Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Mudah!

Cara Menghilangkan Kutu Kucing – Apakah kamu pernah merasakan ganasnya kutu kepala? Atau kamu pernah melihat orang yang memiliki kutu kepala? Jika pernah, pasti kamu juga akan merasakan ketidaknyamanannya. Nah, seperti halnya manusia, hewan juga seringkali dihinggapi kutu jika kamu kurang menjaga dan memerhatikan kebersihan pada hewan peliharaanmu.

cara menghilangkan kutu kucingKutu seringkali hinggap pada tubuh kulit dan bulu hewan, terutama hewan yang berbulu tebal seperti kucing. Jika sudah terserang kutu, sebaiknya segera cari tahu cara menghilangkan kutu kucing agar tidak menular atau menyebar ke bagian tubuh lain

Kutu termasuk dalam keluarga serangga dan merupakan parasit tubuh dari luar atau ektoparasit. Kutu dapat menyerang kucing pada sela kulit dan bulu-bulunya. Berbeda dengan kutu kepala pada manusia, kutu pada kucing umumnya tidak memiliki sayap, namun mampu loncat untuk menghindari ancaman.

Kutu kucing dapat membahayakan kesehatan kucing, karena kutu akan menghisap darah pada hewan yang ditumpangi. Hal ini menyebabkan pembuluh darah kapiler (pembuluh darah yang terkecil) menjadi rusak.

Kucing merupakan salah satu hewan yang cukup sensitif terhadap kutu. Rusaknya pembuluh darah kapiler pada kucing akan mempengaruhi ketahanan fisiknya dan menimbulkan reaksi alergi, seperti kulit gatal dan kerontokan bulu.

cara menghilangkan kutu kucing di rumah
cara menghilangkan kutu kucing di rumah

Parahnya lagi, kucing yang memiliki cukup banyak kutu akan menggigit, menggaruk, dan menggosokkan kulitnya sendiri, sehingga lapisan kulit luar kucing akan mengalami iritasi.

Jika dibiarkan terlalu lama, iritasi atau kerusakan jaringan kulit pada kucing ini akan meluas dan meradang disertai dengan kerontokan bulu yang parah hingga mengalami kebotakan dan penebalan pada kulit kucing.

Kalau sudah begini, kulit dapat dengan mudah menimbulkan infeksi yang akan mempermudah masuknya jamur dan bakteri lainnya pada kucing, sehingga menyebabkan tubuh kucing rentan terhadap penyakit.

Penyakit seperti anemia, kurang nafsu makan, kurang gizi, hingga stress berat akan menyerang kucing dengan mudah.

Sebelum menjadi lebih parah, kamu harus memeriksa kesehatan kulit dan bulu kucing peliharaanmu, serta mencari cara membasmi kutu kucing yang berkeliaran di rumah. Sebab, kutu kucing juga bisa membahayakan si pemilik yang dapat menular pada saat kamu berinteraksi dengan kucing.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Kutu kucing, melalui kemampuanya loncat kesana kemari, dapat hinggap ke kulitmu dan merusak jaringan kulitmu. Pastinya tidak mau seperti itu, kan? Ketika sudah melihat tanda-tanda awal kucingmu seperti terkena kutu, untuk pertolongan pertama sebelum menjadi terlalu parah, kamu dapat melakukan pertolongan pertama sendiri untuk menghilangkan kutu pada kucing tanpa harus ke dokter. Berikut beberapa cara menghilangkan kutu kucingyang dapat dilakukan di rumah:

1. Menggunakan minyak telon

Minyak telon memang banyak sekali kegunaannya. Cara menghilangkan kutu kucing dengan minyak telondinilai cukup praktis, hanya dengan menuangkan mintak telon ke bagian kulit kucing yang terdapat kutu, kemudian usapkan secara perlahan. Perkirakanlah takarannya, jangan sampai terlalu banyak agar tidak tertelan oleh kucing pada saat kucingmu menjilat tubuhnya.

2. Menggunakan semprotan lemon

Cara satu ini juga dapat menghilangkan kutu pada bulu kucing. Sebab, lemon dinilai memiliki kandungan asam sitrat yang tidak disukai oleh kutu. Semprotan lemon praktis dan mudah dibuat di rumah. Potong satu buah lemon menjadi 4 bagian, masukkan ke air mendidih (ukuran air kurang lebih 2 gelas), pastikan semuanya terendam air panas. Setelah mendidih hingga air berubah warna, matikan kompor dan biarkanlah semalaman, kemudian saring. Masukkan air saringan ke dalam botol semprot dan semprotkan pada bagian bulu kucing yang terkena kutu. Semprotan lemon ini juga dapat dijadikan salah satu cara membasmi kutu kucing yang berkeliaran di rumah.

