Cara Mengatasi Kucing Stres

Cara Mengatasi Kucing Stres πŸ§‘πŸ’›πŸ’šπŸ’™πŸ’œ

Cara Mengatasi Kucing Stres – Setelah membaca artikel tentang kucing stres dan menyadari bahwa kucing anda memang terkena gejala stres pasti menyedihkan. Terlebih, kucing tersebut adalah kucing kesayangan anda, bukan?

Ada banyak penyebab kucing menjadi stres, begit pula dengan cara menyembuhkannya. Harus tepat tergantung oleh penyebab utama mengapa sang kucing stres. Seperti saat pindah rumah, kucing cenderung akan menjadi lebih pendiam dari biasanya, cara menanganinya pun dapat bervariasi dan banyak.

Cara Mengatasi Kucing Stres

Cara Mengatasi Kucing Stres
Image Source. http://www.homievetcare.com

Stres pada kucing harus cepat-cepat diatas karena kucing akan mudah kurus dan yang paling parah akan mudah jatuh sakit.Β  Biasanya kucing akan kehilangan nafsu makannya dan menjadi sedikit rewel, bahkan kucing kita menjadi pendiam dan suka menyendiri. Untuk itu baiknya memahami kondisi kucing kesayangan anda sebelum stres nya semakin parah. Berikut beberapa cara mengatasi kucing stress beserta penyebabnya yang kami kumpulkan.

  1. Stres Karena Perjalanan Panjang

    Siapa yang tidak suka touring atau jalan-jalan? Apa lagi mengajak hewan peliharaan kesayangan ikut serta. Padahal, jika penanganannya tidak tepat, perjalanan panjang dapat menjadi salah satu penyebab kucing stres. Kucing yang aktif kesana kemari akan stress jika dikurung dimobil dengan waktu yang cukup lama.

    Tips yang baik saat membawa kucing jalan-jalan adalah taruh kucing di pet cargo dan sering-sering lah berinteraksi dengan kucing. Beri waktu kucing untuk menghirup udara segar sehingga psikisnya sehat.

  2. Stres Karena Trauma

    Tidak hanya manusia yang dapat mengalami trauma, kucing juga bisa mengalami trauma. Trauma pada kucing biasanya disebabkan oleh pemiliknya sendiri. Itulah sebab sang kucing mengalami stress. Majikan yang kasar kepada kucing akan membuat kucing semakin trauma. Cara mengatasi nya adalah dengan memperlakukan kucing dengan lembut, jangan kasari kucing karena kucing memiliki perasaan yang sama dengan manusia.

    Jika trauma kucing terjadi karena berkelahi dengan ular atau anjing, cara mengatasinya dengan menjauhkan sang kucing dari hewan buas tersebut. Semua trauma kucng dapat di atasi jika anda tahu penyebabnya.

  3. Stres Karena Sakit

    Kejadian ini sangat banyak terjadi pada kucing. Biasanya kucing akan mengalami stres jika penyakitnya tidak kunjung sembuh. Segera mengatasi penyakit kucing terlebih dahulu akan membantu kucing mengatasi stres yang dideritanya.

  4. Stres Karena Pindah Rumah

    Pindah rumah merupakan waktu yang menyenangkan bagi manusia, namun tidak terlalu menyenangkan untuk kucing. Kucing biasanya akan terkena Homesick karena belum dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya sehingga menyebabkan stres. Cara mengatasi paling tepat adalah dengan terus berinteraksi dengan kucing.

    Tidak hanya karena lingkungan baru, kucing juga akan stres jika berganti pemilik. Jika anda baru mengadopsi kucing, sempatkan untuk mengenal kucing lebih lama karena kucing rentan terkena stress.

  5. Stres Karena Kesepian

    Kesepian bisa terjadi karena kucing tidak mempunyai teman atau pasangan. Meskipun anda sering berinteraksi denan sang kucing, berilah ia seorang teman yang satu ras dan dapat mengatasi rasa kesepian kucing.

  6. Stres Karena kehilangan Anak

    Bisanya ini terjadi pada indukan kucing yang baru saja melahirkan. Jika anak mereka hilang, sang kucing akan merasa stres dan tertekan. Selama anak mereka belum di temukan, kurung kucing di dalam rumah karena mereka akan pergi sendiri untuk mencari anaknya. Jika kucing yang stres sampai pergi dari rumah, bisa-bisa ia tidak kembali lagi ke pemiliknya!

  7. Stres Karena Bosan

    Sama seperti manusia, jika kucing terlalu lama di kunci di dalam kendang, kucing itu akan bosan dan lama-lama akan stres. Oleh karena itu kucing rumahan mudah sekali terkena stres. Tidak hanya ketika kucing dikurung yang akan bosan dan stress, kucing yang di beri makanan sama selama beberapa waktu juga akan mengalami bosan yang kemudian stres. Usahakan untuk terus memberi makanan yang bervariasi dan jangan kurung kucing terlalu lama.

  8. Stres Karena Melahirkan

    Kucing yang baru saja melahirkan mempunyai kemungkinan stres yang tinggi. Stres ini biasa terjadi pada kucing yang belum siap untuk memiliki anak. Beri waktu untuk kucing dan beri multivitamin yang cukup, anda juga harus merawat kucing tersebut dengan baik.

    Agar mengurangi masalah tersebut, kawinkan kucing saat usainya tepat sehingga kucing tidakakan stres.

Cara Mengatasi Kucing Stres Pindah Rumah

kucing sedang stres
Gambar kucing sedang stresΒ Image Source. spoonfeedz.com

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan jika penyebab kucing anda stres adalah pindah rumah. Meskipun begitu, bisa jadi beberapa cara di bawah ini dapat di lakukan pada saat kucing stres karena penyebab lain.

  1. Temani Sang kucing

    Meskipun umumnya kucing akan menjadi penyendiri saat sedang stres, jangan terlalu lama membiarkannya sendiri. Temani kucing bermain atau ajak kucing mengobrol agar ia tidak merasa kesepian. Dengan begitu kucing akan merasa aman dan jauh dari ketakutan, seiring berjalannya waktu kucing akan kembali aktif dan ceria. Cara ini cukup efektif untuk membantu kucing meredakan stresnya.

  1. Jangan Mengurung Kucing

    Butuh waktu yang lama untuk kucing mengenal lingkungan baru mereka. Kucing akan familiar dengan bau dan suasana tempat tinggalnya seiring berjalannya waktu. Untuk itu, jangan kurung kucing di kandangnya dan biarkan ia berjalan-jalan dirumah barunya untuk mempercepat adaptasi. namun, tetap awasi kucing dan perhatikan gerak-geriknya.

  2. Mengenalkan Kucing Pada Rumah Barunya

    Ini merupakan cara yang lumayan ampuh untuk meredakan stres sang kucing. Beri kucing latihan untuk beraktifitas seperti buang air atau makan. Lalu anda juga bisa mengajaknya berkeliling rumah baru sambil bercerita dengan sikucing agar ia merasa nyaman.

  3. Ajak Kucing Jalan- Jalan

    Mengenalkan lingkungan rumah juga penting untuk kucing. Jadi saat kucing keluar rumah tidak akan tersesat dan kebingungan. Ajak kucing keluar rumah untuk lebih mengenali sekitar rumah baru anda.

  4. Mejauhkan Kucing dari Kucing Liar

    Naluri alami kucing untuk berkelahi satu sama lain sangat kuat, sehingga kebanyakan kucing baru akan bertengkar dengan kucing lainnya. Ditempat yang baru kucing akan stres dan memliki rasa percaya diri yang kurang sehingga kucing akan merasa ketakutan jika bertemu dengan kucing liar.

  5. Menyegah Rasa Takut

    Kucing yang merasa takut dan tertekan akan megalami stres yang berat. Kucing akan mengeong terus dan tidak suka di tinggalkan oleh majikannya sendiri. Beri waktu kucing untuk bejalan-jalan dirumah hingga ia merasa tenang dan akan berani ditinggalkan.

  6. Ajak Kucing Bermain

    Untuk menghilangkan stres ada kucing, bisa ajak ia bermain agar kucing kembali aktif dan ceria seperti di rumahnya yang lama. Buat kucing merasa nyaman dan buat ia lupa akan stres yang dialaminya.

  7. Jaga Kesehatan Kucing

    Pastikan kucing tetap sehat dan terlindungi dari penyakit. Dirumah baru, kucing akan merasa aman dan nyaman jika terbebas dari penyakit. Mandikan kucing hingga bersih, beri makanan yang sehat dan temani kucing bermain. Kondisi sakit kucing akan memperburuk stres yang dideritanya.

  8. Jauhkan Dari Suara Bising

    Kucing akan semakin merasa stres jika dihadapi dengan suasana yang dapat membuatnya tegang seperti suara-suara yang bising. Letakkan kucing di dalam rumah yang jauh dari suara bising agar ia tidak stres dan tidka membuat bulunya rontok.

  9. Dekatkan Kucing Dengan Keluarga

    Ajak kucing untuk berinteraksi dengan keluarga, agar kucing tidak merasa asing dengan lingkungan barunya. Kucing akan merasa tenang dan nyaman jika berada di sekitar manusia yang dikenalinya.

Nah demikian artikel yang sudah kami kumpulkan. Semoga bermanfaat bagi pembaca karena kucing stres sangat rentang akan penyakit. Berikan asupan perhatian yang tutup untuk kucing.

Yang kamu cari :

    cara meng hilangkan setres pada kucing karena ular, cara mengatasi anak kucing yang stres dan ketakutan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*