Cara Memandikan Kucing Anggora

Cara Memandikan Kucing Anggora – Kucing merupakan salah satu binatang peliharaan favorit manusia. Banyak di Indonesia yang mengadopsi dan merawat kucing sebagai binatang kesayangan. Karena tingkah lakunya yang menggemaskan dan aktif, kucing hampir berhasil menggeser anjing sebagai binatang paling di sukai untuk di adopsi. Kucing Anggora juga merupakan ras yang paling banyak di minati di Indonesia karena bulunya yang lebat dan lembut.

Karena bulunya yang lebat itulah kucing Anggora harus sering sering di rawat dan di bersihkan agar tidak cepat kotor, Kucing ras Anggora paling tidak harus dimandika 1 minggu sekali, namun jangan terlalu sering karena akan membuat kucing stres karena ketakutan. Bisa juga loh dengan membawa kucing ke petcare untuk dimandikan sekaligus spa untuk kucing. Namun jika ingin irit biaya, bisa dengan mengetahui tips dan cara memandikan kucing anggora yang benar.

Cara memandikan Kucing Anggora

Cara Memandikan Kucing Anggora
Image Source. http://beautynesia.id

Mandi merupakan kegiatan yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan tubuh sekaligus bebas dari kuman. Agar tetap sehat dan cantik, kucing anggora juga perlu di mandikan. Tidak seperti manusia yang harus mandi seminggu sekali, kucing anggora biasanya hanya di mandikan 1 kali satu minggu atau lebih untuk menjaga bulu-bulunya agar tidak cepat rontok. Namun jika terlalu lama di biarkan tidak mandi siiih, ya tetap akan menimbulkan rontok bahkan gimbal!

Kucing Anggora juga rawan terkena penyakit jamur dan diare jika tidak menjaga kebersihan kucing. Jadi kita harus memandikan kucing anggora secara rutin ya, untuk meminimalisir penyakit dan virus menyerang. Sebelum mulai memandikan kucing, kita harus terlebih dahulu tahu Cara Memandikan Kucing Anggora secara baik dan benar beserta tips nya!

Tapi kita harus menyiapkan bahan-bahan dan alat sebelum mulai memandikan kucing anggora:

  • Air Hangat
  • Ember untuk mandi
  • Shampoo kucing
  • Handuk
  • Sisir
  • Cottos Bud
  • Baby oil
  • Hair Dryer

Setelah barang dan bahan sudah terkumpul, persiapkan kucing untuk dimandikan. Hati-hati karena kucing bisa jadi rewel! Berikut cara memandikan kucing anggora:

  1. Basahi Kucing dengan Air Hangat

    Jangan lupa untuk gunakan air hangat saat membasahi seluruh tubuh kucing, Ini merupakan langkah yang benar dan paling awal, basahi kucing secara perlahan dan merata. Jangan guyur kucing secara tiba-tiba dan kasar karena si kucing akan memberontak dan mencakar.

  2. Beri Shampoo

    Setelah badn si kucing basah secara merata, mulai berikan shampoo pada badan kucing. Berikan shampoo secara perlahan dan dengan hati hati jangan sampai mengenai mata, hidung dan telinga si kucing karena kucing akan menjadi rewel dan mulai mengeluarkan cakarnya. Jangan lupa juga untuk memberikan shampoo sambil memijat tubuh si kucing dengan perlahan ya.

  3. Bilas sampai bersih

    Setelah memiijat dan membersihkan tubuh kucing dengan shampoo, langkah selanjutnya adalah membilas badan si kucing hingga bersih merata. jangan sampai ada shamppoo yang tertinggal di badan kucing ya kawan! Karena kucing suka menjilati tubuhnya sendiri, bisa jadi shampoo tersebut malah akan membuatnya keracunan.

  4. Keringkan Badan Kucing

    Kucing Anggora yang sudah dimandikan dan dibilas memang wajib sekali dibantu untuk mengeringkab badannya. Anda bisa menggunakan Hair Dryer untuk membantu mempercepat keringnya bulu kucing tsb. Sembari di keringkan dengan Hair Dryer jangan lupa untuk menggosok bulu kucing dengan sisir. Namun tidak semua kucing menyukai Hair Dryer sehingga mau tidak mau anda harus mengeringkan kucing dnegan handuk biasa.cara memandikan kucing tanpa hair dryer cukup mudah karena hanya erlu menggantinya dnegan handuk yang lembut dan bersih. Gosok saja badan si kucing dengan handuk hingga kering, jangan lupa untuk mengeringkan bagaian kepala kucing secara perlahan ya!  Setelah kering, sisir bulu-bulu si kucing dnegan hati-hati karena Bulu Kucing Anggora sedikit gampang rontok.

  5. Bersihkan Telinga Kucing 

    Saat kucing sudah bersih, wangi dan kering siapkan cotton bud yang telah diberi sedikit baby oil. Caranya sangat mirip dengan cara membersihkan telinga manusia, bersihkan secara berlahan ya agar si kucing tidak kesakitan dan rewel lalu mencakar anda.

Baca Juga :   Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Begitu tata cara memandikan kucing Anggora yang baik dan benar, jangan smapai urutannya terbalik karena kucing bisa jadi rewel atau bahkan membuat hal tidak diingikan terjadi pada bulu kucing yang lembut. Untuk tambahan and ajuga harus tahu tips dan trick cara gampang memandikan kucing agar tidak mencakar!

Tips dan Trick Cara Memandikan Kucing Anggora

Memandikan Kucing Anggora
Image Source. https://www.petmd.com

Sebelum benar-benar mulai memandikan kucing, kita harus tahu tips dan tricknya agar kucing tidak rewel dan proses mandi kucing menjadi lancar. Nah ini dia tips dan trick memandikan kuing anggora :

  1. Mandikan dengan Air hangat

    Sebelum memandikan kucing memang harus menyediakan air hangat. jangan sekali-kali memandikan kucing dengan air dingin, dan yang paling parah jangan mengguyur kucing secara kasar karena kucing mudah kaget dan kedinginan. Bisa jadi kucing amalah akan mencakar anda karena mengira anda adalah musuh. Selain itu, air hangat akan membuat kucing tetap tenang.

  2. Perhatikan Waktu Mandi yang Tepat

    Sama seperti manusia, kucing anggora juga memiliki waktu mandi yang tidak boleh di sepelekan. Cara memandikan Kucing Anggora yang bagus adalah yang tepat dengan watu mandi si kucing. Sementara waktu mandi si kucing anggora sekitar jam 9 pagi hingga 3 sore karena suhunya tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas sehingga kucing tidak akan sakit.

  3. Mengetahui Kondisi Kucing

    Langkah yang paling penting sebelum memandikan kucing adaah dengan mengetahui kondisi kucing, mau kondisi kesehatan atau apapun. Seperti memastikan kucing sedang sehat atau sakit, mengetahui kondisi tubuh kucing yang sedang lapar, mengantuk atau sehat. Bahkan kucing yang baru mendapatkan vaksin tidak boleh terlebih dahulu di mandikan, kita harus menunggu hingga 7 hari setelah vaksin.Kucing Anggora yang sedang sakit juga tidak boleh terlebih dahulu dimandikan karena akan membuatnya semakin parah. Namun jika kucing mengalami penyakit jamur, usahakan mandikan kucing dengan sangat hati-hati.

  4. Memilih Sisir

    Setelah kucing selesa dikeringkan, biasanya kita akan menyisir tubuh si kucing dengan sisir. Namun sebelum itu kita harus mengetahui dan memilih sisir yang tepat untuk kucing Anggora, pakai sisir yang lembut namun tidak terlalu rapat karena kucing anggora memiliki bulu yang panjang dan akan cepat rontok jika di sisir dengan tidak berhati-hati.

  5. Pakaikan Elizabethan Collar

    Ini adalah tips jika kucing anda tergolong galaj dan suka menggigit. Pakaikan saja elizabtehan collar sehingga ia tidak akan menggigit anda ketika sedang di mandikan, ini sedikit menyusahkan untuk memandikan bagian kepala kucing, namun cukup efektif untuk menghindari gigitan.

Baca Juga :   Cara Mengobati Kucing Jamuran

Semoga tips dan trick serta tata cara memandikan kucing anggora ini bermanfaat dan menambah wawasan kita. Yang pasti anda tidak boleh berlaku kasar pada kucing saat atau seelum memandikannya karena pastinya kucing akan rewel dan sulit di kendalikan. Kucing hanya butuh sentuhan lembut dan pelan saat mandi. Jangan lupa untuk memandikan kucing secara rutin ya!

Yang kamu cari :

    cara memandikan kucing anggora

Tinggalkan komentar