13 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Yang Tidak Mau Makan

Kucing yang tidak mau makan menjadi salah satu permasalahan yang sering dialami oleh pemelihara kucing. Masalah tersebut tentu mengkhawatirkan, terlebih kucing tidak mau makan biasanya disertai dengan gejala lain. Kucing tidak seperti manusia yang bisa mengatakan apa yang dirasakan.

kucing tidak mau makanMaka dari itu, menjadi tugas kamu untuk mencari tahu sendiri kenapa dan apa yang sedang dirasakan kucing hingga tidak mau makan. Menurut penelitian, ada beberapa alasan mengapa kucing bisa berhenti makan. Terdapat faktor genetik, makanan, kesehatan, hingga faktor lainnya yang membuat kucing enggan untuk makan. Berikut adalah beberapa ulasan singkat mengenai penyebab tidak mau makan dan juga cara mengatasinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Beberapa hal yang menyebabkan kucing kamu tidak mau makan bisa memberikan dampak lain. Seperti kucing tidak mau makan dan lemas, atau muntah, mau pun tidak mau makan dan tidur terus. Berikut ini ada beberapa penyebab dan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan.

  1. Faktor Genetik
    Penyebab yang mungkin membuat kucing kamu menjadi tidak mau makan tidur terus adalah keturunan. Kamu bisa mempelajari cara mengatasinya dengan melakukan pengamatan. Pelajari waktu si kucing tidur dan juga waktu makan. Biasanya kucing akan makan pada waktu-waktu tertentu yang sudah menjadi kebiasaannya.
  1. Cuaca
    Kucing akan aktif di siang hari, namun jika siang terjadi hujan terus-menerus, kucing lebih suka menghabiskan waktu untuk tidur. Saat merasa dingin kucing menjadi enggan untuk mendekati makannya dan memilih untuk tidur terus menerus. Cara mengatasi kucing tidak mau makan karena masalah cuaca adalah dengan memberikan tempat hangat agar si kucing memiliki nafsu untuk makan.
  1. Penyakit Anemia
    Kucing yang tidur terus dan tidak mau makan, bisa menjadi pertanda bahwa ada penyakit. Seperti anemia, dengan gejala tidur terus dan enggan untuk makan. Kamu bisa memilih makanan kucing yang mengandung banyak nutrisi untuk menambah sel darah merah dan mengatasi anemia. Apabila kucing tidur terus tanpa mengenal waktu, lebih baik segera periksa ke dokter hewan dengan segera.
  1. Bosan Dengan Makanannya
    Kucing juga bisa merasa bosan dengan makanan jika setiap hari selalu makan makanan yang sama. Ganti atau beri varian pada makanan agar si kucing kembali berselera makan. Kamu bisa membeli makanan kucing kemasan dari pabrik untuk varian menu makanan. Hal tersebut penting dilakukan karena bosan dengan makanan merupakan salah satu penyebab kucing tidak mau makanyang paling sering terjadi.
  1. Penyakit Mulut
    Sama seperti manusia saat terkena masalah mulut, makan menjadi terganggu dan tidak nyaman untuk dilakukan. Begitu juga dengan kucing yang terkena penyakit di bagian mulut, yang akan membuat nafsu makan menurun dan akibatnya kucing menjadi lemas. Makanan yang berkurang tentu membuat tenaga berkurang dan lemas.
  1. Penyakit Pencernaan
    Ketika pencernaan sedang terkena gangguan seperti penyakit, kucing menjadi tidak mau makan. Indikasi terjadi penyakit pencernaan apabila kucing tidak mau makan dan muntah. Jika kucing mengeluarkan cairan kuning saat muntah, bisa jadi kucing mengalami masalah pada hati. Sedangkan cairan merah darah yang dimuntahkan, kemungkinan ada penyakit pada ususnya. Perlu dikhawatirkan jika si kucing muntah dengan cairan hijau tua, yang bisa menandakan adanya penyakit di bagian pankreas. Bawa lah kucing ke dokter hewan untuk menangani masalah tersebut.
  1. Kucing Yang Sedang Hamil
    Terkadang pemelihara kucing menemukan hewan peliharaannya tidak mau makan dan muntah. Keadaan tersebut bisa saja mengindikasikan bahwa kucing sedang hamil. Penyebabnya karena peningkatan hormon esterogen yang membuat produksi asam lambung menjadi lebih tinggi, akibatnya kucing tidak mau makan karena muntah bila ada makanan yang masuk.
  1. Menelan Bulunya Sendiri
    Apabila kamu menjumpai kucing yang enggan untuk makan berarti ada masalah dalam tubuhnya. Kejadian yang banyak ditemukan adalah kucing yang menelan bulunya sendiri. Kucing merupakan hewan yang suka untuk menjilat tubuhnya. Apabila ada bulu yang sudah rontok tetapi masih di tubuhnya, bisa saja terjilat dan masuk ke mulut kucing. Jika itu terjadi berulang kali, dapat membuat kucing muntah dan juga tidak mau makan. Bulu yang terlalu banyak tertelan akan menjadikan sempit ruang makanannya.
  1. Keracunan
    Penyebab yang satu ini mungkin bisa terjadi, jika kucing makan sembarangan. Kenapa kucing tidak mau makan dan lemas, juga mengalami muntah bisa disebabkan si kucing salah makan. Saat kamu kurang memberi kucing makan, si kucing akan mencari tambahan makanannya sendiri. Potensi keracunan pun lebih besar saat si kucing salah memilih makanan. Mengatasi keadaan tersebut bisa dengan memberi kucing minum yang cukup, dan kemudian memeriksakannya ke dokter.
  1. Menelan Benda Bukan Makanan
    Ada banyak benda di rumah dengan ukuran kecil akan berpotensi membahayakan kucing. Kucing sering kali bermain dengan memasukan benda-benda ke dalam mulutnya. Apabila benda asing atau benda bukan makanan yang tertelan dapat berakibat kucing mengalami muntah. Jika muntah, kucing menjadi lebih sulit untuk makan. Coba lah dengan memberikan kucing makanan, namun dalam porsi kecil. Perbanyak waktu makan, tetapi bukan perbanyak porsi makan.
  1. Menghirup dan Menjilat Racun
    Penyebab yang satu ini mungkin jarang ditemukan, tetapi tetap ada kemungkinannya. Rumah yang sering menggunakan obat semprot untuk pembasmi nyamuk, memperbesar potensi kucing menjilat racun. Kucing sangat alergi terhadap obat-obatan yang mengandung amfetamin, ibuprofen, acetaminofen, dan juga aspirin. Bahan-bahan tersebut bisa meracuni kucing yang menjilatnya, akibatnya si kucing mengalami muntah dan tidak berselera makan.
  1. Terserang Virus
    Apabila kamu menjumpai anak kucing tidak mau makan dan mengalami muntah, mungkin hewan tersebut terserang virus. Terdapat virus seperti panleukopenia yang bisa menyerang hewan termasuk kucing peliharaan. Gejalanya adalah kucing muntah dan mengeluarkan cairan berwarna kuning. Kucing yang terkena virus tersebut juga menjadi tidak mau makan dan terlihat lemas. Untuk mengobatinya dengan benar, sebaiknya minta bantuan dari medis untuk menghilangkan virus dan mengembalikan kucing agar mau makan.
  1. Menghemat Tenaga
    Kucing sejatinya merupakan pemangsa yang nalurinya senang mengejar mangsanya. Kucing yang terus berlari mengejar makanan alaminya akan mengalami kelelahan. Apabila kamu melihat kucing tidak mau makan dan tidur terus, kemungkinan kucing tersebut sedang mengalami kelelahan. Kucing yang lelah akan mengurangi gerakan untuk menghemat energi dengan cara tidur yang lama. Sebaiknya jangan ganggu atau membangunkan kucing untuk makan. Biarkan si kucing mendapatkan istirahat untuk memulihkan tenaga dan tidak perlu khawatir karena kucing akan kembali memiliki nafsu makan.

Demikian beberapa penyebab yang mungkin menjadi alasan mengapa si kucing tidak mau makan. Hewan peliharaan yang dirawat dengan baik pun berpotensi mengalami hal tersebut. Kucing peliharaan tidak akan setiap waktu selalu diawasi. Hal tersebut memberi peluang kucing mengalami masalah makan.

Artkel Kucing Yang Kamu Cari :

Tags: