Cara Memandikan Kucing Liar

Cara Memandikan Kucing Liar – Ada banyak jenis dan ras Kucing di dunia, tidak terkecuali kucing liar. Sebenarnya kucing liar adalah kata rancu karena bisa merujuk pada kucing yang tinggal secara liar, atau ras kucing liar di hutan. Kucing liar yang kita bahas kali ini adalah kucing yang tidak memiliki majikan dan tinggal di jalan-jalan di area perkampungan. 

Mungkin banyak yang suka memberi makan untuk kucing-kucing liar? Ya! Banyak catlovers yang rela berbagi makanan untuk kucing-kucing liar di jalanan. Bahkan ada pula yang rela membersihkan dan menampung kucing-kucing tersebut dengan alasan suka. Apakah kamu juga sangat suka dengan kucing dan ingin memandikan kucing liar di sekitar tempat tinggal? Tentu kita harus tahu cara-caranya. 

Cara Memandikan Kucing Liar

Cara Memandikan Kucing Liar
Image Source. http://www.vetstreet.com/

Kebanyakan kucing liar di Indonesia adalah jenis kucing kampung berbulu pendek yang berwarna agak ke abu-abuan atau putih berbercak oranye. Kucing liar tersebut sama seperti kucing lainnya yang harus di bersihkan untuk terhindar dari kuman. Bagi kalian yang ingin memandikan kucing liar di sekitar rumah, caranya sangat gampang.

Baca Juga :   Penyakit Mata Pada Kucing

Cara memandikan kucing liar sama seprrti cara memandikan kucing lainnya, bedanya kucing liar cendering lebih ganas saat mencakar jadi kita perlu berhati-hati saat memandikannya. Sebelum memandikan kucing harus tahu cara dan alat bahan yang diperlukan, tuk kita simak caranya!

  1. Persiapkan Alat dan Bahan

    Alat yang harus di siapkan adalah Ember dan handuk. Jika kalian mempunyai Hair Dryer bisa memakainya untuk mempercepat proses pengeringan. Bahan yang di butuhkan adalah Air hangat, Shampoo dan cottons bud. Alat dan bahan tersebut harus ada ya! Untuk memperlancar proses mandi kucing. 

  2. Basahi Kucing Merata

    Langah pertama adalah dengan mengguyur badan kucing dengan air hangat secara merata. Jangan sampai tidak merata karena akan membuat susah saat menggosok kucing dengan shampoo. Guyur secara perlahan agar kucing merasa tenang dan aman, usahakan sambil mengelus kucing dengan lembut ya.

  3. Aplikasikan Shampoo Kucing

    Meskipun kita bisa menggunakan shampoo manusia, tetap usahakan untuk memakai shampoo kucing agar bulu kucing tumbuh secara optimal. Aplikasikan shampoo ke bulu kucing secara merata dan sembari di gosok-gosok ke badan kucing dengan lembut sampai keluar busa di badannya. Shampoo dapat membuat bulu kucin tidak menggimbal dan tetap lembut. Jadi kucing liar tersebut tetap terliha menarik meskipun tidka punya rumah. 

  4. Bilas Kucing dengan Air Hangat

    Kucing yang telah yakin bersih dengan shampoo selanjutnya harus dibilas sampai benar-benar bersih dari busa-busa shampoo. Karena kucing suka menjilati badannya sendiri, tahap ini sangat penting untuk menghindari kucing dari keracunan. Bilas kucing sambil di gosok badannya untuk memastikan semua shampoo sudah hilang .

  5. Keringkan badan Kucing

    Jangan lupa untuk langsung mengeringkan badan kucing setelah memandikannya untuk menghindari masuk angin. Kucing sangat rentan masuk angin jika suhu terlalu dingin. Keringkan dengan handuk lembut secara perlahan dengan menggosok-gosok badan kucing. Jika mempunyai Hair Dryer, bisa digunakan untuk mempercepatnya, namun tidak semua kucing suka menggunakan Hair Dryer ya. 

  6. Bersihkan Telinga Kucing

    Cottons bud bisa juga dipakai untuk membersihkan telinga kucing. Caranya pun sama dengan membersihkan telinga manusia lainnya. Setelah mandi juga merupakan waktu yang tepat untuk membersihkan telinga karena kotoran lebih gampang di bersihkan. Jika mempunyai Baby Oil, bisa berikan lumuri cotton bud dengan oil tersebut. 

  7. Potong Kuku Kucing

    Karena cakar kucing sangat sakit terkena kulit, anda bisa memotongnya sedikit agar tidak terlalu panjang sehingga saat kucing mengeluarkan kukunya, ia tidak akan melukai anda terlalu dalam. Ingat untuk tidak memotong kuku kucing berlebihan karena cakar kucing sangat penting untuk perlindungan dirinya sendiri. 

Baca Juga :   Cara Memandikan Kucing Kecil

Begitulah cara memandikan kucing liar yang bisa di lakukan secara sederhana, Mungkin jika menitipkan kucing di petcare, kucing juga diberikan perhatian khusus saat di mandikan, namun akan merepotkan jika membawa kucing tersebut ke petcare setiap minggunya kan? Untuk itu kita harus bisa memandikan kucing tanpa harus repot-repot mengeluarkan uang lebih banyak. 

Tinggalkan komentar