Menu Tutup

Cara Memandikan Kucing Kecil

Cara Memandikan Kucing Kecil – Kucing merupakan binatang peliharan favorit ke-dua setelah anjing. Masyarakat Indonesia sendiri lebih banyak memelihara kucing dari pada anjing sehingga lebih banyak petcare yang menyediakan perawatan khusus kucing. Kucing memiliki tingkah laku yang sanat menggemaskan sehingga gampang disukai anak-anak maupun orang dewasa. Kucing juga dinilai pintar sehingga banyak orang yang tertarik merawat kucing.

Kebanyakan catlovers lebih tertarik merawat kitten atau kucing kecil yang belum dewasa dari pada kucing dewasa. Mereka menganggap akan lebih terjalin hubungan antar kucing dan manusia jika merawat kucing dari kecil. Nah, pada dasarnya kucing kecil juga harus mendapatkan perawatan dari majikannya seperti halnya kucing yang lain. Namun, kucing kecil harus mendapatkan perhatian lebih karena rentan akan penyakit dan cenderung ringkih.

Bahkan cara memandikan kucing kecil atau kitten pun berbeda dengan kucing biasa lainnya. Tentu saja kita harus rutin memandikan kucing untuk menghindari kuman dan virus!

Cara Memandikan Kucing Kecil

Cara Memandikan Kucing Kecil
Image Source. https://www.pet-happy.com

Seperti halnya kucing lain, kucing kecil juga butuh membersihkan dirinya untuk menghilangkan kotoran dan mempercantik bulu-bulunya, Kucing yang dimandikan secara rutin akan menjadi kucing sehat dan berbulu bagus, lalu kucing tersebut juga akan terhindar dari jamur dan penyakit lainnya. Namun berbeda dengan kucing dewasa yang di bilas langsung dengan air, kucing kecil tidak boleh di mandikan langsung dengan air.

Baca Juga :   Tanda Kucing Stres

Penasaran kan cara memandikan kucing kecil yang benar? Sebelum itu kita harus menyiapkan dahulu bahan dan alat untuk mandi si kucing kecil ini.

  • Handuk lembut
  • Wash Lap
  • Ember berisi Air hangat

Sudah kebayang belum cara memandikan kucing kecil dari bahan dan alat diatas? Nah ini adalah cara memandikan kucing yang berumur dibawah 3 bulan:

  1. Basuh dengan Wash Lap

    Langkah pertama adalah dengan mencelupkan washlap kedalam air hangat, lalu peras hingga agak kering. Jangan sekali-kali mengguyurkan air langsung pada kucing kecil karena kucing kecil lebih rentan terkena penyakit jika langsung terkena air seperti itu. Tunggu kucing hingga dewasa ya jika ingin memandikannya secara normal!

  2. Pijat Tubuh Kucing

    Selama dibasuh dnegan wash lap, jangan lupa untuk memijat tubuh di kucing. Membasuhnya pun harus merata ya agar kotoran dan virus langsung mati! Pijat dengan perlahan dan lembut, jangan sampai kucing kesakitan. Jangan lupa juga untuk membersihkan kepala si kucing serta kaki-kakinya yang lucu karena kaki biasanya memiliki banyak kuman.

  3. Keringkan dengan handuk

    Langkah terakhir adalah dengan mengeringkan kucing kecil dengan handuk lembut yang sudah disediakan. Lakukan tepat setelah membasuh kucing selasi! Jangan menunda mengeringkannya dan membuat kucing kedinginan ya! Jika kucing tersebut sedang terkena penyakit jamur, gosok dan keringkan dengan perlahan jangan sampai melukai kulit ruam pada kucing.

Begitulah cara memandikan kucing kecil yang masih berumur dibawah 3 bulan, memang lebih sederhana dan gampang kan dari pada memandikan kucing dewasa? Jika Umur kitten anda 3 bulan keatas anta bisa memandikannya dnegan menggunakan bantuan shower, namun tetap menggunakan air yang hangat ya! Anakan kucing memang rentang terkena penyakit oleh karena itu kita haru berhati-hati sekali merawatnya.

Baca Juga :   Cara Membuat Kucing Gemuk

Jangan memandikan kucing saat suhu sedang dingin atau sedang sangat panas. Jangan pula memandikan kucing jika ia sedang sakit, kucing kecil memiliki fisik yang lebih lemah dan ringkih sehingga ia akan mudah sakit. Tidak boleh juga terlalu keras menggosok kucing karena akan membuat bulu-bulunya rontok dan kucing pun kesakitan!

Posted in Perawatan Kucing

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *