Cara Memandikan Kucing Galak

Cara Memandikan Kucing Galak Yang Baik dan Benar

Cara Memandikan Kucing Galak – Para catlovers, pasti sudah familiar untuk memandikan sang kucing, benar bukan? Mandi memang merupakan aktifitas yang wajib dilakukan secara rutin. Kucing juga harus dimandikan agar terbebas dari kuman dan kotoran yang menempel pada tubuh kucing.

Namun, kucing dikenal sebagai hewan yang anti dengan air. Mereka biasanya menjadi galak dan agresif jika sudah berhubungan dengan air dan dimandikan. Kucing akan memberontak bahkan mencakar anda. Padahal jika anda memandikan kucing dengan cara dan langkah yang tepat, kucing tidak akan memberontak, lho! Di artikel Kucing Galak kami sudah membahas tentang sebab kucing menjadi galak.

Cara Memandikan Kucing Galak

"<yoastmark

Supaya anda terbebas dari amukan kucing, lebih baik anda mencari tahu terlebih dahulu untuk menimalisir bekas cakaran di tangan anda. Tips-tips dibawah ni merupakan tips yang biasa digunakan untuk memandikan kucing dewasa, yuk kita simak tipsnya!

  1. Potong Kuku Kucing

    Usahakan untuk memotong kuku kucing anda sebelum memandikanya. Untuk menghindari bekas cakaran-cakaran baru ditubuh anda tentunya. Potong kuku kucing secukupnya saja, memandikan kucing yang galak memang menyeramkan apa lagi jika mereka mulai mencakar. Namun, kuku kucing tetap di perlukan untuk pertahanan diri mereka.

  2. Memandikan di waktu yang Tepat

    Ini merupakan langkah paling penting agar kucing tidak menjadi galak saat di mandikan. Memandikan kucing harus di waktu yang tepat, seperti jika kucing anda terlihat sangat kotor dan berkutu maka segeralah mandikan. Namun umumnya kucing dimandikan satu minggu sekali. Jangan terlalu sering memandikan si kucing juga ya kawan!

  1. Sikat Bulunya dengan Lembut

    Menyikat bulu kucing merupakan langkah yang wajib dilakukan saat memandikan kucing. Namun banyak diantara catlovers yang salah cara menyikat bulunya, sehingga kucing menjadi berontak dan berubah galak dalam sekejap. Anda pun bisa menjadi sasaran cakarannya.

    Gosok kucing dengan sikat secara hati-hati dan pelan. Jangan terburu buru karena akan melukai si kucing.

  2. Jangan Sampai Mengenai Telinga

    Saat memandikan kucing diusahakan jangan sampai mengenai telinga kucing, saat membilas bahkan memberi shampoo sangat rentan mengenai telinga. Itu akan membuat kucing menjadi galak, sudah terbukti jika kucing sangat tidak suka ada air atau benda masuk ke telinganya.

  3. Gunakan Air Hangat

    Banyak Kucing yang sensitif dengan air dingin, oleh karena itu usahakan untuk memandikan kucing dengan air hangat. Kucing biasanya akan menurut jika dimandikan dengan air hangat, ia tidak akan memberontak sama sekali. Siram dengan perlahan dan elus si kucing agar ia lebih tenang.

  1. Gunakan Shampoo Khusus

    Seperti manusia ayang mempunyai shampoo khusus, kucing juga mempunyai shampoo khusus yang di desain khusus digunakan untuk kucing. Anda dapat memijat kucing sambal mengusapkan shampoo pada tubuhnya. Jangan sampai mengenai telinga, mata dan mulut. Bahkan jangan sampai mengenai hidung karena akan menimbulkan bersin.

  2. Pakaikan handuk yang Lembut

    Untuk mengeringkan kucing, usahakan dengan handuk yang lembut. Handuk yang kasar akan melukai kucing dan membuat kucing memberontak. Untuk mengeringkan bulu-bulunya, bisa dibantu dengan blower atau pengering rambut. Setelah itu anda dapat menjemur kucing dibawah sinar matahari.

Nah begitulah tips-tips untuk memandikan kucing galak. Cara tersebut berhasil dilakukan untuk sebagian besar kucing galak. Sebenarnya memandikan kucing tidak rumit dan terkesan gampang-gampang saja. Namun jika anda salah sedikit saja kucing pasti akan memberontak dan menolak untuk diajak mandi.

Membersihkan Telinga Kucing

Membersihkan Telinga Kucing-min
Image Source. maniakucing.com

Biasanya setelah di mandikan, kucing akan di bersihkan telinganya oleh sang pemilik. Tentu saja karena saat mandi telinga kucing tidak boleh kemasukan air bahkan busa shampoo. Bersihkan telinga kucing menggunakan cotton bud yang di lapisi oleh baby oil dan bersihkan setiap habis mandi. Bersihkan seperti membersihkan telinga manusia, hati-hati melukai telinga kucing.

Telinga yang jarang di bersihkan akan menimbulkan gatal pada telinga, kucing yang tidak sabaran akan menggaruk telinga mereka dan menyebabkan iritasi yang kemudian akan mengakibatkan sakit pada telinga.

Jika anda malas atau takut memandikan kucing, anda dapat membawa kucing anda ke petshop atau pet care terdekat, kok! Tetap saja memandikan kucing dirumah akan mengirit biaya pengeluaran bukan?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*