3. Menggunakan semprotan jus lidah buaya

Tidak hanya dikenal baik untuk rambut manusia, nyatanya lidah buaya juga ampuh menghilangkan kutu pada bulu kucing. Cara menghilangkan kutu di kucing dengan lidah buaya, yaitu dengan cara di jus. Campurkan isi lidah buaya bersama sedikit cabai rawit, kemudian blender hingga halus. Setelah halus sempurna, masukkanlah campuran tersebut ke dalam botol semprot. Semprotkanlah campuran jus lidah buaya dan cabai tepat dibagian bulu kucing yang terkena kutu.

4. Obat tetes

Obat tetes kucing ini dapat dibeli di apotek khusus kucing, namun kamu harus membaca secara detil aturan pakainya. Obat ini digunakan khusus untuk kucing dewasa, bukan sebagai cara menghilangkan kutu anak kucing. Caranya hanya dengan meneteskan obat ke bagian kulit atau bulu yang terkena kutu. Gunakan obat tetes sedikit saja agar tidak termakan saat kucing menjilat bulu.

5. Mandikan dengan sampo khusus

Memandikan kucing merupakan salah satu cara menghilangkan kutu di kucing yang juga merupakan kegiatan rutin yang wajib dilakukan untuk menjaga kualitas kulit dan bulu kucingmu. Sebagai finishing, kegiatan ini sangat baik dalam menghilangkan maupun mencegah timbulnya kutu hingga telurnya.

6. Menyisir bulu kucing

Jika kutu pada kucingmu masih sedikit, mencegahnya menjadi lebih banyak lagi hingga bertelur, ada baiknya kamu menyisir bulu kucing sehabis memandikannya. Gunakanlah sisir khusus kucing yang cocok dengan bulu kucingmu. Sisirlah bulu kucingmu secara perlahan dan merata keseluruh bagian agar kutu rontok dengan sempurna.

Cara menghilangkan kutu di kucing dengan menyisir bulu kucing ini baiknya dilakukan tidak hanya pada saat kucing terserang kutu, namun juga dilakukan secara rutin sehabis mandi untuk menjaga kebersihan, kelembutan, dan kelebatan bulunya.

Mengatasi bulu kucing yang terkena kutu memang harus ekstra hati-hati. Sebab, sedikit saja kamu tidak tepat dalam menerapkan cara menghilangkan kutu di kucing atau salah dalam memberikan obat, akibatnya bisa fatal terhadap kucingmu.

Ada beberapa hal yang sebetulnya perlu dihindari yang sering disalahartikan banyak orang. Pertama, saat kucing terkena kutu, hindarilah pemberian bedak pada kucing, karena dapat menjadikannya alergi.

Kedua, menggunakan minyak kayu putih. Pada dasarnya, minyak kayu putih memang ampuh menghilangkan kutu yang menyerang kucing, namun tidak disarankan.

Kucing adalah hewan yang gemar grooming atau membersihkan tubuh dengan menjilati seluruh tubuhnya dengan lidahnya. Artinya, ada kemungkinan kucing secara tidak sengaja menjilat bagian olesan minyak kayu putih.

Kandungan pada minyak kayu putih yang menimbulkan efek panas dan pahit dapat membahayakan kucing jika termakan olehnya.

Efek samping yang ditimbulkan jika kucing tidak sengaja menelan olesan minyak kayu putih dapat menyebabkan kucing tidak nafsu makan hingga muntah-muntah. Kalau sudah begini, kucing dapat kekurangan cairan dan justru rentang terhadap penyakit.

Ketiga, cara menghilangkan kutu kucing dengan menggunakan obat kimia yang berlebihan. Obat kimia tidak boleh sembarangan diberikan pada kucing, apalagi secara berlebihan.

Kalaupun mengharuskan kucing menggunakan obat kimia, untuk mengatasi serangan kutunya, harus dengan anjuran dari dokter hewan. Tentunya dengan dosis yang yang sesuai dan hanya dokter hewan yang tahu dan dapat menakar dosis yang harus diberikan.

Tags: