13 Cara Mengusir Kucing Liar Agar Tidak Kembali Lagi

Bagi sebagian orang, kucing merupakan hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Tapi bagi sebagian orang, kucing juga bisa berubah menjadi musih abadi atau makhluk yang menyebalkan. Karena kucing bisa mengacak-acak tong sampah dan tempat di sekitarnya pun menjadi kotor. Belum lagi mereka yang mempunyai alergi dan phobia akan kucing karena cakaran, gigitan, atau bulunya. Jika Anda adalah salah satu dari sebagian orang yang sangat anti dengan kucing, maka artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mengusir kucingtanpa harus menyakitinya.

cara mengusir kucing di plafon rumah
Gambar kucing di plafon rumah

Cara Mengusir Kucing

Ada berbagai macam situasi yang akan Anda hadapi dalam mengusir kucing yang nakal atau kucing yang membuat Anda takut. Berikut ini adalah ulasannya!

  1. Cara Mengusir Kucing dari Rumah
    Saat ada kucing yang berada di sekitaran rumah atau bahkan dia berani masuk ke dalam rumah sehingga membuat keonaran atau membuat Anda ketakutan, maka saatnya Anda mengeluarkan jurus jitu agar kucing bisa segera pergi dari rumah. Kebanyakan orang akan melambaikan tangan pada si meong sambil berkata “hush….hush….” Pada awalnya cara ini mungkin akan berhasil karena si kucing akan beranjak pergi, namun beberapa saat kemudian si meong akan kembali lagi tanpa rasa takut. Supaya si kucing tidak datang lagi, maka Anda harus punta trik jitu agar bisa mengusirnya. Nah, berikut ini kami sampaikan apa saja trik untuk mengusir kucing agar tidak kembali lagi.
  2. Jangan diberi makan
    Salah satu cara mengusir kucing agar tidak kembali lagiadalah dengan tidak memberi makan untuk si kucing. Karena biasanya hal yang membuat kucing tersebut tertarik untuk terus mengunjungi rumah Anda adalah makanan. Mungkin Anda pernah memberikan makan atau si meong menemukan makanan di tong sampah rumah Anda dengan mudah. Langkah yang harus Anda ambil adalah dengan menutup akses rumah seperti selalu menutup pintu, jendela, dan jangan lupa juga untuk menutup tutup tempat sampah dengan rapat.
  1. Letakkan bau yang menyengat
    Kucing adalah binatang yang sensitif dengan bau-bau yang menyengat. Anda bisa memanfaatkan kelemahan si kucing untuk mengusirnya dari rumah. Anda bisa meletakkan sesuatu dengan bau yang menyengat seperti bawang putih, lemon, jeruk, atau serai. Bahkan saat ini pun sudah dijual produk car repleent yaitu bau-bauan yang berguna untuk mengusir kucing.
  1. Semprotkan air
    Konon katanya kucing adalah makhluk yang anti air. Jadi, saat Anda menyemprotkan air pada kucing, maka kucing akan lari. Nah, Anda bisa menerapkan cara mengusir kucing biar tidak kembali lagiyang satu ini. Supaya rumah Anda tidak basah dair air, Anda bisa menggiring kucing ke pekarangan. Kemudian ambil selang yang biasanya digunakan untuk menyiram tanaman dan semprotkan pada kucing. Cara tersebut harus Anda lakukan tiap kali kucing datang agar mereka jera.
  1. Pasang pagar anti kucing
    Jika Anda punya dana lebih, maka Anda bisamemasang pagar anti kucing agar si meong tidak bisa masuk ke dalam rumah. Dengan cara ini si kucing juga akan merasa jera. Dengan pagar anti kucing maka si kucing akan kesusahan dalam memanjat pagar lalu merasa putus asa dan akhirnya menyerah untuk memasuki rumah Anda.
  1. Hilangkan jejak yang masih tertinggal
    Cara kedua untuk mengusir kucing dari rumah adalah dengan menghapus jejak. Apa maksudnya? Mungkin saja si kucing pernah membuang kotoran di bagian rumah Anda. Jika itu terjadi, maka Anda harus segera membersihkan tempat tersebut hingga bersih. Jika perlu, semprotkan juga pengharum ruangan.

Cara Mengusir Kucing di Plafon Rumah

Mengusir kucing yang beradaa di halaman atau ruangan rumah masih terbilang mudah saja. Namun hal ini akan berbeda jika si meong berada di atap atau plafon rumah Anda. Terkadang kucing akan buang kotoran di plafon atau melahirkan di sana. Namun jangan khawatir, kami mempunyai jurus jitu untuk mengusir kucing dari plafon rumah yang sudah pasti efektif.

  1. Menutup akses menuju atap
    Jika kucing sudah turun dari plafon rumah Anda, maka ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk menutup akses menuju atap rumah. Biasanya si meong akan menggunakan genteng yang kurang rekat dengan yang lainnya sebagai pintu keluar masuk. Pastikan Anda jeli untuk memeriksa celah-celah genteng agar si kucing tidak bisa kembali lagi.
  1. Letakkan makanan
    Selain mengundang kucing, makanan juga bisa menjadi salah satu tips untuk mengusir kucing. Caranya adalah pertama-tama Anda harus paham jalur akses yang digunakan si kucing untuk menuju atap rumah. Jika Anda sudah tahu, maka saatnya untuk meletakkan makanan di jalur tersebut. Pada saat si kucing sedang memakan mamakannya, Anda tangkap kucingnya dengan karung. Jika Anda takut, maka Anda bisa meminta orang rumah atau tetangga untuk membantu Anda.
  1. Nyalakan rekaman suara kucing
    Berdasarkan sebuah penelitan, ternyata suara tiruan kucing mengeong bisa menjadi cara agar kucing terpancing untuk menghampiri suara tersebut. Kucing akan menjadi cepat tanggap karena mengira bahwa suara itu adalah temannya. Anda bisa memutarkan rekaman suara kucing agar kucing mau turun dari atap. Suaran kucing tersebut harus jelas dan Anda putar berulang-ulang agar kucing mau turun.
  1. Lemparkan batu ke atap
    Cara ini memang tidak terlalu ampuh karena bisa merusak genteng atau kaca rumah, namun masih bisa dicoba. Melemparkan batu ke atap terkadang bisa mengusir kucing dari atap karena suara yang bising pada genteng akan membuat kucing menjadi kaget.

Cara Mengusir Kucing Agar Tidak Berak Sembarangan

Tips selanjutnya adalag cara mengusir kucing berak sembarangan. Kehadiran kucing di sekitar Anda bukan cuma mencari makan saja namun ada juga kucing yang suka membuang kotoran mereka. Kotoran kucing mempunyai bau yang sangat menyengat dan tentu saja akan sangat mengganggu. Berikut ini adalah tips untuk mengusir kucing yang suka berak sembarangan.

  1. Letakkan bau-bauan yang menyengat di sekitar tempat yang sering dijadikan tempat berak kucing
  2. Taruh air botol di sekitar halaman dan rumah karena kucing tidak suka air. Cara ini diterapkan di Jepang dan hasilnya efektif. Anda pun juga bisa menggunakan semprotan air untuk mengusir kucing.
  3. Gunakan sapu yang biasa digunakan untuk membersihkan kasur. Namun Anda tidak menggunakan ini untuk memukul si kucing. Anda cukup menggoyang-goyangkan sapunya hingga keluar suaranya. Suara ini akan membuat kucing terganggu. Namun jika kucingnya tidak mau pergi maka Anda bisa memukul sapunya ke lantai atau kucing agar mereka pergi.
  4. Melemparkan bola kertas. Cukup lemparkan bola yang terbuat dari kertas koran dan dibalut dengan isolasi warna coklat maka bisa mengusir kucing. Kucing akan merasa kaget saat dilempari bola tersebut namun Anda juga tidak menyakitinya karena bolanya lunak.

Demikian cara mengusir kucingyang ampuh tanpa harus menyakitinya.

Artkel Kucing Yang Kamu Cari :

Tags: