Menu Tutup

Cara Mengatasi Kucing Stres Ketakutan

Cara Mengatasi Kucing Stres Ketakutan – Tidak hanya manusia saja yang bisa mengalami stres. Ternyata kucing juga mempunyai perasaan yang dapat menimbulkan stres. Dan sama saja seperti manusia, kucing juga memiliki banyak penyebab yang dapat menimbulkan stres.

Stres pada kucing harus ditanganni dengan tepat. Perasaan stres akan menyebabkan sakit dan rontoknya bulu pada kucing, lama-lama kucing anda tidak se cantik dulu. Stres pada kucing umumnya terjadi karena sebab-sebab yang terlalu mendadak, sehingga kucing kebingungan dan stres. Kita harus bisa menangani Kucing Stres agar tidak semakin parah.

Cara Mengatasi Kucing Stres Ketakutan

Cara Mengatasi Kucing Stres Ketakutan
Image Source. https://www.meowingtons.ca

Penyebab kucing stres sangat bervariasi, penanganannya pun bervariasi tergantung dengan penyebabnya. Cara mengatasi kucing stres ketakutan juga banyak, tergantung penyebab ketakutan pada kucing. Namun tenang saja karena kami sudah merangkum cara mengatasi kucing stres ketakutan, berikut:

Baca Juga :   Cara Memandikan Kucing Anggora

  1. Ketakutan Akan Lingkungan Baru

    Ini penyebab yang sering terjadi kepada kucing yang baru saja pindah rumah. Bagi manusia pun, lingkungan baru sedikit menakutkan bukan? Sama seperti kucing, mereka akan ketakutan jika di bawa ketempat asing dengan orang asing pula.

    Cara mengatasinya cukup mudah, anda hanya harus sering-sering menemani kucing dan juga mengajaknya jalan-jalan agar cepat beradaptasi dengan lingkungannya.

  2. Ketakutan Karena Kekerasan

    Kucing yang pernah mengalami kekerasan akan berdampak kepada kesehatan mentak si kucing. Kucing akan mempunyai Trauma yang cukup kepada pelaku kekerasan tersebut, bahkan kepada manusia lain kucing juga akan merasa takut. Trauma yang berkepanjangan akan menyebabkan kucing menjadi stres.

    Yang dapat anda lakukan adalah memberi perhatian penuh kepada si kucing dan rawat sebaik mungkin, perlihatkan kepada kucing anda bahwa anda tidak akan menyakitinya seperti orang yang telah menyakitinya dahulu. Ini akan membuat kucing merasa aman.

  3. Ketakukan Karena Kucing Liar

    Khusus untuk kucing ras rumahan yang sering di pelihara, kejadian ini cukup sering terjadi setelah kalian pindah rumah atau pindah lingkungan baru. Kucing akan merasa stres karena tertekan oleh kehadiran kucing liar yang asing denga aura dominan yang cukup kuat.

    Si kucing akan merasa tertekan dan stres maka dari itu kita harus menjauhkan kucing kita dengan kucing liar sebisa mungkin selama beberapa saat sampai kucing kita dapat menemukan keberaniannya lagi.

  4. Ketakutan akan Hewan Buas

    Hewan yang sering kucing takuti adalah ular. Terkadang di beberapa tempat yang dekat dengan hutan, ular aka menyelinap masuk. Ada kemungkinan kucing anda sempat berkelahi dengan hewan buas sehingga ia pun menjadi ketakutan hingga stres.

    Temani kucing dan buat ia merasa aman dengan menjauhkan kucing dari hutan lebat yang banyak ularnya.

  5. Ketakutan Setelah Melahirkan

    Indukan kucing yang baru saja melahirkan akan berlipat-lipat kali lebih sensitive dari biasanya. Mereka takut seseorang akan sesuatu akan mengambil anaknya. Bahkan saat ada yang menyentuh anaknya ia akan berubah menjadi garang dan lama-lama si kucing betina akan stres.

    Anda harus tanggap menangani kucing yang stres karena melahirkan ini. Ketakutana kan hilangnya anak si kucing betina cukup ribet. Anda harus menjaga anak dan betina agar tetap aman dan nyaman sehingga si betina tidak terlalu was-was.

  6. Ketakutan karena di Kucung Terlalu Lama

    Kucing yang terlalu lama di kurung di dalam kandang yang sempit lama-lama akan merasa ketakutan dengan ruangans empit seperti kendang mereka. Ketakutan mereka yang parah akan membawa kucing kepada perasaan stres yang cukup berat. Bisa-bisa kucing akan menjadi sangat ketakutan dan stres saat melihat kendang.

    Cara ini hanya dapat mencegah sebelum terlambat, kucing umunya aktif. Dan maka dari itu anda disarankan untuk tidak terlalu sering mengurungnya dikandang. Biarkan kucing berlarian kesana-kemari.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Begitulah cara mengatasi kucing stres ketakutan yang Sudha kami rangkum. Kucing yang terlalu lama merasakan rasa takut akan menjadi stres. kasihan bukan jika melihat kucing kita stres sendiri? Kucing yang stres akan mudah sakit dan nafsu makannya pun menurun.

Jika nafsu makan kucing menurun kemungkinan besar bulu kucing rontok akan sangat besar. Bahkan kuku-kuku kucing pun akan menjadi rapuh jika kucing terlalu lama stres dan sakit. Penyakit yang diderita kucing pun akan lama sembuhnya. Tentu saja sangat menyiksa si kucing.

Posted in Perawatan Kucing

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *