merupakan bagian yang menyatu dengan syaraf dan pembuluh darah kucing.

Itu dia cara memotong kuku yang baik dan benar. Jika kucing kamu galak, kamu bisa memotong kuku kucing kamu saat ia tertidur pulas. Ini merupakan cara memotong kuku kucing yang galak yang sering dilakukan oleh banyak orang. Membahas tentang cara memotong kuku kucing, sebenarnya tidak ada cara khusus untuk memotong kuku berdasarkan jenisnya.

Cara memotong kuku kucing Persia sebenarnya sama dengan cara memotong kuku kucing jenis lainnya seperti anggora, Himalaya, bahkan kucing kampung sekalipun. Namun, untuk cara memotong kuku kucing anggora, kamu harus sedikit lebih hati-hati. Mengapa begitu? Hal ini karena kucng anggora biasanya memiliki bulu yang lebih lebat, jadi kuku bisa saja tertutup oleh bulu-bulu tersbut.

Selain kebersihan kuku kucing, kamu juga harus memperhatikan kebersihan kadang kucing kamu. Bersihkan kandang minimal sekali setiap minggunya. Ini bisa menghindari kucing kamu terkena diare karena bakteri. Jika cara mengobati kucing mencret diatas belum berhasil, dan kucing kamu masih mengalami diare berangsur-angsur, sebaiknya segeralah bawa kucing kamu ke dokter. Bisa jadi kucing kamu terkena diare berat yang disebabkan oleh faktor berbahaya.

Artkel Kucing Yang Kamu Cari :

Tags: