Cara Memandikan Kucing Kampung

Cara Memandikan Kucing Kampung – Kebanyakan masyarakat Indonesia rela mengocek budget lebih dalam hanya untuk mengadopsi kucing ras yang cantik dan berbulu lebat. Namun tidak jarang juga beberapa catlovers mengadopsi kucing kampung disamping karena cara merawatnya yang gampang, kucing kampung juga banyak ditemukan dimana-mana.

Kucing kampung juga memiliki bulu yang pendek namun lebat. Kucing kampung biasanya memiliki bercak-bercak yang berbeda dengan warna basik kucing tersebut. Kucing kampung dinilai lebih liar oleh sebagian orang karena suka berjalan-jalan di luar rumahnya dan tak jarang juga berkelahi dengan sesama kucing. Nah, liar bukan tetapi kucing kampung harus selalu kotor ya! Kita juga harus rutin memandikan kucing, mau kucing kampung atau ras, kucing yang hidup dengan kita harus tetap di jaga kebersihannya.

Cara Memandikan Kucing Kampung

Cara Memandikan Kucing Kampung
Image Source. https://www.petmd.com

Untuk menjaga kebersihan, mandi sangat di anjurkan di lakukan secara rutin dan benar. Bahkan untuk manusia mandi biasa dilakukan sdua kai dalam sehari, berbeda dengan kucing yang minimal di lakukan satu minggu sekali dan tidak boleh terlalu sering mandi. Sebelum memandikan kucing kampung, kita harus tahu loh cara memandikan kucing kampung yang baik dan benar serta membuatnya tetap sehat dan jinak!

Kucing kampung adalah kucing yang memiliki kemungkinana paling besar menderita jamur di badannya, karena hobinya berjalan jalan di sekitar rumah tentu saja membuat kucing tersebut menjadi lebih rentan terkena kuman dan virus, serta jamur. Untuk itu kita harus rutin ya memandikan kucing selama 1 atau 2 kali dalam seminggu agar ia terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga :   Kucing Makan Anaknya Sendiri

  1. Menyiapkan alat dan bahan

    Sebelum benar-benar memandikan kucing kita harus tahu apa yang perlu di gunakan untuk memandikannya agar proses mandi berjalan dengan aman dan lancar. Siapkan dulu bahan dan alat berikut:
    – Ember
    – Air Hangat
    – Shampoo Kucing
    – Sisir / Brush
    – Cottons Bud
    – Handuk Lebut
    – Hair Dryer
    – Baby Oil
    Setelah barang dan bahan terkumpul barulah anda bisa memandikan kucing kampung kesayangan dengan lancar!

  2. Basahi Tubuh Kucing

    Langkah pertama dalam memandikan kucing adalah dengan membasahi badan kucing dengan air hangat secara perlahan, jangan coba-coba langsung mengguyur badan kucing dengan tiba-tiba karena kucing akan kaget dan rewel. Air hangat juga membuat kucing tetap tenang karena air yang dingin membuat kucing kaget. Basahi perlahan dan merata, pastikan seluruh tubuh kucing sudah basah sebelum lanjut ke proses selanjutnya!

  3. Berikan Shampoo

    Selanjutnya langsung berikan shampoo pada kucing yang sudah basah kuyup secara merata dan hati-hati. Jangan sampai terkena mata, hidung, telinga dan mulut kucing karena shampoo memberi efek perih. Bisa-bisa kucing berubah menjadi galak dan memcakar loh. Saat meratakan shampoo, pijat-pijat badan kucing dengan pelan dan jangan terlalu kencang.

  4. Bilas dengan Air Hangat

    Jangan lupa ya untuk membilas tubuh kucing dengan air hangat setelah yakin bahwa kucing sudah cukup di gosok dengan shampoo. Bilas dengan merata dan bersih, jangan sampai ada busa shampoo yang tertinggal karena kucing biasa menjilati tubuhnya sendiri dan akan berbahay jika kucing kampung sampai tidak sengaja menjilat shampoo, bisa-bisa kucing keracunan. Sedih kan catlovers!

  5. Keringkan

    Setelah kucing selesai dibilas biasakan untuk langsung mengeringkan kucing. Ada dua cara untuk mengeringkan kucing dari air, menggunakan Hair Dryer atau hanya menggunakan handuk. Namun sebelum menggunakan Hair Dryer memang di anjurkan menggunakan handuk untuk membantu proses pengeringan kucing kita. Sementara jika hanya menggunakan handuk prosesnya aka memakan waktu lebih lama untuk menggosok badan si kucing.

  6.  Menyikat bulu kucing

    Sikat lah bulu badan kucing dengan brush atau sisir, biasanya kucing yang berbulu lebat lebih mudah menggunakan sisir semantara untuk kucing kampung menggunakan brush lembut saja. Lakukan dengan hati-hati dan perlahan, jangan sampai melukai si kucing ya!

Baca Juga :   Cara Mengobati Kucing Jamuran

Begitulah cara memandikan kucing kampung yang sangat gampang dan tidak ribet karena harus membutuhkan bahan-bahan khusus. Untuk tips, biasakan memandikan kucing anatar jam 9 pagi hingga 3 sore agar kucing tidak cepat sakit karena selain jam 9 pagi hingga 3 sore, suhu tidak terlalu stabil. Jangan pula sekali-kali memandikan kucing yang sedang sakit karena akan memperburuk keadaan kucing, kucing hamil juga sebaiknya hanya di basuh dengan handuk basah dan tidak boleh sama sekali memegang perut kucing Induk.

Tinggalkan komentar