Cara Memandikan Kucing yang Benar

Cara Memandikan Kucing Yang Benar

Cara Memandikan Kucing yang Benar – Mandi merupakan aktivitas yang wajib dilakukan untuk menjaga badan kita bersih dan terbebas dari kuman. Tidak hanya manusia, kucing pun butuh mandi agar tetap bersih dan sehat. Proses memandikan kucing merupakan salah satu cara merawat kucing yang benar.

Eh, bukannya setiap saat kucing itu membersihkan diri dengan cara menjilati tubuhnya sendiri ya? Iya betul tetapi tentu saja itu tidak cukup untuk membersihkan jamur, kotoran, bakteri, dan kutu yang dapat membuat kucing tidak sehat dan membuat kita juga agak risih untuk mengelusnya, jadi anda harus tahu cara memandikan kucing.

Cara Memandikan Kucing yang Benar

Cara memandikan kucing yang benar tidak sulit kok, hanya saja pasti ada kendala seperti kucing takut air lalu berontak kemudian mencakar diri kita. Sebenarnya memandikan kucing bisa dilakukan secara damai asalkan kita tahu langkah yang baik dan benar.

Cara Memandikan Kucing yang Benar
Gambar kucing yang sedang dimandikan, berikut cara memandikan kucing. Image Source : www.cattery.co.id

  1. Pilih Waktu yang Tepat

    Kucing biasanya dimandikan 3 hari sekali atau 7 hari sekali. Pastikan kucing dalam keadaan senang hati, rileks dan kondisi perut kucing terisi. Jadi waktu kucing setelah makan merupakan saat yang tepat untuk memandikan kucing. Apabaila kucing kotor, merasa gatal dan ada kutunya segeralah dimandikan.

  2. Potong Kuku Kucing Terlebih Dahulu

    Meskipun kucingmu tidak agresif akan tetapi yang namanya hewan kalo dimandinkan itu akan stress dan akan mencakar pemiliknya secara tidak sengaja. Jika kucingmu tidak suka dipotong kukunya lakukan jauh jauh hari sebelum proses memandikan agar suasana hati kucing tidak terganggu dan stres saat nanti dimandikan.

  3. Mandikan dengan Air Hangat

    Kenapa sih harus air hangat? Karena kucing sensitif dengan air dingin. Oleh sebab itu kita harus menggunakan air hangat dan si kucing tidak akan mencakar ataupun berontak sama sekali. Siapkan air hangat di ember mandi atau wastafel dengan ketinggian air sekitar 7-10 cm, jangan kebanyakan ataupun terlalu sedikit.

    Tingkat kehangatan air juga jangan terlalu panas atau teralalu dingin. Lalu kita basuh semua bagian tubuh kucing secara perlahan dan merata tapi jangan sampai ada air yang masuk ke telinga, untuk membersihkan telinga cukup di basuh dengan tangan.

    Untuk mencegah air masuk ke telinga, gunakan kapas yang berbahan lembut. Hal ini juga dapat membuat kucing tenang karena tidak dapat mendengar suara berisik di sekitarnya. Untuk bagian kepala cukup bagian atas kepala dan belakang leher saja yang dibasahi. Jika ingin membersihkan wajahnya gunakan waslap basah.

  4. Memandikan Kucing dengan Shampoo Khusus

    Setelah dibasuh tubuhnya, sekarang kita gunakan shampoo khusus kucing. Jangan asal menggunakan shampoo, karena itu bisa membuat kucing alergi karena tidak cocok dengan kulitnya.

    Saat memberikan shampoo diusap-usap tubuhnya dari arah kepala hingga kaki lalu dipijit pijit supaya shampoo merata hingga akar bulu kucing. Jangan sampai kena mata, hidung dan mulut si kucing ya. Untuk cara memandikan anak kucing yang benar lakukan seperti rambut bayi dan jangan membelai bulunya terlalu keras.

  5. Membilas

    Setelah dimandikan tidak lupa untuk membilasnhya, agar shampoo dan kotoran yang ada bersih pada tubuh kucing. Bilas kucing dengan air hangat. Gunakan botol penyemprot atau shower pada bagian badan agar si kucing tidak panik.

    Untuk bagian kepala si kucing gunakan waslap secara perlahan. Apabila kucing merasa tidak nyaman dan ketakutan jangan dipaksakan, lakukan secara perlahan sambal bermain dengan si kucing dengan membelainya.

  6. Hilangkan Kutu-kutu

    Setelah si kucing dibilas, sisirlah bulu kucing dengan menggunakan sisir kutu agar kutu dan telur yang menempel di bulu hilang. Sisirlah tubuh kucing dari pundak hingga ke bawah searah dengan tumbuhnya bulu pada kucing.

  7. Mengeringkan Si Kucing

    Ada beberapa cara untuk mengeringkan kucing yang pertama keringkan tubuh kucing dengan handuk. Pertama tama selimuti kucing dengan handuk lalu gosok perlahan seperti memijat. Bila handuk sudah terlalu basah kita perlu mengganti handuk yang kering sampai bulu kucing benar benar kering.

    Cara untuk mengeringkan kucing yang kedua menggunakan mesin pengerung rambut, namun tetap disarankan untuk melakukan pengeringan dengan handuk sebelum menggunakan pengering, dan jika ingin menggunakan pengering rambut kita harus yakin terlebih dahulu kalau kucing tidak akan panik karena suara dari pengering rambut tersebut.

    Cara untuk mengeringkan yang ketiga bentuk tangan menyerupai huruf U letakkan di atas pundak si kucing lalu berikan tekanan lembut dengan melakukan gerakan menarik dari pundak ke pinggang

  8. Membersihkan Telinga

    Bersihkan telinga kucing dengan cotton buds atau bisa juga dengan kapas lembab yang sudah diberikan baby oil. Bersihkan telinga kucing secera perlahan agar kucing tidak kesakuitan.

  9. Tenenangkan Kucing Setelah Mandi

    berikan imbalan makanan dan belaian agar tenang hingga terdengar suara dengkuran atau tertidur karena kucing telah melalui masa yang melelahkan.

Tips saat Memandikan Kucing

Kali ini saya akan membagikan tips-tips saat memandikan kucing untuk mempermudah kamu saat memandikan kucing dan merawat kucing agar si kucing sehat dan bersih. Tips-tips berikut ini akan sangat membantu sekali, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba.

  1. Saat Memberikan Shampoo

    Pada saat memberikan shampoo pada kucing, bisa menggunakan sikat khusus untuk meratakannya. Gosok secara perlahan dan hati hati agar bulu kucing tidak rontok.

  2. Menyesuaikan Suasana Hati Si Kucing

    Usahakan suasana hati si kucing harus sebisa mungkin bagus sebelum dimandikan agar kucing nurut dan tidak memberontak dengan mengajaknnya bermain atau memberi makanan.

  3. Mandikan Kucing Seminggu Sekali

    Jika ingin menghilangkan kutu pada si kucing, mandikan si kucing seminggu sekali sampai semua kutu hilang dan pada proses mandi pertama kali sampai bilas diulang untuk menghilangkan kutu sebanyak mungkin

Demikian artikel tentang cara memandikan kucing yang benar. Semoga dengan artikel ini dapat mempermudah anda dalam memandikan kucing. Memandikan kucing merupakan sebuah keharusan bagi majikannya jadi mandikanlah kucing dengan rutin dan benar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*