Menu Tutup

Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Rumah

Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Rumah – Sama seperti manusia, kucing pun dapat mengalami stres. Bahkan penyebab stres pada kucing juga bervariasi atau bermacam-macam loh! Sama halnya dengan manusia, kucing juga memiliki emosi yng dapat membuat kucing stres.

Penyebab kucing stres memang banyak dan bervariasi, tergantung oleh si kucing itu sendiri. Cara mengatasi kucing yang stres juga harus tepat sesuai dengan penyebab si kucing stres! Kucing stres juga harus dicai tahu ciri-ciri dan penyebanya untuk mempermudah pengobatan si kucing.

Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Rumah

Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Rumah
Image Source. blog.ferplast.com

Pindah rumah merupakan hal yang menyenangkan sekaligus menyedihkan bagi beberapa orang, dilain sisi kita akan bertemu rumah dan lingkungan baru namun di sisi lain kita akan kehilangan hal yang hanya ada di rumah lama.

Baca Juga :   Cara Membuat Makanan Kucing

Sama halnya dengan kucing, bahkan kucing bisa saja stres karena harus beradaptasi di tempat baru loh. Anda pasti bingung kan cara mengatasinya? Kalau begitu ayo kita cari tahu!

  1. Kenalkan Kucing Kepada Rumah Barunya

    Ini adalah cara yang wajib dilakukan ketika anda pindah rumah dengan kucing anda. Kucing yang stres karena pindah rumah biasanya di sebabkan oleh tekanan lingkungan baru yang begitu asing untuk dirinya. Oleh karena itu anda harus mengelkan lingkungan ssekitar kepada kucing sehingga lama kelamaan perasaan asing tersebu akan hilang, begitulah cara mengatasi kucing stres karena pindah rumah yang paling sering dilakukan.

  2. Ajak Si Kucing Jalan-Jalan

    Kucing yang stres karena Iingkungan baru biasanya dipicu rasa was-was dan tertekan. Mereka merasa tertekan karena merasa asing dan tidak aman sehingga takut tersesat. Untuk meredakan rasa stres tersebut anda bisa mengajak si kucing jalan-jalan di sekitar rumah atau di lingkungan anda sehingga jika kucing jalan-jalan sendirian dia tidak akan takut tersesat!

  3. Temani Kucing Bermain

    Kucing yang sedang stres akan menjadi penyendiri dan terlihat murung. Membirkannya sendirian bukanlah cara yang tepat! Anda harus serig-sering menemani si kucing dan jangan biarkan ia terlalu lama menyendiri. Rasa kesepian si kucing akan menambah rasa stres nya. Sehingga seiring berjalannya waktu kucing akan menjadi aktif dan ceria seperti sedia kala.

  4. Dekatkan Kucing Dengan Keluarga Kita

    Dengan mendekatkan kucing dengan keluarga, kucing akan merasa nyaman dan tidak asing lagi dengan lingkungan barunya. Kucing yang sedang stres akan merasa aman jika di kelilingi manusia yang di kenalinya.

  5. Jauhkan Dari Kucing Liar

    Biasanya kucing baru dan kucing lama akan bertengkar satu sama lain karena naluri alamiah mereka. Sementara kucing yang baru saja pindah lingkungan baru akan merasa stres sehingga akan memiliki rasa percaya diri yang kurang dan akan merasa ketakutan jika bertemu kucing liar yang auranya lebih dominan dari pada mereka.

  6. Cegah Rasa Takut Kucing

    Jika kucing kita bertemu kucing liar di lingukngan baru, ia akan merasa tertekan sehingga stresnya pun semain parah. Ia akan merasa ketakutan dan enggan di tinggal sendirian. Cara mengatasi kucing stres karena pindah rumah yang paling efektif adalah Anda harus mengajak kucing berjalan-jalan sehingga rasa takut si kucing akan mereda sedikit demi sedikit.

  7. Jangan Kurung Di Dalam Kandang

    Kucing biasanya mengenali lingkungan mereka dengan mengenal bau dan suasana lingkungan tersebut. Jadi, mengurung kucing di kandang mereka akan menghambat proses pengenalan lingkungan baru si kucing yang pastinya akan membuatnya stres. Biarkan kucing berjalan-jalan di rumah barunya sehingga kuing akan beradaptasi.

  8. Jauhkan Dari Kebisingan

    Kucing yang sedang stres biasanya butuh waktu sendiri untuk beradaptasi, tak heran jika si kucing lebih suka menghabiskan waku sendiri atau bersama majikannya seorang. Jika terdengar kebisingan yang ada si kucing akan lebih stres dan proses adaptasinya semakin lama.

  9. Beri Perhatian Lebih

    Kucing yang sedang stres sebaiknya dieri perhatian khusus, baiknya untuk lebih sering menemai si kucing sheingga ia tidak akan merasa sendirian di tempat yang asing. Lama-lama si kucing akan merasa aman dan tidak se unfamiliar sebelumnya.

  10. Jaga Kesehatan Kucing

    Saat kucing stres, pastikan ia tetap sehat dan jauh dari penyakit. Mereka akan merasa aman dan tentram jika tidak terjangkit penyakit dirumah baru. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan juga. Beri kucing makanan yang bergizi dan jangan lupa untuk ajak ia bermain sehingga perasaan tidak nyamannya akan mereda.

Baca Juga :   Cara Memandikan Kucing Persia

Sebenarnya stres karena pindah rumah umum terjadi kepada kucing. Karena kucing biasanya sangat mengenali suasana, aroma dan hal-hal terkait tempat tinggalnya. Itu sebabnya kucing akan selalu kembali kerumah setelah bermain keluar tanpa harus tersesat. Mengenalkan kucing pada tempat tinggal barunya memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, caranya tidak bisa instan dan harus di tambahi dengan kesabaran yang ekstra terlebih jika si kucing sudah merasa stres. Anda harus memberikan perhatian yang double untuk si kucing. Semangat yaa!

Posted in Perawatan Kucing

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *