Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Flu atau Pilek

Apa kamu memelihara kucing di rumah? Pernahkah suatu hari kucingmu tiba-tiba sering bersin-bersin dan hidungnya berair? Nah, mungkin ia sedang menderita sakit flu. Hati-hati, jangan sampai kamu membiarkannya terlalu lama, ya?! Tidak seperti mengobati manusia, mungkin kamu sedikit kebingungan bagaimana cara mengobati kucing flu, bukan? Jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa kamu pelajari mengenai ciri-ciri, penyebab, dan cara perawatan bagi kucing flu yang mungkin bisa kamu terapkan ketika kucingmu sakit. Cek lebih detail di bawah ini!

cara mengobati kucing fluCiri-Ciri Kucing Sakit Flu dan Batuk

Flu kucing (cat flu) merupakan infeksi saluran pernapasan atas yang menyerang hidung, sinus hidung, dan pangkal tenggorokan.Tapi, bagian tubuh yang lain termasuk mulut, telinga, dan mata juga bisa terkena infeksi, lho!

Seperti yang kamu tahu, kucing, begitu pula anjing, memiliki penciuman yang sangat tajam.Nah, indera penciuman sangatlah penting bagi mereka.Saluran pernafasan berfungsi mengirimkan sinyal ke syaraf penciuman menuju ke otak agar bisa diolah menjadi informasi, terutama informasi mengenai bau.

Bayangkan jika saluran pernafasan mereka terganggu, sehingga indera penciuman tidak berfungsi baik? Kemungkinan yang sering terjadi, kucingmu akan sulit makan karena hanya bisa memakan makanan yang memiliki bau yang menyengat. Badan mereka lama kelamaan akan lemas akibat susah makan.

Lebih parahnya lagi, saat terjadi peningkatan lendir atau ingus akibat peradangan bisa menyebabkan sesak nafas akibat tersumbatnya saluran pernafasan.

Ciri-ciri kucing sakit flu :

  • Demam atau badan terasa panas
  • Bersin-bersin
  • Hidung berair
  • Sulit makan
  • Lesu, hanya tidur-tiduran saja
  • Batuk-batuk
  • Mata merah dan tampak berair

Ciri-ciri di atas biasanya terjadi pada 1 minggu awal saja. Nah, dengan memberikan perawatan yang baik, maka minggu berikutnya kondisi kucingmu akan mulai membaik.

Penyebab Kucing Sakit Flu

Ingat, flu kucing bisa menyerang kucing dari jenis ras manapun juga, ya?! Jadi, bagi kamu yang punya kucing di rumah, sebaiknya mengetahui apa penyebabnya supaya bisa melakukan pencegahan.

Selayaknya manusia, flu pada kucing juga disebabkan oleh virus dan bakteri.Ada virus yang namanya feline rhinotracheitis danfeline calicivirus, serta bakteri Bordetella bronchiseptica danChlamidya (Chlamydophila felis).Virus dan bakteri inilah yang menginfeksi saluran pernafasan kucingmu sehingga mereka terkena flu.

Virus calicivirus inilah yang menyebabkan air liur berlebihan dan sariawan.Infeksi virus rhinotracheitis menyebabkan peradangan, sehingga terjadi gejala seperti mata merah dan berselaput.Sedangkan bakteri Chlamidyamenyebabkan infeksi yang lebih parah pada mata sehingga menjadi membengkak dan banyak kotoran.Anak kucing biasanya yang sangat mudah terinfeksi bakteri ini.

Daya tahan tubuh kucing yang lemah juga menyebabkan mereka mudah sekali terkena flu. Oleh karena itu, mempelajari cara mengobati kucing flu dan batukakan membantu Anda mengetahui apa saja perawatan dan pencegahan yang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan kucingmu agar terhindar dari flu.

Cara Mengobati Kucing Flu

Tidak seperti manusia, belum ada obat yang secara spesifik diciptakan untuk menyembuhkan flu kucing. Sehingga, cara mengobati kucing fluadalah dengan memberikan perawatan sederhana untuk menjaga kondisi kesehatan mereka. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. Pastikan kucing tetap dalam keadaan hangat
    Cara mengobati kucing sakit flupertama adalah dengan menghindarkan mereka dari cuaca atau lingkungan yang dingin.Sangat dianjurkan untuk tidak memandikan kucing ketika mereka menunjukkan tanda-tanda flu.Apabila cuaca di luar ruangan memang sedang dingin, pastikan suhu ruangan tetap hangat agar kucing dapat merasa nyaman.
    Jika kebetulan kucingmu kehujanan atau basah terkena air, pastikan untuk segera mengeringkan badannya.Menjaga suhu tubuh kucingmu tetap dalam keadaan hangat sangat penting untuk mencegah semakin parahnya sakit flu mereka.
  1. Jemur kucing di bawah sinar matahari
    Sinar matahari pagi memang sudah dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.Nah, membiarkan kucing berjemur di pagi hari juga dapat membantu penyembuhan mereka dari sakit flu.Tidak hanya menghangatkan badan, sinar matahari pagi dapat membunuh kuman penyakit penyebab flu.
    Dianjurkan untuk membiarkan kucingmu berjemur sekitar pukul 7 hingga 9 pagi.Biarkan mereka mandi sinar matahari selama 10 menit saja.
  1. Membersihkan hidung dan mata
    Saat terkena flu, hidung dan mata kucing akan mengalami peradangan. Kotoran dan cairan di dua bagian tubuh ini biasanya lebih banyak, sehingga akan mengganggu keseharian mereka. Secara rutin membersihkan sangat penting agar kotoran tidak menutup dan menyumbat.
    Kamu bisa membersihkannya dengan air hangat dan cotton bud (korek kuping).Pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudahnya.
  1. Berikan vitamin sebagai suplemen
    Karena belum ada obatnya, memberikan kucingmu vitamin sangat membantu untuk menjaga daya tahan tubuh mereka selama perawatan.Kamu bisa dengan mudah membelinya di pet shop atau klinik hewan terdekat dengan harga yang terjangkau, seperti vitamin C, L-lysine, dan lain sebagainya.
    Selain itu, madu bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati kucing flu secara alami. Madu memang telah dikenal sebagai obat herbal yang bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya membantu menyembuhkan sakit flu.Kamu bisa menaruhnya di wadah di dalam kandang atau mencampurkan ke dalam minumannya. Atau, kamu juga bisa secara rutin memberikannya secara langsung setiap 4 jam sekali.
    Pastikan juga mereka makan dan minum dengan teratur.Anda bisa memilih makanan kalengan yang memiliki aroma tajam, sehingga kucingmu tetap mau makan.Selalu taruh makanan dan minumannya dengan dari jangkauan mereka.

Jika lebih dari seminggu kucingmu tetap dalam keadaan yang sama bahkan semakin parah, maka disarankan untuk menemui dokter hewan. Dokter akan mengetahui cara mengobati kucing yang fludan perawatan seperti apa yang paling dibutuhkan kucingmu.

Pencegahan Supaya Kucing Tidak Mudah Terserang Flu

Selain perawatan, sangat penting untuk mencegah kucingmu agar tidak terkena sakit flu parah lagi kedepannya.Nah, hal yang bisa kamu lakukan sebagai pencegahan adalah dengan melakukan vaksinasi.

Vaksinasi untuk mencegah flu diperlukan untuk mencegah infeksi virus dan bakteri penyebab flu di atas.Biasanya, vaksin yang diberikan telah menjadi satu kesatuan dengan vaksin feline panleukopenia yang umumnya diberikan kepada kucing saat masih kecil.Jadi, jika kucing Anda belum mendapatkan vaksinasi, sebaiknya segera temui dokter hewan terdekat.

Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah karantina atau memisahkan kucingmu.Hal ini terutama perlu dilakukan ketika kamu memiliki banyak kucing.Bahkan, membiarkan anak-anak bermain didekatnya juga sebaiknya dihindari.

Hal ini dikarenakan virus flu pada kucing sangat mudah menular pada mereka yang masih sehat. Jadi, daripada memperparah keadaan, lebih baik biarkan kucingmu istirahat dulu di kandang selama ia masih sakit.

Bagaimana, ternyata cara mengobati kucing flusangat mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah, bukan? Nah, jika suatu hari kucingmu mengalami gejala-gejala flu seperti di atas, Anda bisa menerapkan langkah-langkah perawatan tersebut.

Artkel Kucing Yang Kamu Cari :

Tags: