Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Cara Mengatasi Kucing tidak mau makan – Kucing merupakan binatang peliharaan yang sangat disukai karena lucu dan gampang di training. Kucing juga memiliki sistem pencernaan yang unik dari hewan lainnya karena sistem pencernaan kucing hampir mirip dengan sistem pencernaan manusia. Selain itu kucing juga memiliki metabolisme yang cukup lemah sehingga gampang terkena penyakit.

Saat kucing tiba-tiba tidak mau makan, tentu saja akan membuat kita khawatir dan resah. Kucing tidak mau makan tandanya ada yang tidak beres dnegan kucing, lingkungan kucing atau bahkan makanan yang anda berkan kepada kucing loh! Anda pasti bingung, kenapa kucing tidak mau makan? Atau bagaimana cara mengatasi kucing tidak mau makan?

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan
Gambar Kucing di depan mangkuk makan. Image Source. https://petcentral.chewy.com

Setelah mengetahui penyebab kucing tidak mau makan, anda harus tahu juga cara mengatasi kucing tidak mau makan agar nafsu makan kucing kembali seperti semula. Ada beberapa cara mengatasi kucing tidak mau makan yang sudah dikenal ampuh dan manjur untuk membuat kucing kembali ceria seperti sedia kala. Yuk kita simak!

Baca Juga :   Cara Memandikan Kucing Kampung

  1. Pancing Nafsu Makan

    Cara yang pertama adalah dengan memancing nafsu makan kucing dnegan amakanan favoritnya. Kebanyakan kucing akan sulit menolak jika di hidangkan makanan favoritnya. Jangan lupa untuk menyampurkan suplemen pada kucing supaya nafsu makannya meningkat hari demi hari. Memancing kucing dengan makanan kucing yang mewah juga bisa dicoba, siapa tahu kucing akan senang jika diberi ikan yang segar!

  2. Suapi Kucing

    Jika kucing sudah bandel sekali tidak mau makan, anda bisa mencoba menyuapi kucing. namun suapi kucing dengan pelan ya jangan paksa kucing terlalu keras karena kucing akan menjadi takut dan menghindari anda. Biasanya juga dengan menyuapi kucing obat penambah nafsu makan agar nafsu makan kucing kembali seperti sedia kala.

  3. Berikan Variasi Makanan

    Bisa jadi loh Kucing Tidak Mau Makan karena ia bosan dengan menus makanan yang anda sajikan. Jangan bilang bahwa anda memberikan ika asin selama seminggu penuh dan tidak mengganti menunya? PASTI kucing akan bosan dan memilih tidak memakan makanan itu! Berikan Variasi pad amenu makanan kucing agar ia tidak cepat bosan dan selalu makan dengan lahap.

  4. Beri Vitamin

    Nafsu makan menurun bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin yang ada pada kucing. Cara mengatasi Kucing yang satu ini tentu saja dengan memberikan vitamin tambahan pada kucing. Nah, kita juga harus memperhatikan makanan yang masuk keperut kucing apakah makan tersebut cukup memenuhi gizi dan vitamin kucing? Karena vitamin juga penting untuk kucing itu sendiri.

  5. Ajak Bermain

    Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan yang berikutnya adalah dengan mengajaknya bermain. Kucing yang sedang stress atau bosan biasanya menjadi tidak mau makan. Jadi kita tidak boleh terlalu lama membiarkan kucing ya! Ajak ia bermain minimal sekali sehari dan jangan lupa untuk berinteraksi dengan kucing. 

  6. Obati Penyakit Mulut

    Biasanya kucing yang mempunyai penyakit mulut akan memilih mogok makan dari pada merasa sakit saat sedang makan. Cara mengatasinya tentu saja denga mengobati penyakit mulut yang diderita kucing. Ada banyak obat yang dapat kalian temukan jika berkunjung ke apotik atau dokter hewan. Jangan asal-asalan ya saat mengobaati kucing yang sakit. 

  7. Tube Feeding

    Jika sudah rewel memang kucing menjadi susah untuk makan bukan? Mereka akan mogok makan dan mengacuhkan anda sepanjang hari. Namun, jangan biarkan begitu saja! Segera buat kucing anda makan agar tubuhnya terjaga dari virus dan bakteri. Jika sudah kehilangan cara, bisa dengan menyuapi kucing dengan Tube Feeding.

  8. Bawa Ke Dokter

    Kucing mungkin saja mengalami sakit pada pencernaannya atau penyakit dalam lainnya sehingga kucing tidak mau makan. Segera bawa kedokter untuk diperiksa lebih mendalam! Jangan macam-macam karena metabolisme kucing yang sakit sangat rendah dan bisa menyebabkan komplikasi jika kita salah menanganinya. 

Baca Juga :   Cara Mengobati Kucing Sakit Mata

Begitulah cara mengatsi kucing tidak mau makan yang bisa kami informasikan. Waktu penyembuhan juga tergantung dengan kondisi kucing, jika metabolisme kucing lebih kuat maka penyembuhan juga akan lebih cepat. Yang pasti kita harus selalu memperhtikan dan menjaga kucing agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti sakit dan lain-lain. 

Tinggalkan komentar